Rumahweb Journal
Banner - Cara Install OJS di Hosting cPanel Melalui Softaculous

Cara Install OJS di Hosting cPanel Melalui Softaculous

Open Journal Systems atau yang disingkat menjadi OJS adalah salah satu CMS yang digunakan untuk membuat journal online. OJS menjadi salah satu CMS yang paling populer untuk kebutuhan membuat website journal online. Pada artikel ini, kami akan berbagi cara install OJS di cPanel hosting secara instan.

Install OJS di hosting dapat dilakukan setidaknya melalui dua cara, yaitu secara instan melalui Softaculous atau secara manual. Install OJS secara instan dapat dilakukan, jika Anda ingin menggunakan OJS versi terbaru. Namun jika anda membutuhkan OJS versi lama, misalnya versi 2, maka instalasi bisa anda lakukan secara manual.

Namun kami merekomendasikan agar anda selalu menggunakan OJS versi terbaru. Sebelum masuk ke pembahasan cara install, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu OJS dan fungsinya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu OJS?

Open Journal System (OJS) adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan jurnal secara online. OJS merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat open source, sehingga Anda dapat menggunakannya secara gratis.

Fungsi OJS

Dengan menggunakan OJS Anda dapat mengelola jurnal-jurnal yang telah diterbitkan sehingga dapat terarsipkan dengan baik. OJS juga dapat memudahkan pengguna dalam mengakses artikel jurnal untuk digunakan dalam pembuatan karya ilmiah

OJS dapat mengotomatisasikan proses pengiriman artikel (submission), editing, review, serta revisi artikel. Di dalam OJS juga dapat dilakukan diskusi antara reviewer dengan editor, diskusi antara editor dengan penulis, dan hal lain yang terkait dengan pengelolaan jurnal.

Lalu bagaimana cara instalasinya? Berikut akan kami bahas cara instal OJS di cPanel, melalui fitur Softaculous.

Catatan:

Untuk instalasi OJS di domain utama, silahkan hapus file index.php pada public_html. Caranya, login ke cpanel > file manager > public_html > hapus file index.php default dari Rumahweb.

Cara install OJS di hosting

Silahkan login ke cPanel pada hosting yang Anda miliki di Rumahweb. Lalu pada kolom pencarian, isi dengan kata kunci “Softaculous Apps Installer”. Setelah itu klik hasil pencarian yang tampil.

menu softaculous

Setelah berada di halaman softaculous, cari kolom pencarian lalu ketikkan open journal system. Kemudian pada hasil pencarian, klik Open Journal Systems.

tampilan menu OJS di softaculous

Anda kemudian akan diarahkan ke halaman baru, klik Install Now.

Cara install OJS di hosting melalui softaculous

Pilih domain di kolom domain. Jika ingin langsung diakses menggunakan nama domain, dalam kolom In Directory hilangkan “ojs”. Karena jika dibiarkan, maka OJS harus diakses melalui URL https://namadomain.com/ojs.

Cara install OJS di cPanel melalui softaculous

Scroll dan simpan isian username dan password. Anda juga dapat mengganti username dan password sesuai keinginan Anda. Selanjutnya klik install dan tunggu sampai proses installasi selesai.

instalasi ojs melalui softaculous

Apabila installasi berhasil maka akan muncul tampilan berikut.

install ojs telah berhasil

Sampai disini, instalasi OJS telah selesai dan Anda bisa mengakses melalui nama domain yang Anda pilih sebelumnya.

Demikian panduan instalasi OJS melalui softaculous. Jika merasa kesulitan, jangan segan untuk menghubungi Rumahweb baik melalui telepon, livechat maupun email.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.