Rumahweb Journal
banner - Cara Login cPanel melalui WHM

Cara Login cPanel melalui WHM

Bagi Anda yang berlangganan VPS dengan lisensi cPanel, Anda bisa login cPanel melalui WHM. Cara ini bisa Anda gunakan, apabila Anda mengelola banyak akun cPanel dalam satu VPS. Proses login cPanel akan lebih cepat, karena Anda tidak perlu mengisi username dan password. Cukup klik logo cPanel, Anda bisa login ke beberapa akun cPanel dengan sangat mudah.

Apa itu WHM?

WHM (WebHost Manager) adalah control panel yang diberikan diserver VPS (Virtual Private Server) untuk mempermudah Server Administrator ataupun Reseller dalam mengatur account hosting pada webserver.

Akses ke WHM bisa anda dapatkan apabila ada menggunakan VPS+cPanel. Bila server VPS yang Anda order saat ini belum menggunakan cPanel, Anda bisa melakukan pemesanan cPanel di Rumahweb. Anda bisa cek paket VPS nya di halaman Paket VPS Rumahweb Indonesia.

Jika Anda berlangganan VPS dengan lisensi cPanel, maka Anda bisa membuat account cPanel sendiri melalui WHM. Account cPanel ini sama seperti halnya Anda melakukan pemesanan shared hosting.

WHM memungkinkan Anda untuk membuat, menghapus dan menangguhkan (suspend) akun cPanel. Dengan kontrol sepenuhnya atas backend cPanel, WHM memiliki banyak manfaat lainnya untuk Virtual Private Server dan Dedicated Server.

Kelebihan Kelola VPS dengan cPanel

Berikut beberapa kelebihan dan manfaat kelola VPS dengan lisensi cPanel:

  • WHM memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengelola sertifikat SSL dengan mudah.
  • Memungkinkan penugasan dan whitelisting dari alamat IP.
  • Dengan WHM, seseorang bisa mendapatkan akses ke semua akun di dalamnya. Selain itu juga memungkinkan seseorang mengubah kepemilikan akun jika akun dijual atau dihapus.
  • Klien dapat menerima  newsletter, update dan upgrade kesepakatan melalui WHM.
  • Memantau status server dan sumber daya
  • Secara keseluruhan, WHM memangkas waktu yang dihabiskan untuk administrasi server dan fokus pada pengelolaan kebutuhan pelanggan.

Cara Login cPanel melalui WHM

Untuk akses cPanel melalui WHM caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti Langkah berikut :

1. Silahkan Anda login dulu ke account WHM melalui alamat https://ipvpsanda:2087 menggunakan username dan password VPS Anda.

Login ke cPanel melalui WHM pada VPS cPanel step 1
  1. Pada kolom pencarian, ketikkan list account lalu klik menu list account. Pada halaman ini, akan terlihat account cPanel yang telah Anda Crate sebelumnya. Untuk login ke cPanelnya, tinggal klik logo cPanel pada daftar account cPanel Anda.
Login ke cPanel melalui WHM pada VPS cPanel step 2
  1. Setelah klik logo tersebut, akan terbuka tab baru untuk kelola akun cPanel yang Anda pilih.

Login cPanel dari WHM ini bisa Anda gunakan, bila Anda mengelola banyak akun cPanel. Selain prosesnya lebih cepat, Anda tidak perlu mengisi username dan password loginnya.

Demikian panduan login cPanel via WHM VPS dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Tukang komputer