Rumahweb Journal
Banner - Cara Mengaktifkan SSL Di Magento

Cara Mengaktifkan SSL Di Magento

Notifikasi Secure atau Not Secure pada domain di browser sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan hingga search engine. Terlebih jika website yang Anda miliki adalah Toko online. Karenanya, penggunaan SSL pada website menjadi salah satu prioritas. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara mengaktifkan SSL di Magento.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Magento merupakan salah satu CMS yang dapat digunakan untuk membuat website toko online secara instan. Dengan magento, Anda tidak perlu memahami coding atau bahasa pemrograman yang komplek untuk membuat sebuah toko online.

Sebagai pemiliki toko online, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan pada website. Salah satu fitur keamanan pada website adalah SSL, yang merupakan lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan transaksi data antara web browser dan server.

Pada panduan ini, kami akan mengulas secara detail apa itu SSL serta cara mengaktifkan SSL di Magento. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu SSL?

Sertifikat SSL digunakan untuk meningkatkan keamanan website. Fungsi dasar SSL adalah untuk mengenkripsi semua komunikasi antara browser dan server, kemudian memastikan bahwa semua data melewati koneksi aman (HTTPS).

Selain sebagai fitur keamanan pada website, penggunaan SSL pada website juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan yang akan melakukan transaksi, karena website dianggap “Secure” oleh browser yang digunakan. Pelanggan atau calon pelanggan Anda akan merasa lebih aman dalam melakukan transaksi, karena data-data yang diberikan pelanggan akan di enkripsi oleh SSL.

Karenanya penggunaan SSL pada website menjadi sebuah keharusan, terlebih website yang Anda buat adalah toko online yang mana kepercayaan dan keamanan data pelanggan menjadi sebuah prioritas. Selain itu, penggunaan SSL dapat meningkatkan peringkat di Google.

Cara Mendapatkan SSL

Bagi Anda yang telah menggunakan layanan hosting di Rumahweb, Anda akan mendapatkan fitur SSL gratis. Secara otomatis, SSL akan terinstall di hosting yang Anda gunakan. Free SSL pada hosting menggunakan SSL Lets’s encrypt, yang setara dengan Domain Validation (DA).

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan tingkat keamanan yang lebih baik, maka Anda bisa menggunakan SSL berbayar. Tidak hanya akan lebih aman, namun tingkat compatibilitas SSL berbayar pada browser akan jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan ssl gratis. Informasi SSL berbayar bisa Anda lihat pada link berikut.

Cara mengaktifkan SSL di Magento

Berikut adalah cara mengaktifkan SSL di Magento.

Step 1. Install SSL

Pastikan bahwa sertifikat SSL telah terinstall di hosting atau server yang Anda gunakan. Bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb, Anda bisa install ssl gratis yang tersedia di hosting dengan panduan sebagai berikut :

Step 2. Mengaktifkan SSL di Magento

Berikut ini cara enable SSL Magento dengan mudah.

  1. Login ke halaman administrator Magento.
  2. Kemudian masuk ke menu toko (shop) > konfigurasi (configuration).
Mengaktifkan SSL di Magento
  1. Setelah itu, silakan menuju ke halaman konfigurasi > web. Periksa bagian setting URL Dasar. Pada bagian Base URL silahkan ubah dari http://namadomain.com menjadi https://namadomain.com (sesuaikan nama domain Anda).
setting base url magento jadi https
  1. Dibawah URL dasar, terdapat bagian URL Aman, silahkan setting sesuai screenshot berikut :
konfigurasi ssl di magento

Pastikan “Secure Base URL” sudah menggunakan HTTPS, dan ubah 2 bagian dibawahnya yaitu :

  • Gunakan URL Aman di etalase menjadi Yes.
  • Gunakan URL Aman di Admin menjadi Yes.
  1. Klik “Simpan Config” disebelah kanan atas untuk melakukan penyimpanan setting konfigurasinya. Silakan akses alamat website Anda.

Sampai tahap ini, proses enable SSL di Magento telah selesai. Selanjutnya Anda bisa coba mengakses websitenya melalui link HTTPS. Setelah itu, silahkan klik menu-menu yang ada di website Anda, untuk memastikan semua link telah mengarah ke HTTPS.

Demikian panduan kami tentang cara mengaktifkan SSL di CMS Magento. Apabila Anda mengalami kesulitan atau kendala dalam settingnya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu cek. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Afiandhi Risky