Rumahweb Journal

Cara Backup Data Website di WordPress Hosting (Plesk panel)

Pada layanan WordPress hosting, Anda bisa melakukan backup melalui dua cara, yaitu melalui menu backup manager dan backup secara manual. Pada panduan kali ini, kami akan memberikan cara backup data website di Plesk Panel pada layanan WordPress Hosting.

Cara Backup Data Website

Ada dua cara melakukan backup data website di plesk, yaitu melalui fitur backup manager dan backup secara manual. Berikut informasi selengkapnya:

Opsi 1. Backup Manager

Anda bisa melakukan backup data website melalui menu backup manager di Plesk. Untuk penjelasan lebih detail tentang opsi pertama ini, Anda bisa membaca panduannya pada artikel berikut: Backup Manager

Opsi 2. Backup secara manual

Selain melalui menu backup manager, Anda juga bisa melakukan backup secara manual dengan cara meng-compress file dan melakukan export databasenya. Berikut langkah-langkahnya :

1. Login ke halaman Plesk panel melalui link namadomain:8443 atau bisa Anda lakukan melalui Clientzone.

2. Setelah login, Anda bisa melakukan backup databasenya terlebih dahulu. Untuk mengetahui nama database yang digunakan, Anda bisa membuka file wp-config.php pada pengaturan file WordPress Anda. File ini bisa ditemukan pada menu Files > httpdocs atau sesuaikan dengan directory root domain Anda.

Setelah mengetahui nama databasenya, Anda bisa melakukan export DB melalui menu Databases > klik menu Export dump seperti gambar berikut:

export database di plesk
klik export dump
memilih target folder backup databasenya
pilih folder export sesuai dengan yang digunakan websitenya (httpdocs)

3. Setelah export database selesai, akan muncul file hasil export berupa file .sql pada directory atau folder yang Anda tentukan sebelumnya. Lakukan tahap archive data website beserta database yang sudah di export tersebut dari menu file manager.

melihat file root directory websitenya
klik folder website (httpdocs) akan otomatis diarahkan ke file manager pada folder tersebut.

4. Pilih data website beserta database yang ada didalam foldernya, untuk lebih mudah klik kolom check paling atas untuk melakukan select all data.

melakukan backup data website dan database
Setelah klik select all data (termasuk file backup database) klik tombol add to archive untuk melakukan kompress seluruh data menjadi file ZIP.
melakukan archive data website
Beri nama file backup dan klik OK untuk memulai kompress datanya.

5. Download data archive (backup) yang sudah dibuat.

cara backup data website di plesk telah selesai, anda bisa download file backupnya
klik menu opsi pada bagian paling kanan baris file archive yang sudah dibuat, dan klik download untuk memulai proses download data backupnya.

Proses backup dan download data backup secara manual pada WordPress hosting sudah selesai. Jika alami kendala, silahkan menghubungi kami melalui Livechat maupun pengiriman ticket ke teknis Rumahweb.

Demikian artikel tentang cara backup data website di WordPress Hosting Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky