Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengubah Bahasa di OpenCart Menjadi Bahasa Indonesia

Cara Mengubah Bahasa di OpenCart Menjadi Bahasa Indonesia

OpenCart adalah salah satu CMS (Content Management Systems) yang dapat digunakan untuk membuat toko online secara instan. Selain menyediakan berbagai fitur untuk toko online, OpenCart juga dilengkapi dengan fitur mengubah bahasa. Dalam panduan ini, kami akan berbagi cara mengubah Bahasa di OpenCart menjadi Bahasa Indonesia.

Kenapa perlu mengubah ke Bahasa Indonesia?

Mengaktifkan Bahasa Indonesia di OpenCart dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan personal bagi pelanggan lokal Anda. Hal ini dapat berpotensi untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda secara lebih masif di pasar lokal.

Berikut Rumahweb rangkumkan beberapa manfaat penting dari mengaktifkan Bahasa Indonesia di situs anda dengan target lokal.

  • Kenyamanan Pengguna Lokal: Dengan memiliki pilihan bahasa dalam Bahasa Indonesia, pelanggan lokal akan merasa lebih nyaman dan familiar saat berinteraksi dengan situs Anda.
  • Peningkatan Penjualan: Dengan menyediakan konten dalam Bahasa Indonesia, Anda dapat menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan yang mungkin tidak lancar berbahasa Inggris.
  • Peningkatan SEO Lokal: Situs web yang menggunakan bahasa lokal cenderung lebih relevan dalam hasil pencarian lokal. Dengan kata kunci dalam Bahasa Indonesia yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs Anda di mesin pencari lokal.
  • Peningkatan Konversi: Pengalaman pengguna yang ditingkatkan dalam bahasa yang dipahami oleh pelanggan akan mengarah pada peningkatan tingkat konversi. Pelanggan akan lebih cenderung berinteraksi dengan situs Anda dan melakukan pembelian.
  • Memperluas Jangkauan: Mengaktifkan Bahasa Indonesia dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan lokal. Ini juga bisa menguntungkan jika Anda berencana untuk melakukan pemasaran digital yang lebih terfokus pada audiens lokal.

Mengubah Bahasa di OpenCart

Sebelumnya, kami telah membahas cara mengubah bahasa Indonesia di versi OpenCart 1 dan 2 yang dapat dibaca pada link berikut : 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara mengubah bahasa di OpenCart menjadi Bahasa Indonesia pada Versi 3. Namun, untuk para pengguna OpenCart versi 4, kami perlu memberitahukan bahwa hingga saat artikel ini ditulis, OpenCart versi 4 belum mendukung penggunaan Bahasa Indonesia.

Berikut adalah cara mengubah bahasa di OpenCart 3 menjadi Bahasa Indonesia:

Step 1. Download Modul Bahasa Indonesia

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload modul bahasa Indonesia di OpenCart. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi situs resmi OpenCart di https://www.OpenCart .com.
  2. Masuk ke akun OpenCart  Anda atau silahkan daftar dulu jika Anda belum memiliki akun.
  3. Unduh paket modul  bahasa Indonesia untuk OpenCart versi 3.
  4. Ekstrak file module yang telah Anda download di komputer.

Step 2. Upload dan Install modul Bahasa Indonesia

  1. Login ke panel admin OpenCart Anda terlebih dahulu.
halaman login opencart
  1. Akses  ke menu “Extensions” > “Extension Installer”. Klik tombol “Upload” dan Kemudian upload file upload.ocmod.zip dari hasil ekstraksi module bahasa.
Upload modul bahasa indonesia di opencart3
  1. Jika berhasil upload, akan muncul hasil upload di bagian “install history”.
berhasil upload extension bahasa di opencart versi 3
  1. Setelah file diunggah,  Akses ke menu System > Localisation > Language. Klik “add new” untuk menambahkan bahasa Indonesia.
Menambahkan bahasa indonesia di opencart versi 3

 Tambahkan pengaturan bahasa Indonesia seperti berikut : 

  • Language Name : Indonesia
  • Code : id-id
  • Locale : id_ID.UTF-8,id_ID,id-id,id_id,indonesia
  • Status : Enable
  • Sort Order : 2
Pengaturan bahasa indonesia di opencart versi 3
  1. Selanjutnya, untuk penggunaan bahasa indonesia secara default, baik pada “Administrator” maupun “Halaman website” silahkan lakukan langkah berikut : 
  • Akses ke menu System -> Settings -> Pilih & Ubah Pengaturan store.
pengaturan toko di opencart versi 3
  • Pada bagian “Settings” store, klik tab “Local”, lalu ubah pengaturan berikut : Language : Pilih “Indonesia” , Administration Language : Pilih “Indonesia”.
mengubah bahasa di opencart 3 menjadi bahasa indonesia

Step 3. Pengujian

Lengkah terakhir adalah melakukan pengujian. Pengujian dapat dilakukan dengan cara mengakses halaman admin OpenCart beserta halaman website Anda. Jangan lupa untuk mengklik semua halaman yang anda buat, untuk memastikan perubahan telah valid.

Tampilan berhasil ubah bahasa indonesia di opencart versi 3

Sampai tahap ini Anda telah berhasil mengubah bahasa di OpenCart menjadi Bahasa Indonesia. Anda bisa melanjutkan untuk membuat post atau mengelola konten website Anda.

Demikian tutorial kami tentang cara mengubah bahasa indonesia di OpenCart 3. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 14

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Rizki Nur Safitri