Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuka Port di VPS Plesk Panel

Cara Membuka Port di VPS Plesk Panel

Bagi anda pengguna VPS dengan lisensi Plesk Panel, anda dapat melakukan modifikasi (open dan closed) port VPS melalui interface Plesk. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuka port di VPS Plesk melalui interfacenya.

Karena alasan keamanan, ada beberapa batasan yang diberlakukan pada paket shared hosting. Batasan-batasan tersebut terkadang menjadi kendala teknis yang dialami oleh pengembang website atau aplikasi khusus, yang memerlukan akses yang lebih luas ke sistem di dalam server.

Contoh kasus yang cukup sering dialami adalah perlunya akses ke port-port tertentu yang tidak dapat dibuka di dalam paket shared hosting. Oleh karenanya, para pengembang website atau aplikasi memerlukan solusi yang mampu mengakomodasi keperluan tersebut.

VPS adalah salah satu solusi terbaik bagi pengembang aplikasi atau website yang membutuhkan pengaturan tertentu, yang tidak bisa didapatkan pada paket shared hosting. Berbeda dengan paket shared hosting, secara default, paket VPS hosting belum disertai dengan control panel grafis (GUI) yang membantu mempermudah pengelolaan website.

Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan command line, kehadiran aplikasi control panel adalah hal yang sangat penting. Dengan control panel, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan aktivitas seperti upload file, konfigurasi database, membuat akun email dan seterusnya.

Alasan Memilih Plesk Panel

Ada beberapa pilihan control panel yang bisa digunakan pada VPS hosting. Meskipun ada control panel free, tidak sedikit pengguna yang lebih memilih control panel berbayar, karena fitur yang ditawarkan lebih lengkap. Salah satu control panel berbayar yang paling banyak digunakan adalah Plesk Panel.

Seperti halnya cPanel, Plesk Panel adalah control panel yang berfungsi untuk memudahkan pengelolaan hosting. Keunggulan Plesk Panel dibanding control panel berbayar lainnya adalah dukungan sistem operasi yang lebih luas.

Plesk Panel mendukung beberapa distribusi Linux populer seperti RHEL/CentOS, Ubuntu, Debian, dan Windows Server. Dukungan sistem yang luas tersebut menjadikan Plesk Panel menjadi salah satu control panel terfavorit yang digunakan oleh banyak pengembang website dan aplikasi.

Cara membuka port di VPS Plesk

Apabila Anda memiliki layanan VPS dengan lisensi Plesk Panel dan ingin membuka port tertentu yang dibutuhkan, bisa dilakukan dengan mudah melalui antarmuka Plesk Panel.

Bagi anda yang menggunakan layanan VPS dengan lisensi cPanel, Anda dapat mempelajari panduan membuka port di cPanel melalui artikel ini. Sedangkan untuk pengguna VPS Plesk, berikut langkah-langkah untuk membuka port VPS Plesk Panel.

1. Login ke Plesk Panel melalui alamat http://IP_address:8443

2. Masuk ke menu Plesk, kemudian pilih menu Updates.

Menu update di Plesk

3. Pilih menu Add/Remove Components.

Add atau remove componen di VPS Plesk

4. Cari bagian Plesk extensions, kemudian pilih Plesk Firewall, klik tanda panah, kemudian klik menu Install. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Mengaktifkan fitur Plesk Firewall

5. Apabila proses sudah selesai, Anda akan menerima notifikasi dengan tulisan “All operations with products and components have been successfully completed”, klik OK.

Notifikasi Plesk Firewall telah aktif

6. Kembali ke halaman utama Plesk Panel, masuk ke menu Tools & Settings, kemudian pilih Firewall.

cara membuka port di VPS Plesk melalui Firewall

7. Pilih Modify Plesk Firewall Rules

cara membuka port di VPS Plesk melalui Firewall image 2

8. Pilih Add Custom Rule

cara membuka port di VPS Plesk melalui Firewall image 3

9. Pada halaman Sustom rule, isi kolom yang tersedia:

  • Name of the rule: judul rule, diisi sesuai kebutuhan. Contoh: port aplikasisaya.com
  • Ports: diisi dengan port yang ingin dibuka
  • Sources: isikan IP address apabila hanya ingin dibuka untuk IP address tertentu saja.
  • Klik tombol OK
Custom Rules Firewall VPS
Baca juga artikel: cPanel vs Plesk. Mana Yang Lebih Baik?

Penutup

Plesk Panel adalah salah satu alternatif control panel terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengelola server VPS. Dengan dukungan sistem yang luas dan antarmuka yang lengkap, Plesk Panel bisa membantu semua proses pengelolaan server VPS menjadi lebih mudah, termasuk pengelolaan port untuk menunjang kebutuhan website atau aplikasi yang Anda kembangkan.

Demikian cara membuka port di VPS Plesk Panel. Apabila mengalami kendala, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb untuk mendapatkan panduan atau bantuan lebih lanjut.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Alwan Rosyidi