Rumahweb Journal
Banner - Cara Membuat Blog di Weebly Builder

Cara Membuat Blog di Weebly Builder

Dapatkah saya membuat berita atau artikel di Weebly? Pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna Weebly di Rumahweb. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat blog di Weebly.

Weebly Blog

Blog adalah salah satu fitur dari Weebly yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat artikel berita pada website berbasis Weebly. Seperti Blog pada umumnya, halaman ini bisa anda manfaatkan untuk membuat artikel berita, informasi promo hingga tips dan trik penggunaan layanan pada website Anda.

Selain itu, adanya Blog juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah index pencarian di search engine. Selain dari halaman utama, diharapkan Anda mendapatkan organic search melalui halaman Blog.

Lalu, bagaimana cara membuat blog di Weebly? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Membuat blog di Weebly

Untuk mengaktifkan halaman Blog di Weebly sangat Mudah. Ikuti langkah-langkah berikut, untuk membuat Blog Weebly di Website Anda.

  1. Silahkan login ke halaman clientzone.
  2. Klik menu Website > Manage > Klik login to Weebly.
  3. Setelah di halaman panel editor, silahkan klik menu Pages > pilih Blog page seperti gambar berikut.
Membuat blog di weebly builder Rumahweb langkah pertama
  1. Untuk memulai menuliskan artikel, klik menu New Post di pojok kiri bawah.
cara Membuat blog di weebly builder langkah kedua
  1. Isi artikel sesuai dengan keinginan Anda. Gunakan fitur yang ada di halaman panel sebelah kiri. Untuk menggunakannya, cukup klik lalu tarik ke halaman kerjanya. Mudah sekali bukan?
Mengisi halaman blog website builder langkah ketiga
  1. Selain bisa memasukkan fitur post di halaman kerja, Anda juga bisa mengatur artikel yang dibuat dengan fitur Post Option. Di menu tersebut, Anda bisa menambahkan atau menyembunyikan comment atau bisa mengatur category yang ingin dibuat.
setting post option pada website builder langkah ke empat
  1. Jangan lupa klik tombol Post yang ada di pojok kanan atas, untuk mempublish artikel yang  Anda buat.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah menu Blog Setting. Menu ini berfungsi mengatur jumlah artikel atau post, mengaktifkan tombol social media hingga pengaturan sidebarnya.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis
Cara setting blog pada website builder Rumahweb step ke lima

Mudah sekali bukan untuk membuat Blog di Weebly? Nah, selanjutnya bagaimana cara menampilkan Blog di home page website kita? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga artikel: Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula

Menambahkan Blog di Homepage

Untuk menambahkan blog di homepage, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu membuat berita secara manual atau melalui Feed Reader.

Cara 1. Secara Manual

Anda bisa menambahkan section baru dihalaman Home, lalu pilih Add Layout > Featured > lalu pilih feature seperti screenshot berikut :

Secara Manual

Nantinya Anda bisa melakukan edit secara manual, dengan mengganti gambar, judul serta menambahkan tombol yang bisa diarahkan ke halaman blog tujuan.

Cara ini kurang efektif, apabila Anda membuat banyak berita di blog. Karena Anda harus melakukan edit di halaman homepage, untuk mengupdate artikel terbaru.

Cara 2. Feed Reader

Anda bisa memanfaatkan Feed Reader, untuk menambahkan blog dalam homepage Weebly. Caranya, tinggal seret button ‘Feed reader’ ke halaman home yang Anda inginkan, lalu update link RSS Feed ke Blog yang Anda buat.

Feed Reader

Cara ini lebih efektif digunakan, jika Anda membuat banyak artikel di blog. Secara otomatis artikel akan update dihalaman home page. Namun kekurangannya adalah tampilannya kurang menarik.

Demikian artikel kami tentang cara membuat blog di Weebly. Apabila temui kendala atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi support Rumahweb agar dapat dibantu lakukan pengecekan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.