Rumahweb Journal
cara membuat toko online part 3

Cara Membuat Toko Online Part 3 – Setting SEO dan Shipping

Setelah sebelumnya kita belajar cara membuat toko online dengan Woocommerce part 1 dan part 2, kini kita akan mengulas cara setting SEO dan Shipping. Yuk simak langkah selengkapnya pada artikel berikut:

Setting SEO pada Toko Online

Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah serangkaian upaya untuk mengoptimalkan website. Optimasi ini dilakukan agar search engine atau mesin telusur bisa menentukan apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Di era yang serba digital ini, pembuatan website toko online sebagai media untuk jualan online sudah banyak digunakan, terutama menggunakan platform WordPress dan plugin WooCommerce. Akan tetapi masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara SEO toko online menggunakan WooCommerce?

Pada Panduan kali ini Rumahweb akan menjelaskan Cara Setting SEO pada website Toko online menggunakan plugin Yoast SEO, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini :

Daftarkan website Anda ke googe Search console

Google Search Console merupakan tools dari Google, yang salah satu fungsinya untuk memudahkan artikel website yang ditulis, untuk dikenali oleh Google lebih cepat. Untuk mendaftarkan website dan verifikasi domain ke Google Search Console, Anda dapat mempelajari panduan berikut ini

Optimasi halaman produk dengan Plugin Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi website search engine, yaitu optimasi yang bertujuan untuk meningkatkan performa website dalam search engine sehingga ada peningkatan pengunjung pada websitenya.

Untuk toko online WooCommerce, plugin tersebut juga dapat Anda gunakan. Anda Dapat melakukan instalasi Plugin dengan panduan berikut.

Setelah melakukan instalasi plugin, Lakukan 9 langkah ini pada Halaman Produk dan Yoast SEO di masing-masing halaman produk.

  1. Menggunakan judul halaman produk dengan nama produk agar tetap relevan.
  2. Pada Kolom Focus keyphrase” Masukan 2 sampai 4 kata yang tetep relevan dengan judul product
  3. Pada kolom SEO Title  atau Judul SEO  Silakan isi dengan judul yang sesuai dengan konten Anda, Usahakan kata kunci utama di depan kalimat.
  4. Pastikan Slug memuat kata kunci utama.
  5. Isi Meta Description atau “Deskripsi Meta dengan kata-kata singkat dan menarik, deskripsi ini harus memuat kata Kunci Utama.
  6. Upload Gambar produk dan masukan Alt Text yang mengandung  Kata Kunci Utama
  7. Isi keterangan singkat produk dan keterangan panjang produk menggunakan H2, H3, H4 dan memuat  Kata Kunci Utama.
  8. Pada konten, perhatikan juga jumlah kata pada setiap halaman produk, usahakan minimal 300 kata.
  9. Buatlah Internal link dan external link pada halaman product.

Pastikan Pada hasil result SEO Analysis sudah hijau semua, seperti pada gambar berikut :

Cara Membuat Toko Online Part 3 - setting SEO dengan plugin Yoast

Setelah selesai melakukan optimasi SEO, silakan simpan perubahan postingan Anda dengan menekan tombol Update.

indicator plugin yoast seo rumahweb

Setting Shipping WooCommerce dengan plugin Woongkir

Selain gratis, woongkir juga menjadi plugin ongkos kirim yang banyak diminati oleh pengguna Woocomerce. Apa saja kelebihan dari plugin Woongkir sehingga bisa menjadi plugin ongkos kirim yang paling banyak diminati?

Berikut ini beberapa kelebihan plugin ongkos kirim Woongkir:

1. Cara instalasinya yang mudah

Karena sudah terintegrasi dengan WooCommerce, plugin Woongkir sangat mudah untuk diinstall dan juga Anda gunakan. Anda bisa mempelajari cara install dan setting plugin Woongkir melalui artikel berikut: Panduan Setting Shipping WooCommerce Menggunakan Woongkir

2. Ongkos Kirim yang realtime dan Up to date

Ongkos kirim akan bisa diketahui secara real time dan selalu up to date. Alasannya karena plugin Woongkir menggunakan data dari API rajaongkir.com sehingga perhitungan ongkos kirim di seluruh Indonesia bisa ditampilkan secara up to date dan real time.

3. Mendukung pengiriman Domestik Dan Internasional

Woongkir  telah mendukung jasa expedisi domestik dan internasional. Sedangakan untuk biaya ongkos kirim akan disesuaikan dengan jasa ekpedisi yang digunakan.

Demikian artikel cara membuat toko online dengan Woocommerce dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rizki Nur Safitri