Rumahweb Journal
Cara Membuat Live Chat pada Website

Cara Membuat Live Chat pada Website

Saat ini fitur live chat telah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan pada website. Terlebih bagi website-website yang bergerak dibidang jasa atau toko online, live chat menjadi sarana paling penting untuk membangun komunikasi. Karena itu, kami akan berbagi cara membuat live chat pada Website dengan mudah.

Aplikasi Live Chat Gratis

Ada banyak fitur live chat yang bisa digunakan secara gratis. Seperti aplikasi dari tawk.to, Crisp, FreeChat, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa aplikasi live chat yang bisa Anda gunakan secara gratis.

1. Tawkto

Tawk.to adalah aplikasi live chat langsung yang dapat membantu Anda untuk memonitor dan mengobrol dengan pengunjung situas anda secara gratis. Anda bisa mengunjungi website berikut untuk informasi lebih lengkap: tawk.to

Untuk menggunakan fitur live chat di tawk.to, Anda cukup melakukan registrasi, get live chat code, lalu tempel kode pada website Anda. Bagi Anda pengguna weebly, pelajari cara membuat livechat di tawk.to melalui artikel berikut : Cara Membuat live chat Pada Weebly dengan Tawk.to

2. Crisp

Crisp adalah salah satu aplikasi live chat yang saat ini cukup banyak digunakan pada Website. Crips menyediakan Basic Plan yang dapat Anda dapatkan secara Gratis! Crisp banyak digunakan karena fitur yang terbilang cukup lengkap, dan dapat di integrasikan dengan Shopify walau pada Plan Basic sekalipun. Untuk lebih detailnya Anda dapat mengunjungi halaman Website Crisp.

3. Chatra

Alternatif penyedia LiveChat yang dapat Anda gunakan selain Crisp, dan Tawk.to adalah Chatra. Chatra adalah salah satu platform Live Chat yang dapat Anda gunakan secara Gratis tanpa perlu memikirkan biaya Bulanan.

Fitur yang diberikan Chatra juga cukup lengkap seperti integrasi ke beberapa CMS, Unlimited Concurent Chat, History Conversation, dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik Mencobanya?

Cara membuat live chat dengan Tawk.to

Setelah mengetahui beberapa Live Chat yang dapat digunakan pada Website Anda, pada panduan kali ini Rumahweb akan menjelaskan bagaimana cara membuat Live Chat menggunakan Tawk.to. Berikut tahapannya,

Step 1. Registrasi Tawk.to

  1. Kunjugi halaman Website Tawk.to dan klik tombol Sign Up Free untuk mendaftar.
cara membuat live chat dengan tawk.to
  1. Isi Informasi yang dibutuhkan seperti Nama, Email, dan Password
Mengisi Informasi akun
  1. Selanjutnya Akan tampil Pemilihan Bahasa, silahkan Anda pilih Indonesia.
Memilh Bahasa Tawk.to
  1. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi Website. Silahkan Anda isi Nama Website, URL Website, dan juga Nama Widget yang akan dibuat.
Membuat Widget livechat
  1. Setelah melengkapi informasi yang dibutuhkan, Anda akan mendapatkan Informasi Code Widget yang dapat di install pada Website.
Kode Widget Tawk.to
  1. Berikut Tampilan Dashboard Tawk.to
Halaman Dashboard Tawk.to
  1. Untuk melakukan pengaturan Widget yang telah dibuat di Tawk.to, dapat dilakukan melalui menu Widget Obrolan seperti gambar berikut,
Pengaturan Widget di Tawk.to

Step 2. Install Tawk.to ke Website WordPress

Setelah selesai mendaftarkan Akun ke Tawk.to, Berikut tahapan untuk integrasi atau Install Tawk.to ke WordPress.

  1. Login ke Dashboard WordPress
  2. Install Plugin Tawk.to Live Chat seperti gambar berikut,
Install Plugin Tawk.to Live Chat WordPress
  1. Setelah berhasil install, dan Aktifkan Pluginnya. Selanjutnya silahkan Anda Login menggunakan Akun yang sebelumnya sudah dibuat.
Login Tawk.to di WordPress
  1. Setelah login Anda akan diminta memilih Widget yang akan digunakan. Silahkan pilih Widget yang sebelumnya sudah dibuat, dan klik Use Selected Widget.
Memilih Widget Tawk.to
  1. Jika berhasil akan tampil Notifikasi Successfully. Lalu klik Save Changes untuk menyimpan.
Save pilihan Widget Tawk.to
  1. Agar Widget Live Chat tampil di semua halaman Website, pastikan Anda mengaktifkan Always Show Tawk.to widget on Every Page seperti gambar berikut,
Menampilkan Live Chat Tawk.to di setiap halaman WordPress
  1. Setelah itu silahkan coba akses ke Website, dan akan tampil popup Live Chat.
Tampilan Live Chat Tawk.to

Demikian tutorial kami tentang Cara membuat livechat pada Website. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.4 / 5. Vote count: 18

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rudiharto

Halo! Saya Rudi, bekerja di Rumahweb sebagai Technical Support. Saya menyukai WordPress, SitePro, Blogspot, dan rutin menulis tutorial. Saya akan membantu Anda membuat beberapa hal teknis mudah dipahami :)