Rumahweb Journal
open graph - Mengganti theme ojs

Cara Mengganti Theme OJS (Open Journal Systems)

Open Journal Systems atau yang disingkat menjadi OJS adalah software open-source yang digunakan untuk membuat website jurnal akademik. Agar tampilan website OJS menjadi lebih bagus, Anda bisa melakukan setting pada theme atau mengganti ke theme premium. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengganti theme OJS secara mudah.

Namun sebelum kami bahas tentang cara mengganti theme OJS, terlebih dahulu kami akan berbagi informasi tentang apa itu Open Journal Systems.

Apa itu OJS?

Open Journal Systems (OJS) adalah aplikasi perangkat lunak open source yang dapat digunakan untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara online. Open Journal system termasuk perangkat lunak gratis yang dirilis di bawah lisensi open source GPL v2. Anda bebas mengunduh, menggunakan, dan memodifikasinya tanpa biaya.

OJS dapat dijadikan pilihan menarik untuk membuat website journal secara instan. Aplikasi ini dapat Anda install secara mudah melalui cPanel pada fitur Softaculous.

Bagi Anda yang ingin belajar install OJS di cPanel, pelajari panduannya melalui artikel berikut : Cara Install OJS di Hosting cPanel

Setelah website OJS selesai Anda buat namun Anda ingin melakukan perubahan pada template yang akan digunakan, maka anda bisa mengganti theme OJS melalui halaman admin. Panduannya sebagai berikut.

Cara Mengganti Theme OJS

Berikut langkah-langkah untuk mengganti theme Open Journal System versi 3.

Step 1. Download theme OJS

Apabila theme yang akan Anda gunakan tidak tersedia di list halaman admin OJS, maka Anda perlu mendownloadnya terleih dahulu. Dalam panduan ini, theme yang akan kami gunakan adalah Bootstrap3.

Seperti penjelasan dari situs resminya di pkp.sfu.ca, bahwa theme tersebut dapat di download melalui link URL berikut ini https://github.com/NateWr/bootstrap3/releases. Untuk penggunaan theme lain, pastikan juga didapatkan dari sumber resmi (bukan nulled).

Step 2. Upload theme

Setelah theme di download, langkah selanjutnya adalah mengupload theme tersebut ke Server Hosting yang digunkan lalu ekstrak di folder themes OJS. Berikut ini step-by-step upload theme di cPanel:

  1. Silahkan login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu File Manager.
  3. Upload theme ke dalam folder “/plugins/themes/”, dan ekstrak. Pastikan nama folder theme tidak mengandung kata -master atau -main.
upload theme ojs

Step 3. Aktifkan melalui Dashboard

Apabila theme sudah di upload dan ekstrak di folder themes, lalu lanjutkan dengan mengakses halaman admin OJS. Di halaman admin, Anda perlu untuk enable theme yang baru dan memilih theme mana yang akan diterapkan di website-nya.

  1. Login ke halaman Administrator OJS.
  2. Masuk ke menu Settings > Website > Plugins, dan enable theme.
aktifkan theme ojs
  1. Kemudian masuk ke menu Settings > Website > Appearance, untuk memilih theme. Kemudian klik tombol save.
cara mengganti theme ojs

Jangan lupa simpan konfigurasi atau perubahan yang Anda lakukan.

Sampai tahap ini, cara mengganti theme OJS telah selesai. Selanjutnya, Anda bisa melakukan setting pada theme untuk mendapatkan tampilan yang sesuai. Demikian artikel kami tentang cara ganti theme OJS, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Triyadi