Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengembalikan File yang Terhapus di cPanel dan Plesk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di cPanel dan Plesk

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan tentang cara mengembalikan file yang terhapus di cPanel dan plesk panel Rumahweb. Berikut informasi selengkapnya.

Penghapusan data adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan hati-hati. Ada beberapa hal yang membuat para pengguna hosting harus membersihkan/menghapus data pada hosting, diantaranya :

  • Kuota hosting penuh
  • Ingin merapikan data pada hosting
  • Ingin menghapus file-file atau email yang sudah tidak digunakan

Lalu, bagaimana jika salah hapus file dan membuat website menjadi error?

Untuk kasus diatas, yuk simak panduan berikut untuk mengetahui apakah file pada hosting yang sudah dihapus bisa dikembalikan atau tidak?

Cara mengembalikan file yang terhapus di cPanel

Bagi pelanggan Rumahweb yang memiliki hosting dengan cPanel maupun VPS dengan cPanel, simak panduan berikut ya!

Umumnya proses penghapusan file pada hosting cPanel dilakukan dari menu File Manager. File Manager adalah fasilitas di dalam cPanel yang berfungsi untuk mengelola file website Anda di dalam hosting. Anda bisa mengedit, menghapus atau mengupload (mengunggah) file-file website Anda ke hosting melalui fitur ini. 

File Manager cPanel

Penghapusan file/folder yang ada di File Manager dapat dilakukan seperti gambar berikut.

Hapus pada File Manager cPanel

Setelah ditekan Delete akan muncul peringatan seperti berikut.

opsi hapus pada File Manager cPanel

Penjelasan dari peringatan diatas adalah :

  • Confirm: pada pilihan ini kita mengkonfirmasi bahwa data tidak akan terhapus permanen dan akan dipindahkan ke folder trash
  • Skip the trash and permanently delete the files: pada pilihan ini kita melewati folder trash dan data akan permanen dihapus

Jika Anda terlanjur ceklis Skip the trash and permanently delete the files lalu klik Confirm, data Anda sudah tidak dapat diselamatkan. Solusinya anda bisa menghubungi kami, untuk bantuan cek backup data pada hosting anda untuk dilakukan restore.

Namun jika Anda hanya klik Confirm, data Anda masih bisa diselamatkan dan saat ini berpindah ke folder trash. Untuk mengembalikan data yang terhapus dan masih ada di folder Trash, anda bisa melakukan langkah berikut :

  1. Klik View Trash pada File Manager
Trash pada File Manager cPanel
  1. Klik kanan pada data yang akan dikembalikan, lalu klik Restore
cara mengembalikan file yang terhapus di cpanel

Selain Restore dari folder Trash sebagai antisipasi kehilangan data, Anda dapat memanfaatkan menu Backup dan Restore di cPanel. Pada menu Backup cPanel Anda dapat menggunakan fitur Partial Backup.

Fitur Partial Backup ini akan membackup semua data (mulai dari folder hingga subfolder di website) yang ada di File Manager. Untuk detail menu Backup dan Restore di cPanel bisa Anda klik https://www.rumahweb.com/journal/cara-membuat-backup-data-di-cpanel/

Cara mengembalikan file yang terhapus di Plesk

Bagi pelanggan Rumahweb yang menggunakan layanan WordPress Hosting maupun VPS dengan lisensi Plesk Panel, simak panduan berikut ya!

Berbeda dengan cPanel, pada Plesk Panel hanya terdapat opsi apakah ingin dihapus permanen atau batal melakukan penghapusan.

Hapus Data pada Plesk Panel
Hapus Data pada Plesk Panel secara permanen

Untuk mengantisipasi adanya kesalahan pada saat hapus data pada hosting Plesk, Anda dapat memanfaatkan menu Backup. Setelah backup selesai pastikan download ke komputer/lokal, supaya data backup tidak memenuhi space pada hosting. Untuk melakukan backup, Anda dapat cek artikel berikut :

Setelah melakukan backup data, langkah berikutnya yaitu restore data backup ke hosting Plesk. Untuk restore data, silakan cek artikel berikut : https://www.rumahweb.com/journal/restore-manual-website-dari-backup-plesk-panel/

Kesimpulan

  • Penghapusan data adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan hati-hati.
  • Pada layanan hosting cPanel terdapat opsi pada saat melakukan Delete, pastikan lebih teliti dalam memilih opsi apakah yakin ingin dihapus permanen atau ingin dipindahkan ke folder trash.
  • Pada layanan hosting Plesk Panel hanya ada opsi apakah yakin ingin dihapus permanen atau batal menghapus, sehingga data yang terlanjur dihapus tidak dapat dikembalikan.
  • Pastikan rutin melakukan backup data untuk antisipasi apabila terjadi kehilangan data atau data rusak.

Demikian artikel cara mengembalikan file yang terhapus di cPanel dan plesk panel, semoga bermanfaat !

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Wahyu Januari