Rumahweb Journal
Banner - Mengatasi Kendala Login FTP FileZilla

Mengatasi Kendala Login FTP FileZilla

FileZilla adalah salah satu FTP client yang paling banyak digunakan saat ini. Selain karena gratis, user interface dari FileZilla juga mudah dipahami, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Namun pada saat menggunakannya, tak jarang ditemukan beberapa kendala. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi kendala login FTP FileZilla ketika login ke server hosting Anda.

Apa itu FileZilla?

FileZilla adalah salah satu FTP client yang popular, gratis, dan paling banyak digunakan oleh developer website baik yang professional maupun pemula. Dengan FileZilla, Anda dapat dengan mudah mengupload, mengunduh, dan mengelola file website secara remote.

Selengkapnya tentang FileZilla dapat Anda pelajari melalui artikel berikut: Apa itu FileZilla

Error yang sering dijumpai di FileZilla

Saat menggunakan FileZilla, kita terkadang menemui beberapa kendala. Berikut adalah beberapa masalah yang sering dijumpai mulai dari login hingga penggunaan FTP di FileZilla beserta solusinya.

Unknown Certificate

Kendala login FTP FileZilla pertama yang sering dijumpai adalah unknown certificate. Pesan ini muncul karena FileZilla gagal melakukan validasi SSL atau TLS yang digunakan. Contohnya seperti gambar berikut.

Mengatasi Kendala Login FTP FileZilla - unknown certificate

Kami menggunakan hostname “journal-rw.my.id”, dimana sertifikat SSL terbit dengan common name sekadau.iixcp.rumahweb.net. Karenanya, akan muncul keterangan hostname does not match certificate.

Untuk solusinya, Anda cukup centang opsi “Always trust this certificate in future sessions” lalu Klik OK. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman kerja FileZilla.

Error 421 Too Many Connection (8)

Error “421 Too Many Connections (8)” ketika menggunakan FileZilla disebabkan karena FTP server yang digunakan telah mencapai batas maksimum koneksi simultan yang diizinkan. Karenanya apabila koneksi simultan telah melebihi angka 8 yang merupakan defaultnya, maka akan muncul peringatan error tersebut.

Solusi error 421 Too Many Connections kami bahas lebih lengkap pada artikel : Memperbaiki Error 421 Too Many Connection (8) di FileZilla

Connection established, initializing TLS

Ketika sedang melakukan login dari FileZilla ke server, terkadang kita menemukan error seperti berikut:

Status: Connection established, initializing TLS…
Error: GnuTLS error -15: An unexpected TLS packet was received.
Status: Connection attempt failed with “ECONNABORTED – Connection aborted”.

Atau

Error: GnuTLS error -87: No supported cipher suites have been found.
Status: Control channel closed with error from source 0. Reason: ECONNABORTED – Connection aborted.

Error diatas terjadi, karena kegagalan koneksi FTP yang disebabkan kendala pada koneksi enkripsi TLS. Misalkan karena cipher komputer client tidak support dengan cipher pada enkripsi TLS FTP server, atau bisa jadi karena versi OS atau versi FileZilla masih menggunakan versi lama.

Jika Anda menggunakan layanan hosting di Rumahweb, kami menggunakan standart konfigurasi FTP dari cPanel, yaitu menggunakan TLS Cipher Suite +TLSv1:!SSLv2. Karenanya, agar bisa melakukan koneksi FTP dengan TLS, maka komputer klien harus support dengan versi TLS di server. Kami sarankan menggunakan Windows 11.

Untuk kendala tersebut, ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan, seperti:

1. Cek TLS Encryption di Komputer

Pastikan bahwa OS dari komputer yang digunakan dan aplikasi FileZilla sudah support dengan TLS Encryption terbaru, dengan cara melakukan upgrade ke versi terbaru. Bagi Anda yang masih menggunakan Windows 8 ke bawah, kami sarankan agar Anda melakukan upgrade ke Windows 10 dan melakukan update security.

Namun apabila spesifikasi komputer Anda memungkinkan untuk dilakukan upgrade ke Windows 11, maka kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Windows 11.

Sedangkan untuk FileZilla, apabila ada versi terbaru yang tersedia, maka ketika Anda menggunakan aplikasinya, akan muncul notifikasi untuk melakukan update. Pastikan bahwa Anda telah melakukan update versi terbaru.

2. Menggunakan settingan non TLS

Bagi Anda yang masih menggunakan windows 8 ke bawah dan tidak ingin melakukan update, maka solusinya bisa menggunakan koneksi non TLS. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Klik menu Open Site Manager
2. Klik menu New Site
3. Ubah bagian Encryption : Only use plain FTP
4. Pilih Logon Type = Normal

Masukkan isian:

  • Host : namadomain.com (tanpa ftp)
  • User : usercpanel
  • Password : passwordcpanel
Mengatasi Kendala Login FTP FileZilla - normal login

5. Klik tombol Connect.

Dengan langkah diatas, Anda dapat melakukan koneksi ke FTP server dengan opsi plain FTP not secure. Namun, sebenarnya cara ini tidak kami rekomendasikan karena kurang aman. Saran kami, gunakan versi OS dan FileZilla terbaru, agar Anda dapat terkoneksi dengan FTP secure.

Demikian artikel kami tentang mengatasi kendala login FTP FileZilla yang sering dijumpai, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.8 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Triyadi