Rumahweb Journal
Banner - Plugin Akismet

Plugin Akismet : Pengertian, Fungsi dan Cara Settingnya

Akismet Anti-Spam adalah salah satu plugin WordPress yang dirancang untuk melakukan filter terhadap SPAM pada website. Bagaimana cara kerjanya dan pengaturannya di WordPress? Pada artikel ini, kami akan memberikan review plugin Akismet untuk Anda.

Kolom komentar pada website dapat digunakan sebagai media komunikasi hingga wadah diskusi dari pengunjung ke pengunjung lain, atau dari pengunjung ke pemilik website. Namun, terkadang kolom komentar dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti melakukan spamming.

Selain itu, kolom komentar yang terisi SPAM seringkali menyertakan link yang tidak pantas dan berpotensi berbahaya. Link tersebut bisa berupa phishing atau malware yang dapat mengakibatkan infeksi virus pada device pengunjung website Anda.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, WordPress menambahkan sebuah plugin untuk memfilter kolom komentar serta memblokir spam yang masuk. Plugin tersebut adalah plugin Akismet.

Apa itu Plugin Akismet Anti-Spam?

Plugin Akismet Anti-Spam adalah plugin yang sangat bermanfaat bermanfaat untuk menyaring SPAM secara otomatis dengan menghapus komentar atau formulir yang dianggap sebagai upaya spam secara langsung.

Meskipun gratis, plugin ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dapat membantu mengurangi jumlah SPAM pada kolom komentar atau formulir. Jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap, tersedia juga opsi untuk melakukan upgrade ke versi premium.

Fitur Plugin Akismet Anti-Spam

Plugin ini dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk mencegah serta menyaring SPAM. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda gunakan:

  • Filter Spam Otomatis: Plugin ini secara otomatis menyaring dan menghapus komentar atau formulir yang dianggap sebagai spam secara real-time.
  • Analisis Real-time: Akismet melakukan analisis real-time terhadap konten yang masuk untuk mengidentifikasi potensi spam.
  • Proteksi Terhadap Phishing: Plugin ini membantu melindungi website dari tautan phising yang dapat menyesatkan pengunjung.
  • Penggunaan Sebagai Firewall: Akismet dapat berfungsi sebagai firewall untuk melindungi website dari serangan spam dan konten berbahaya.
  • Integrasi dengan WordPress: Sangat terintegrasi dengan platform WordPress, membuatnya mudah digunakan dan dikelola.
  • Statistik Spam: Memberikan statistik terkait jumlah dan jenis spam.
  • Keamanan Formulir: Melindungi formulir website dari pengisian spam dan serangan serupa.
  • Blokir URL Berbahaya: Mampu mengidentifikasi dan memblokir URL yang dianggap berbahaya atau mencurigakan.

Plugin ini secara otomatis tersedia ketika Anda selesai melakukan install WordPress. Selengkapnya tentang plugin ini bisa Anda baca juga di halaman berikut.

Cara Install Plugin Akismet Anti-Spam

Secara default, plugin ini telah terinstall secara otomatis ketika Anda melakukan instalasi WordPress. Namun, jika sebelumnya plugin Akismet telah Anda hapus namun ingin menggunakannya kembali, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Step 1. Install Plugin Akismet

  1. Login ke dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih menu Plugins > Add new.
  3. Klik tombol install, lalu aktifkan pluginnya.
Install Plugin Akismet

Step 2. Register ke worpdress.com

Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi ke wordpress.com. Registrasi perlu dilakukan, agar website WordPress Anda terhubung dengan wordpress.com. Bagi Anda yang telah memiliki akun, silahkan untuk melakukan login.

Wordpress.com

Informasi lebih lengkap mengenai perbedaan WordPress.org dan WordPress.com bisa Anda baca melalui artikel : Apa Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Step 3. Setting Akismet

Setelah terdaftar di WordPress.com, langkah selanjutnya kembali ke dashboard WordPress Anda untuk melakukan setting pluginnya. Klik menu Akismet Anti-spam, lalu klik tombol set up you akismet account seperti gambar berikut.

Setup Akismet

Langkah selanjutnya, Anda perlu mendapatkan Api Key dari Akismet melalui wordpress.com. Jika Anda sudah terdaftar dan memiliki Api Key-nya, maka Anda dapat memilih Manually enter Api Key pada plugin Akismet.

Step 4. Memilih Fitur Akismet

Langkah selanjutnya setelah klik tombol set up you akismet account, Anda akan diarahkan ke halaman order Akismet Anti Spam. Lalu, pilihlah paket yang ingin Anda gunakan.

Untuk website personal, Anda bisa menggunakan type personal yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih langkap, Anda bisa menggunakan paket berbayar yang lainnya.

Pricing

Step 5. Order Layanan Akismet

Setelah memilih paket Personal, Anda akan diarahkan ke halaman berlangganan Akismet. Secara default, akan muncul tagihan yang akan dikenakan oleh Akismet, namun Anda bisa menggeser ke arah kiri hingga tagihan berubah menjadi 0 atau gratis seperti gambar berikut.

Personal Price

Jika Anda ingin mendukung pengembangan plugin Akismet agar menjadi lebih baik, Anda dapat menggunakan versi berbayar.

Selanjutnya, ceklis bagian verifikasi yang akan digunakan sebagai non komersial, seperti :

  • Tidak menggunakan layanan ads / iklan pada website,
  • Tidak ada layanan jual beli pada website, dan
  • Serta tidak ada aktifitas promosi bisnis / perusahaan pada website,

Setelah di ceklis seperti gambar di bawah ini, lalu klik Continue with personal subscription.

Non Commercial Use

Step 6. Menyelesaikan pesanan Layanan Akismet

Setelah klik Continue with personal subscription, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran / checkout. Namun tidak perlu kuatir, karena sebelumnya sudah di set menjadi 0 rupiah sehingga tidak dikenakan biaya sama sekali.

Lengkapi negara yang Anda saat ini tinggal, jika berada di Indonesia, pilih Indonesia dan juga tambahkan kodepos sesuai dengan tempat tinggal Anda. Kemudian klik tombol Lanjutkan ke pembayaran.

Akisnet Checkout

Setelah klik tombol Lanjutkan ke pembayaran, secara otomatis akan muncul pilihan metode pembayaran, kemudian klik tombol Selesaikan Checkout.

Step 7. Mendapatkan API Key Akismet

Setelah menyelesaikan proses Checkout, anda dapat menunggu hingga sistem mengarahkan Anda ke situs Akismet. Di halaman Akismet tersebut, Anda akan mendapatkan kode API Key dari Akismet yang telah Anda order sebelumnya.

Silahkan copy API Key yang Anda dapatkan, untuk melanjutkan setting plugin Akismet pada website Anda melalui Dashboard.

Akismet API Key

Step 8. Menambahkan API Key

Setelah mendapatkan kode API Key yang telah di order sebelumnya, kembali ke halaman dashboard wp-admin lalu pilih menu Settings > Akismet Anti-spam, lalu klik link Manually enter an API key.

Enter Akismet API Key

Silahkan paste API Key yang sudah Anda dapatkan pada kolom “Enter your API Key”, lalu klik tombol Connect with API Key.

Enter Akismet API Key

Jika kode API Key valid, selanjutnya Anda dapat melakukan setting plugin Akismet Anti Spam sesuai dengan kebutuhan.

Akismet Settings

Sampai tahap ini, proses setting plugin Akismet telah selesai dan website Anda telah terlindungi dari komentar SPAM dengan plugin Akismet Anti Spam.

Kesimpulan

Akismet Anti Spam adalah plugin yang dirancang untuk melindungi website berbasis WordPress dari bahaya SPAM komentar. Meskipun gratis, plugin Akismet sangat efektif serta memiliki fitur yang mumpuni untuk memfilter website dari bahaya SPAM komentar pada artikel maupun halaman yang memiliki form di dalamnya.

Demikian artikel kami tentang plugin Akismet, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Dito Priwanto