Rumahweb Journal
Mengubah URL Admin WordPress manual

Mengubah URL Admin WordPress Secara Manual dari cPanel

Halaman administrator website merupakan komponen sentral yang digunakan untuk mendesain, merawat dan mengupdate konten website. Melalui halaman administrator website Anda dapat menambahkan produk baru, menerbitkan artikel, berita, esai dan seterusnya. Semua proses terkait tampilan website Anda diatur melalui halaman administrator website.

Halaman administrator website umumnya hadir di dalam CMS berbasis PHP, seperti WordPress, Joomla, Prestashop, dan lainnya. Setiap CMS memiliki alamat akses administrator masing-masing, yang bisa digunakan untuk login dan melakukan pengaturan tampilan atau update konten. Untuk CMS WordPress, halaman login administrator bisa diakses dari alamat namadomain.com/wp-admin.

Seiring dengan naiknya popularitas WordPress sebagai CMS, semakin banyak juga terjadi aktivitas peretasan untuk merusak tampilan atau bahkan keseluruhan isi website Anda. Dari berbagai macam usaha peretasan, metode Brute Force Login adalah metode yang paling banyak digunakan, yaitu dengan cara melakukan login berulang-ulang dengan menggunakan username dan password random ke URL namadomain.com/wp-admin.

Untuk menanggulangi usaha brute force login, ada beberapa metode pencegahan yang bisa dilakukan. Salah satu dari usaha pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kustomisasi URL Login Admin WordPress. Cara yang paling mudah untuk mengubah URL Login Admin WordPress adalah dengan menggunakan bantuan plugin. Kali ini Rumahweb ingin berbagi cara lain yang relatif lebih aman, yaitu mengubah URL admin WordPress secara manual dari cPanel.

Sebagai contoh, kali ini kami ingin mengubah URL admin WordPress dari namadomain.com/wp-admin menjadi namadomain.com/loginku.php. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke cPanel, masuk ke menu File Manager :


  2. Masuk ke direktori public_html, kemudian cari file bernama wp-login.php, kemudian klik kanan, kemudian pilih rename.


  3. Ubah nama file wp-login.php menjadi loginku.php.


  4. Masih di public_html, klik kanan pada file loginku.php lalu pilih Edit.


  5. Lakukan pengubahan skrip dengan cara menekan fombol Ctrl+F (find and replace), kemudian ubah nama wp-login.php menjadi loginku.php dengan cara mengklik tombol + di tombol pencarian di kanan atas, kemudian klik tombol All. Terakhir klik tombol Save Changes.


  6. Masuk kembali ke public_html, masuk ke folder wp-includes, kemudian cari file bernama general-template.php. Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Edit. Lakukan pengeditan skrip seperti langkah nomor 5, dari wp-login.php menjadi loginku.php. Terakhir klik tombol Save Changes.
  7. Terakhir, URL Admin WordPress yang baru bisa diakses melalui alamat: namadomain.com/loginku.php
gambar hasil mengubah url admin WordPress manual

Kenapa Manual?
Pengubahan URL login admin WordPress bisa dilakukan dengan mudah memakai bantuan plugin, akan tetapi cara manual lebih aman dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Penggunaan plugin berpotensi menyebabkan crash dengan plugin lain, yang bisa menimbulkan masalah seperti redirect loop dan sejenisnya. Cara manual tidak berpotensi menyebabkan kendala seperti itu.
  2. Apabila terjadi kesalahan edit bisa dikembalikan dengan mudah, dengan melakukan proses fresh upgrade manual dari cPanel.
  3. Apabila URL login admin WordPress, ingin dikembalikan ke pengaturan default, bisa dilakukan dengan mudah, dengan melakukan proses fresh upgrade manual WordPress dari cPanel.

Demikian artikel panduan cara mengganti url login WordPress tanpa plugin. Apabila mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb.

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi