Rumahweb Journal
Ubah Port SSH VPS Alibaba

Cara Merubah Port SSH di VPS Alibaba

Pada panduan ini, kami akan membahas tentang cara merubah port SSH di VPS Alibaba. Cara ini bisa anda gunakan, untuk mengubah port default SSH, ke versi port yang berbeda agar layanan VPS anda lebih aman.

Keamanan adalah hal mutlak yang perlu anda perhatikan pada setiap server yang dimiliki. Terlebih jika Anda menggunakan VPS Alibaba, yang sifatnya unmanage atau tidak dapat dibantu manage oleh Rumahweb. Selain default security yang terpasang di sisi server, Anda perlu menambahkan beberapa konfigurasi keamanan pada VPS agar website lebih aman.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah mengubah port deefault SSH. Seperti yang telah kita ketahui bersama, default port SSH pada layanan VPS adalah 22. Tentu informasi ini sudah banyak diketahui oleh kebanyakan orang.

Untuk keamanan, lebih baik anda mengubah port SSH dari port 22 ke port yang berbeda. Selain SSH, anda juga bisa menggunakan Fail2Ban sebagai tambahan keamanan pada VPS.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengubah port SSH di VPS alibab. Mohon agar diperhatikan dengan cermat, agar tidak mengalami kendala gagal akses ketika perubahan telah dilakukan.

Akses SSH VPS Alibaba

Untuk akses VPS melalui SSH, bisa menggunakan Putty atau CMD Windows. Namun jika terkendala seperti lupa password rootnya, Anda bisa lihat caranya disini.

$ ssh [email protected]

Apabila berhasil, akan muncul tampilan dibawah yang dilanjutkan dengan perintah netstat :

$ netstat -tulnp | grep ssh 
Cara akses VPS melalui SSH, bisa menggunakan Putty atau CMD Windows.

Perintah diatas digunakan untuk melihat port SSH yang sedang berlangsung dari koneksi mana saja.

Edit file SSH Daemon

Pada langkah ini, Anda bisa melihat kembali settingan default port SSH, meskipun perintah dilangkah sebelumnya sudah terlihat. Namun untuk memastikannya kembali dan untuk mengedit file sshd, anda bisa menggunakan perintah berikut:

$ grep -i port /etc/ssh/sshd_config
Edit file SSH Daemon untuk mengubah port default SSH
$ vi /etc/ssh/sshd_config

Anda perlu menghapus simbol # pada line Port 22, kemudian angka 22 diganti dengan Port number SSH yang diinginkan. Untuk menentukan portnya, patokan dasarnya yaitu bukan memilih port yang telah digunakan layanan lainnya yang telah aktif. Pada contoh ini, kami gunakan Port 2021.

Allow Port SSH

Setelah melakukan perubahan Port SSH, Anda perlu tambahkan Port number tersebut dimenu Firewall melalui panel Alibaba. Caranya, silahkan login terlebih dahulu, kemudian ikuti langkahnya sesuai gambar dibawah:

Allow Port SSH yang telah dimodifikasi melalui panel Alibaba Cloud

Setelah port ditambahkan dalam list Firewall, Anda bisa restart service sshd nya menggunakan perintah berikut:

$ systemctl restart sshd

Untuk akses menggunakan port terbaru, bisa melalui CMD atau aplikasi terminal lainnya. Jika berhasil, akan terlihat seperti pada gambar dibawah:

$ ssh -p2021 [email protected]
Akses VPS menggunakan Port SSH custom.

Demikian cara merubah port SSH di VPS Alibaba, pastikan settingan yang dilakukan sudah sesuai tahapan diatas agar tidak terjadi masalah akses.

Kami sarankan sebelum melakukan perubahan, Anda dapat membackup VPS-nya terlebih dahulu melalui menu Snapshot. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 9

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Fredric Lesomar

I am an Ameteur Programer and Cybersecurity Enthusiast. Love Much, Mother Python Language, Machine Learning and You!