Rumahweb Journal

Cara Reset Password Alimail

Lupa password email Alimail? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan reset password Alimail melalui 2 cara. Pelajari panduan ini sampai akhir, agar Anda bisa melakukan reset passwordnya.

Apa itu Alimail

Alimail adalah singkatan dari Alibaba Mail yang mana layanan ini adalah satu-satunya penyedia layanan email (ESP) di industri yang mendukung layanan cloud publik. Alimail menyediakan layanan manajemen email yang cerdas dan efisien berdasarkan arsitektur keamanan yang sama seperti Tmall dan Alipay.

Alibaba Mail mengintegrasikan fitur-fitur seperti manajemen email, kalender online, dan manajemen kontak, dan bekerja secara responsif dengan aplikasi perangkat lunak perkantoran yang ada untuk mencapai skalabilitas dan kemampuan integrasi yang lebih baik. Layanan ini menawarkan solusi perangkat lunak kolaborasi baru kepada pengguna perusahaan.

Selain itu, alimail saat ini juga sudah tersedia pada Rumahweb Indonesia yang bisa dipesan dengan harga cukup murah dan terjangkau. Untuk detail fitur layanan ini, Anda bisa mengunjungi link berikut ini.

Cara login ke layanan Alimail

Untuk login ke alimail ini terbilang cukup mudah dikarenakan alimail telah menyediakan link khusus yang memang di tujukan agar bisa login ke panel webmail. Link yang bisa Anda kunjungi untuk login ke panel webmail adalah :

Setelah akses link diatas , maka Anda akan disuguhkan dengan tampilan seperti screenshot dibawah ini :

Cara Reset Password Alimail Login Alimail

Anda cukup inputkan alamat email dan password alimail yang akan Anda login dan Anda akan langsung di redirect ke halaman panel webmail alimail.

Cara reset password email Alimail

Memiliki sebuah akun email terkadang pasti memiliki kendala yang kerap kali ditemui seperti lupa password email atau mungkin sama sekali tidak memiliki password atas email tersebut karena satu dan lain hal. Ada juga yang ingin melakukan perubahan password ke password lain dengan tujuan agar password lebih mudah diingat atau untuk perubahan password secara berkala.

Setiap layanan email dipastikan memiliki fitur reset password atau change password termasuk layanan email alimail. Untuk layanan Alimail, disediakan dua opsi untuk melakukan perubahan password yakni di ubah dari sisi admin atau dilakukan perubahan password dari sisi akun email itu sendiri. 

Tentunya kedua opsi ini memiliki tujuan masing masing. Untuk opsi perubahan dari sisi admin (postmaster), opsi ini di tujukan bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki akses login email yang bersangkutan dan hanya memiliki akses login ke admin saja sehingga bisa dikatakan perubahan password ini lebih ke arah mereset passwordnya ke password default.

Sedangkan lain halnya dengan perubahan password dari sisi webmail, perubahan ini biasanya dilakukan oleh pemilik akun email itu sendiri untuk melakukan perubahan password dengan catatan bahwa pemilik akun email ini masih bisa login ke akun tersebut.

Perbedaan cara perubahan password tersebut bisa ditinjau pada step berikut ini :

Reset password dari Postmaster

  1. Login ke akun postmaster sesuai dengan data login yang pernah diberikan pada email aktivasi Alimail. Untuk URL login bisa menggunakan URL login pada panduan point 2 diatas.
  2. Pilih menu account
Cara Reset Password Alimail Menu Account

3. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman Employee Accounts, silakan cari akun email yang akan di reset passwordnya. Klik pada bagian emailnya seperti screenshot berikut ini :

Cara Reset Password Alimail Pilih email Account

4. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Edit account > Pilih Reset Password

Cara Reset Password Alimail Pilih Reset Password

5. Isikan password baru yang akan diimplementasikan. Jika sudah silakan klik save dibagian paling bawah.

Cara Reset Password Alimail Isikan password baru

6. Jika sukses akan menampilkan informasi berikut ini :

Cara Reset Password Alimail Password Sukses Diubah

Reset password dari Browser

  1. Login ke akun webmail seperti yang sudah dijelaskan di panduan pada point 2 diatas.
  2. Setelah login, silakan pilih menu settings pada pojok kanan atas seperti screenshot berikut ini :
Cara Reset Password Alimail Menu Setting
  1. Pilih Account Security > Change Password 
Cara Reset Password Alimail Change Password
  1. Nantinya akan tampil dialog box untuk memverifikasi identitas. Silakan bisa diisikan dengan data security yang dahulu diawal pernah dipilih.
Cara Reset Password Alimail Verifikasi Identitas
  1. Setelah terverifikasi, maka Anda akan diminta menginputkan password lama dan password baru yang akan disetting. Masukkan juga kode verifikasi yang berada pada box disebelah kanan kolom lalu klik OK
Cara Reset Password email Alimail Input Password Baru
  1. Jika berhasil maka akan menampilkan informasi sukses seperti screenshot berikut ini :
Cara Reset Password Alimail Password Selesai Diubah

Selesai sudah langkah langkah mudah yang bisa diikuti untuk melakukan perubahan maupun reset password akun alimail Anda. Seperti biasa, apabila mengalami kendala silakan bisa dilaporkan ke email [email protected] atau menghubungi kami melalui live chat agar bisa kami periksa lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Hikmah Nurul Ardhaningtyas