Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Cara Mengaktifkan SSL Pada CodeIgniter

Secure Socket Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar yang membuat tautan terenkripsi antara web server dan browser. Sederhananya, koneksi antara web browser dengan web server akan terenkripsi, sehingga data hanya bisa dibaca oleh web browser serta web server saja.

Saat ini semua paket Shared hosting di Rumahweb telah di support dengan fitur Lets Encrypt, sehingga Anda bisa melakukan instalasi SSL secara gratis di hosting.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah instalasi SSL melalui fitur Run AutoSSL di cPanel. Setelah SSL Anda aktif, langkah selanjutnya adalah bisa melakukan modifikasi url untuk diarahkan ke HTTPS.

Bagi website yang dibuat dengan Framework CodeIgniter, setting force HTTPS bisa dilakukan dengan cara memodifikasi script / source code pada salah satu file yang ada di dalam struktur folder CodeIgniter. Letak filenya sebagai berikut :

Pada file ini, silakan mencari baris berikut ini dan memodifikasi alamat dari “http” menjadi “https:”

Kemudian edit file berikut ini /public_html/.htaccess seperti di panduan force https melalui .htaccess dan tambahkan baris berikut ini pada bagian paling atas atau paling bawah sendiri:

#mengaktifkan https di codeigniter

Setelah itu, Anda bisa coba mengakses nama domain saja tanpa HTTPS. Jika domain langsung mengarah ke https://namadomain, maka artinya konfigurasi SSL yang Anda lakukan sudah berjalan dengan baik.

Demikian panduan Rumahweb tentang cara mengaktifkan ssl di codeigniter. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, silahkan hubungi bagian teknis kami melalui livechat, telepon, ataupun email ke teknis[at]rumahweb.com.

Tinggalkan Komentar

Jan Laen Player

Blog Competition