Rumahweb Journal
Newsletter Email Subscription WordPress

Cara Membuat Newsletter Email Subscription di WordPress

Apakah Anda pernah membuka email dan menemui pesan yang berisi informasi terbaru, promosi, pemberitahuan, atau berita terkini tentang perusahaan atau bisnis yang Anda ikuti? Jika ya, itu yang dinamakan dengan newsletter email subscription.

Dalam implementasinya, banyak perusahaan besar menggunakan newsletter email sebagai strategi untuk terhubung dan berinteraksi dengan pelanggan.

Pada artikel ini, Rumahweb akan membahas tentang newsletter email subscription, termasuk cara membuatnya pada website berbasis WordPress. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Newsletter Email?

Newsletter email subscription adalah bentuk informasi yang dikirimkan secara berkala melalui email kepada pengguna atau pelanggan yang telah berlangganan.

Tujuan dari newsletter email adalah memberikan informasi yang berguna, berita terbaru, pemberitahuan, atau penawaran promosi khusus kepada pengunjung atau pelanggan yang tertarik.

Newsletter email dapat digunakan oleh berbagai jenis organisasi, termasuk perusahaan, organisasi, blog, e-commerce, atau komunitas. Newsletter email dapat dimanfaatkan sebagai strategi digital marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada bisnis Anda.

Manfaat Newsletter Email

Newsletter email dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan atau target audiens. Contoh newsletter email dari Rumahweb seperti screenshot berikut :

contoh Newsletter Email Subscription dari Rumahweb

Berikut ini beberapa manfaat newsletter email bagi bisnis Anda :

1. Menjangkau pelanggan lebih banyak

Email newsletter dapat dikirimkan secara rutin ke pelanggan baru atau pelanggan lama Anda. Anda dapat memberikan informasi yang berguna, event, atau penawaran khusus kepada pelanggan Anda.

2. Mengedukasi pelanggan

Email newsletter dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi pelanggan mengenai produk, berita terbaru, pemberitahuan dari perusahaan Anda. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat mengetahui informasi terbaru dari bisnis Anda.

3. Meningkatkan relasi terhadap pelanggan

Dengan adanya informasi terbaru dari perusahaan Anda, akan membangun dan menjaga relasi antara Perusahaan dengan pelanggan.

4. Meningkatkan Pengunjung Website

Selanjutnya dengan adanya informasi terbaru melalui Newsletter Email, Pelanggan akan semakin sering mengunjungi website dengan informasi yang terbaru dan menarik, dan jika website berbasis e-commerce, akan dapat meningkatkan penjualan.

5. Meningkatkan reputasi website perusahaan

Dengan menginformasikan berita atau artikel yang menarik dan berkualitas bagi pengunjung, akan meningkatkan reputasi website.

Dan masih banyak lagi manfaat Newsletter Email bagi website perusahaan, untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi link berikut : Email Marketing

Cara Membuat Newsletter Email

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah memiliki layanan email yang dikhususkan untuk pengiriman email dalam jumlah besar. Jika Anda menggunakan email hosting, kemungkinan besar akan terdeteksi SPAM oleh penerima email yang menyebabkan email Anda tidak terkirim ke pelanggan Anda dan juga terkena limit pengiriman email oleh server.

Salah satu layanan pengiriman email dalam jumlah besar yaitu Direct Mail, yang dapat anda gunakan untuk membuat layanan newsletter email. DirectMail dapat menjadi solusi pengiriman email bagi Anda yang yang memiliki kebutuhan pengiriman email dalam jumlah besar, tanpa khawatir email akan terdeteksi sebagai email SPAM.

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan secara gratis adalah layanan email seperti MailChimp.

Step 1. Mendaftar di MailChimp

MailChimp adalah platform email marketing berbasis web yang dapat digunakan secara gratis. Anda perlu mendaftar dulu di situs resmi MailChimp apabila ingin menggunakan layanan tersebut. Untuk pendaftaran, dapat klik Sign Up lalu klik Sign Up Free.

Sign Up Mailchimp

Selanjutnya Anda dapat melengkapi alamat email perusahaan, username, dan password bisnis Anda. Pastikan alamat email yang akan Anda adalah email aktif karena akan mendapatkan kode verifikasi dan yang akan dijadikan sebagai alamat email untuk pengiriman newsletter email.

Sign Up Mailchimp

Selanjutnya lakukan verifikasi melalui email dengan cara klik link yang telah dikirimkan melalui email. Setelah melakukan verifikasi email, Anda dapat melengkapi informasi dan mengikuti dengan mengisikan form yang di sediakan oleh Mailchimp hingga akhir sesuai dengan detail informasi mengenai perusahaan Anda.

Account Setup

Setelah Anda melengkapi informasi mengenai perusahaan / bisnis, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard MailChimp. Anda dapat mempelajari semua fitur Mailchimp pada halam dashboard ini.

Dashboard Mailchimp

Dan proses registrasi ke MailChimp telah selesai.

Step 2. Instal plugin MailChimp

Setelah Anda terdaftar di situs MailChimp, selanjutnya Anda dapat menginstal plugin MailChimp. Cara menginstal plugin MailChimp sama seperti melakukan instalasi plugin lain yaitu login ke dashboard wp-admin > pilih plugins > pilih add new > cari MC4WP: Mailchimp for WordPress > install dan aktifkan.

Jika situs wordpress Anda menggunakan woocommerce, Anda dapat menggunakan plugin Mailchimp for WooCommerce.

Plugin Mailchimp

Step 3. Setting plugin Mailchimp

Setelah plugin MC4WP: Mailchimp for WordPress diaktifkan, masuk ke halaman setting MailChimp untuk mendapatkan API Key dengan cara klik bagian Get your API key here.

Kemudian secara otomatis akan di arahkan ke dashboard MailChimp. Scroll kebawah lalu klik create Api A Key.

create api key

Buat nama Api Key yang akan digunakan, Anda dapat menyesuaikan dengan nama project atau bisnis Anda, sebagai contoh, kami membuat nama project nya yaitu RW-APIKEY setelah itu klik tombol Generate Key.

Generate Api Key

Tunggu beberapa saat hingga API Key tergenerate secara otomatis, setelah itu Anda dapat mengcopy API Key yang telah tergenerate.

Get API KEY

Setelah di copy, lalu kembali ke dashboard wp-admin dan pastekan kode API Key yang didapat dari dashboard Mailchimp, kemudian klik Save Changes.

Copy Api Key

Jika kode API Key valid, maka secara otomatis akan muncul status Connected

Connected Mailchimp

Step 4. Membuat Form Subscriber

Tahap selanjutnya, Anda perlu membuat sebuah form untuk mendapatkan informasi mengenai alamat email pengunjung, form ini dapat Anda terapkan baik itu di halaman registration, comment, widget, footer atau berada di halaman lainnya. Berikut langkah – langkah membuat form email.

Setting Form di Halaman Registration

Halaman registrasi adalah halaman yang sangat cocok dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai alamat email pengunjung, Anda dapat mengkonfigurasi dan mengaktifkan nya melalui menu MC4WP > Integrations > lalu klik Registration Form.

Intergrations Registration form

Selanjutnya, klik enable agar aktif ketika di halaman register. Untuk konfigurasinya, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda atau dapat dibiarkan menggunakan konfigurasi secara default lalu scroll kebawah dan simpan.

Registrations Form settings

Keterangan :

  • Enable: berfungsi untuk mengaktifkan fitur berlangganan newsletter email di halaman registrasi
  • Implicit: Jika klik yes, maka secara otomatis akan berlangganan ketika mendaftar, jika klik no maka akan menampilkan checkbox ingin berlangganan newsletter atau tidak.
  • Mailchimp List : merupakan akun list akun pada mailchimp Anda.
  • Checkbox label text : untuk menampilkan informasi bahwa ingin berlangganan atau tidak.
  • Pre-check the checkbox: jika pilih yes, secara default checkbox terceklis untuk berlangganan newsletter email, jika pilih no secara default checkbox tidak terceklis.
  • Double opt-in: berfungsi untuk mengkonfirmasi apakah ingin berlanggan atau tidak, jika pilih yes maka perlu konfirmasi dahulu melalui email, jika pilih no maka secara otomatis akan masuk kedalam list langganan newsletter email.

Setting Form custom

Agar dapat muncul di halaman sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu membuatnta terlebih dahulu, untuk membuatnya, Anda dapat memilih menu MC4WP > Form, lalu isi judul form dan klik Add new Form, untuk checkbox Mailchimp list (Mydhitz) merupakan nama username pada akun mailchimp yang telah terdaftar.

New Form Email

Setelah selesai, Anda akan mendapatkan shortcode dari form yang telah dibuat, Anda dapat berkreasi sesuai dengan kebutuhan, field apa saja yang akan ditampilkan pada form newsletter.

Sebagai contoh nya yaitu shortcode [mc4wp_form id=16] yang akan menampilkan file email dan dapat Anda terapkan di halaman manapun dengan cara menambahkan shortcode tersebut ke halaman atau widget sesuai dengan kebutuhan.

New custom form

Step 5. Menampilkan form Subscriber

Setelah form newsletter email subscribtions dibuat, Anda dapat menampilkannya baik itu melalui halaman registrasi, widget, footer atau melalui halaman lain sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan alamat email pengunjung yang berminat

Menampilkan form di halaman register

Setelah Anda mengaktifkan fitur Registration Form di plugin MC4WP, agar halaman register dapat secara otomatis mendapatkan alamat email pengunjung ketika melakukan pendaftaran, Anda perlu mengaktifkan fitur membership yang ada pada wordpress. Untuk mengaktifkannya ada di menu Settings > General > aktifkan / ceklis bagian Membership, lalu scroll ke bawah dan simpan.

membership wordpress

Sehingga semua orang dapat melakukan registrasi melalui halaman /wp-admin. Registrasi melalui halaman wp-admin akan mengirimkan email ke pelanggan sebagai konfirmasi, sehingga Anda perlu membuat email hosting terlebih dahulu. Berikut panduan cara membuat email hosting : Cara Membuat Email di cPanel.

Setelah membuat email hosting, Anda perlu mengkonfigurasi SMTP Mail pada website wordpress Anda dan pastikan pengetesan email berfungsi dengan baik. Berikut panduan cara konfigurasi SMTP Mail di WordPress : Setting Plugin SMTP WordPress Untuk Pengiriman Email.

Setelah Anda membuat email hosting dan konfigurasi SMTP Email, Anda dapat melakukan pengetesan dengan mengakses url domainAnda.com/wp-admin kemudian pilih register. Setelah itu akan menampilkan pilihan untuk berlangganan dengan newsletter email.

Registration form

Menampilkan custom form di halaman manapun

Alternatif lainnya, Anda dapat menambahkan form newsletter email di halaman manapun, seperti di bagian footer, widget, popup, atau di halaman tertentu yang sekiranya pengunjung dapat melihat form berlangganan newsletter email.

Untuk menampilkannya, pada konfigurasi sebelumnya di menu MC4WP > Form, Anda akan mendapatkan shortcode [mc4wp_form id=16]. Selanjutnya, shortcode tersebut dapat ditambahkan di halaman pages, widget, popup, footer, atau sesuai dengan keinginan Anda.

Sebagai contoh akan menambahkan di halaman newsletter dengan menambahkan shortcode [mc4wp_form id=16].

New Page Newsletter

dan ketika diakses akan menampilkan form yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Page Form

selain itu, Anda dapat menambahkan shortcode nya melalui widget sehingga dapat ditampilkan pada footer atau popup yang telah anda konfigurasi pada website WordPress Anda.

footer form

Step 6. Testing register akun

Tahap selanjutnya, yaitu melakukan testing pendaftaran akun di halaman register, Anda dapat mengakses halaman register di url domainanda.com/wp-admin lalu pilih register. Kemudian isi alamat email pelanggan dan klik register.

Register sebagai pelanggan

setelah registrasi selesai, cek email Anda / sebagai pelanggan kemudian klik url yang ada pada email masuk untuk melanjutkan proses registrasinya. Anda juga dapat memeriksa di folder spam jika tidak masuk ke folder inbox dan menandainya sebagai bukan spam jika masuk ke folder spam pada email.

new registration

Setelah link dari email diklik, Anda / sebagai pelanggan akan diarahkan untuk membuat password. Lengkapi password yang dibuthkan dan selesai, kini Anda / sebagai pelanggan telah terdaftar di website dan juga daftar newsletter email.

Step 7. Mendapatkan data email pelanggan

Halaman pendaftaran / register dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan data alamat email pelanggan dengan mudah karena pada halaman register memerlukan alamat email aktif.

Setelah melakukan pendaftaran / registrasi melalui website, Anda dapat melihat daftar pelanggan Anda di dashboard wp-admin dengan user sebagai admin.

Account Email

Karena sebelumnya sudah dikonfigurasi agar terdaftar berlanggan newsletter email, Anda dapat memeriksanya di dashboard mailchimp karena secara otomatis data email pelanggan Anda akan ter-sync dengan akun mailchimp Anda, untuk memeriksanya ada di menu dashboard mailchimp > all contact

All Contact Mailchimp

Step 8. Membuat newsletter email atau campaign

Setelah mendapatkan data email pelanggan baik itu melalui halaman register atau melalui form lainnya, kini saatnya membuat newsletter menggunakan fitur campaign yang ada di mailchimp.

Melalui fitur ini, Anda dapat membuat berbagai macam konten, informasi, atau keperluan strategi digital marketing. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara menyusun newsletter email, Anda dapat mengunjungi link berikut : Menyusun Email Newsletter Yang Menarik

Membuat campaign

Fitur utama yang disediakan oleh MailChimp adalah Campaigns. Untuk membuat dan mengkonfigurasinya, di dashboard mailchimp pilih Campaign kemudian pilih Create new atau Create a campaigns.

new campaigns

Memilih jenis campaign

Selanjutnya pilih jenis campaign yang akan Anda gunakan. Karena membahas mengenai newsletter email maka pilih Design Email atau Anda dapat menggunakan fitur lain sesuai dengan kebutuhan Anda

memilih jenis campaigns

Setting pengiriman email

Tahap selanjutnya, akan diarahkan ke halaman pengaturan pengiriman, Anda dapat menyesuaikannya pada halaman ini.

Setting pengiriman email
  • To merupakan daftar penerima newsletter email yang sudah berlangganan atau terdaftar di website
  • From merupakan email pengirim dari mailchimp yang sudah terdaftar.
  • Subject merupakan subject email, agar lebih menarik pembaca Anda dapat merubahnya dengan cara klik edit
  • Send time merupakan fitur yang dapat mengirim email dalam waktu tertentu
  • Content merupakan fitur edit layout yang ada pada body email agar lebih menarik. untuk merubahnya dapat klik bagian design email, di sana akan disediakan template email menarik yang dapat Anda gunakan.

Membuat template email

Agar newsletter email lebih menarik, untuk membuat template email dapat melalui Design Email pada menu content diatas. Anda dapat membuat template dari awal dengan klik bagian start from scratch atau menggunakan template yang sudah ada dengan cara klik apply. Sebagai contoh, kami akan menggunakan template email yang sudah ada, kemudian klik Apply.

Template email

Tahap selanjutnya Anda dapat mengedit template yang dipilih, untuk mengeditnya cukup mudah karena hanya drag and drop sesuai konten yang sudah ada. Jika sudah selesai, klik tombol preview jika ingin melihatnya dahulu atau klik tombol save and exit untuk menyimpan template yang sudah dibuat.

Desain template email

Testing newsletter email

Tahap selanjutnya, setelah selesai setting template email dan sudah siap untuk dikirim, Anda dapat melakukan pengecekan kembali dan pastikan seluruh konfigurasinya sudah selesai dan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, jika sudah, Klik tombol send a test email jika ingin dikirimkan ke email testing milik Anda, atau jika sudah selesai, dapat klik tombol send.

Testing pengiriman email

Setelah klik tombol send, maka muncul popup konfirmasi yang akan mengirimkan ke daftar email yang Anda dapatkan, kemudian jika sudah sesuai klik Send Now.

pengiriman email

Dan selesai, email newsletter Anda telah dikirimkan ke pelanggan terdaftar pada website Anda. Pada halaman dashboard mailchimp, Anda dapat melihat detail perubahan atau konfigurasi yang telah Anda buat dan juga memiliki fitur lain seperti laporan / report, analytics, audiens, dll. Anda dapat mencoba satu persatu fitur tersebut.

email terkirim

Jika sudah selesai, kemudian, dari sisi pelanggan Anda dapat memeriksa Newsletter Email yang telah Anda konfigurasi sebelumnya dan email sudah terkirim ke email pelanggan Anda, contohnya seperti screenshot di bawah ini.

newsletter email mailchimp

Dan sudah selesai cara membuat newsletter email subscription pada website WordPress Anda.

Kesimpulan

Newsletter email adalah salah satu strategi marketing yang berfungsi agar Anda dan pelanggan atau calon pelanggan dapat saling terhubung dan berinteraksi. Strategi email newsletter dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan atau target audiens Anda.

Demikian artikel kami tentang cara membuat newsletter email subscription di WordPress, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Dito Priwanto