Rumahweb Journal

Cara Install SSL di Plesk Obsidian

Saat ini penggunaan SSL sudah semakin berkembang. Sebelumnya, SSL hanya digunakan untuk mengamankan transfer data antara web server ke browser. Sekarang SSL menjadi salah satu indicator penting terhadap query pencarian website di search engine. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install SSL di Plesk Obsidian.

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini SSL menjadi salah satu indicator penting terhadap hasil Search engine result page atau hasil pencarian di Google. Dapat dipastikan bahwa hasil pencarian dihalaman pertama, akan memunculkan semua website yang telah menggunakan SSL atau HTTPS. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan instalasi SSL di website, agar hasil pencarian website Anda di Google mendapatkan peringkat terbaik.

Sebalum melanjutkan proses instalasi, mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu SSL dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan transaksi data antara web server dan web browser. Dengan adanya enkripsi ini, pertukaran data yang terjadi akan diacak, sehingga data Anda semakin aman.

Informasi lebih lanjut tentang apa itu SSL bisa Anda baca melalui artikel berikut: Apa itu SSL?

Cara Install SSL di Plesk Obsidian

Ada 3 Langkah yang harus Anda lakukan, untuk melakukan instalasi SSL di Plesk Obsidian. Yaitu melakukan generate CSR, konfigurasi SSL hingga Install SSL. Berikut kami sampaikan step by step cara install SSL di Plesk Rumahweb.

Step 1. Generate CSR

1. Masuk ke Plesk Panel, bisa melalui http://namadomain.com:8443 (nama domain disesuaikan dengan yang dimiliki atau menggunakan IP untuk VPS) dibawah nama hosting domain yang ada sudah ada menu “SSL / TLS Certificates”.

install ssl di plesk - generate csr


2. Setelah masuk ke dalam menunya, silahkan klik tombol “Add SSL/TLS Certificates”

add to ssl atau tls di plesk

3. Isikan nama SSL dan data-data SSL domain yang akan didaftarkan sesuai kolomnya, jika sudah klik tombol “request”.

cara generate csr di plesk

4. Anda akan kembali ke halaman List SSL/TLS Certificates, dan sudah ada nama SSL yang sudah di request sebelumnya, silahkan klik nama SSL yang sudah dibuat sebelumnya.

hasil generate csr di plesk

5. Silahkan ambil data CSR yang sudah dibuat untuk dilakukan konfigurasi SSL nya terlebih dahulu.

ambil data csr di plesk

Step 2. Konfigurasi SSL

1. Konfigurasi SSL bisa dilakukan melalui halaman clientzone. Panduan konfigurasi SSL bisa diperiksa pada halaman berikut ini :

2. Setelah konfigurasi SSL selesai, Anda harus melakukan tahap verifikasi domain sesuai dengan opsi verifikasi yang telah dipilih. Apabila proses verifikasi domain telah berhasil, pihak CA (certificate authority) akan segera menerbitkan sertifikat SSL.

Informasi sertifikat ini akan terkirim ke email kontak yang terdaftar di Rumahweb, atau Anda bisa mendownload filenya melalui halaman Clientzone.

Step 3. Install SSL di Plesk Obsidian

1. Setelah Anda mendownload file CRT atau sertifikat SSL domain Anda, selanjutnya Anda bisa melakukan instalasi melalui Plesk panel. Silahkan Anda kembali ke halaman SSL/TLS Certificates di Plesk Panelnya, kemudian klik nama SSL nya, dan lakukan proses upload sertifikat SSL sesuai bagiannya.

upload file sertifikat SSL

Isikan kolom certificate dengan data kode certificate yang sudah dimiliki. Untuk kolom CA Certificate isikan gabungan kode root certificate dan intermediate certificate. Setelah itu klik tombol “Upload Certificates”

2. Setelah sukses proses uploadnya, silahkan kembali ke halaman utama plesk panelnya, klik menu “Hosting Settings”

mengaktifkan ssl pada websitenya

3. Setelah masuk ke halaman “Hosting Settings” silahkan ubah bagian “Certificates” dan ubah ke nama SSL yang sudah disetting sebelumnya dan simpan dengan klik tombol “OK”

pilih sertifikat SSL yang akan digunakan

Sampai tahap ini, instalasi SSL di Plesk Obsidian telah selesai.

Catatan

Setelah instalasi selesai, tunggu beberapa saat untuk mencoba akses website Anda menggunakan link HTTPS. Jika website berhasil diakses dengan HTTPS, maka SSL pada website Anda telah berjalan dengan baik.

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan penyesuaian link HTTPS pada website. Berikut kami sertakan referensi untuk mensetting HTTPS pada website:

Demikian cara install SSL di Plesk Panel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Afiandhi Risky