Rumahweb Journal
Cara Menggunakan Premade Layouts di Theme Divi

Cara Menggunakan Premade Layouts di Theme Divi

Divi merupakan salah satu theme premium yang disediakan oleh Rumahweb secara gratis yang dapat Anda gunakan bila berlangganan paket hosting murah baik Shared, Unlimited maupun Cloud Hosting. Salah satu fitur paling penting dari theme Divi yaitu Premade Layouts.

Premade Layouts adalah fitur pembuatan Layout pada website berbasis WordPress dengan themes Divi. Dengan fitur ini, anda dapat membuat layout website secara mudah dan cepat. Hanya butuh beberapa klik, website sudah bisa diakses dengan tampilan yang profesional.

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara menggunakan premade layouts di themes Divi. Berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengakses Premade Layouts Theme Divi

Anda bisa mengakses dan melakukan import Pre-made Layouts Divi dengan dua cara berikut ini:

  • Saat membuat new Page
  • Saat melakukan edit Page

Setelah memilih satu dari dua cara tersebut, tekan tombol Use Visual Builder.

Jika Anda membuat Page baru, Anda akan mendapatkan pop up 3 pilhan. Silahkan pilih “Choose A Premade Layout”

image 1 - Cara Menggunakan Premade Layouts di Theme Divi

Setelah memilih Anda akan mendapatkan pop up “Load From Library”. Pada pop up ini Anda dapat melihat seluruh pre-made layouts yang ada di dalam Divi.

Premade Layouts, Saved Layouts, dan Existing Pages

Pada pop up “Load From Library” Anda akan melihat 3 tab yaitu Premade Layouts, Saved Layouts, dan Existing Pages.

Di tab “Premade Layouts” Anda dapat melihat seluruh premade layouts yang disediakan oleh Divi (Elegant Themes) yang dapat langsung Anda gunakan.

Di tab “Your Saved Layouts” Anda dapat mengakses seluruh layout yang pernah Anda simpan ke Divi Library.

Sedangkan pada tab “Your Existing Pages” berisi seluruh page (termasuk post dan project) yang ada di dalam WordPress Anda. Anda dapat melakukan clone dari page yang sudah ada untuk page baru yang ingin Anda buat melalui menu ini.

load from library Divi

Menggunakan Premade Layout Theme Divi

Pada tab Premade Layouts, Anda dapat mencari dengan cara melihat dari list layout packs yang ada. Anda juga dapat melakukan pencarian dan filter berdasarkan kategori yang ada di kolom kiri.

Premade Layout Theme Divi

Setelah memilih salah satu layout pack, Anda dapat melihat preview masing-masing layout halaman yang ada di dalam layout pack tersebut. Ketika melakukan klik pada salah satu page layout maka Anda dapat melihat preview page tersebut di sisi kiri.

Di bawah preview terdapat tombol “view Live Demo” yang jika di klik akan membuka live demo dari page tersebut di tab browser baru. Jika Anda ingin menggunakan layout tersebut, silakan klik tombol “Use This Layout”.

contoh Premade Layout Theme Divi

Ketika Anda sudah pernah menambahkan premade layout, Anda dapat mengakses kembali di Visual Builder baik untuk page baru maupun page yang sudah ada. Caranya yaitu dengan melakukan klik tombol titik tiga berwarna ungu.

contoh implementasi Premade Layout Theme Divi

Setelah klik tombol titik tiga tersebut. Tekan tombol tanda plus, tombol ini merupakan menu “Load From Library” . Setelah melakukan klik tombol tersebut, akan muncul popup “Load From Library” yang akan menampilkan seluruh premade layouts.

Menu setting Divi

Menambahkan Layout atau Melakukan Replace ke Existing Content

Premade layout dapat Anda tambahkan baik pada halaman kosong, existing layout atau Anda juga bisa melakukan replace existing content. Jika Anda menambahkan premade layout ke existing page, secara default layout akan ditambahkan di page paling bawah. Namun jika Anda ingin mengganti seluruh isi konten dengan premade layout, silahkan klik centang opsi “Replace Existing Content” sebelum melakukan klik “use this layout”.

Layout details

Memuat Saved Layouts dan Melakukan Cloning Existing Pages

Jika Anda sudah pernah menyimpan layout ke Divi Library, Anda dapat mengakses layout ini melalui popup Load From Library di tab “Your Saved Layouts”. Untuk memuat Saved Layout, cukup melakukan klik di list saved layout tersebut.

Saved Layouts

Anda juga bisa melakukan clone page dari page yang sebelumnya telah Anda buat. Caranya yaitu dengan mengakses tab “Your Existing Pages” lalu memilih page yang ingin di-clone. Setelah Anda memilih, akan terbentuk page baru berdasarkan page yang Anda pilih.

Melakukan Cloning Existing Pages

Demikian panduan mengenai Premade Layouts di Divi. Selamat mencoba! Jika Anda ada kesulitan mengikuti panduan ini, silahkan dapat menghubungi kami melalui chat maupun email ke teknis@rumahweb.com

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Uswatun Hasana Kunio