Rumahweb Journal
Banner - Cara Install Roundcube di cPanel Hosting

Cara Install Roundcube di cPanel Hosting

Secara default, cPanel telah menyertakan Roundcube sebagai default aplikasi untuk mengelola email di hosting. Namun tahukah Anda bahwa Roundcube bisa diinstall secara manual di cPanel? Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install Roundcube di cPanel.

Sebelum membahas cara install Roundcube di cPanel, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Roundcube beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Roundcube?

Roundcube adalah sebuah aplikasi webmail yang menyediakan user interface berbasis web untuk mengakses dan mengelola email melalui browser. Aplikasi Roundcube dikembangkan menggunakan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript, serta menggunakan metode berbasis IMAP yang memanfaatkan teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript and XML).

Roundcube memiliki fitur seperti membaca, menulis, mengirim, meneruskan, dan menghapus email. Aplikasi Roundcube memiliki tampilan yang intuitif dan user friendly, dengan dukungan untuk pengaturan email, penyusunan pesan dengan pemformatan teks, pengelolaan folder, fitur pencarian, filter email, daftar kontak, dan lain-lain.

Roundcube menjadi aplikasi webmail default yang saat ini digunakan oleh cPanel. Karenanya jika Anda memesan salah satu layanan dari Shared, Unlimited maupun cloud hosting, Anda tidak lagi perlu menginstall aplikasi Roundcube secara mandiri untuk mengelola email.

Namun ada beberapa user yang ingin menginstall aplikasi Roundcube melalui Softaculous, agar dapat melakukan custom logo pada saat login ke webmail. Sebelum memutuskan untuk melakukan install Roundcube, terlebih dahulu simak kelebihan dan kekurangan aplikasi Roundcube di cPanel berikut.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Kelebihan dan Kekurangan Install Roundcube di cPanel

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan install aplikasi Roundcube di cPanel melalui softaculous.

Kelebihan

  1. Versi Terbaru
    Jika Anda menggunakan Roundcube bawaan dari cPanel, maka versi Roundcube yang digunakan sesuai dengan update dari sisi cPanel. Namun dengan install Roundcube secara mandiri, anda bisa menggunakan versi terbaru dari Roundcube .
  2. Custom Link
    Secara default, Roundcube bawaan dari cPanel dapat diakses melalui webmail.namadomain atau namadomain/webmail. Namun jika Anda install Roundcube secara mandiri, Anda dapat membuat subdomain sesuai keinginan dan menginstall Roundcube pada subdomain tersebut.
  3. Custom Logo
    Salah satu kelebihan lainnya adalah dapat mengubah logo Roundcube menjadi logo perusahaan Anda sendiri. Sehingga aplikasi Roundcube Anda dapat terlihat lebih profesional dan menarik.

    Selengkapnya tentang Custom logo bisa Anda baca pada artikel berikut.

Kekurangan

Ada beberapa kekurangan jika Anda ingin menginstall Roundcube secara mandiri, seperti;

  1. Install aplikasi Roundcube akan dirasa kurang praktis, jika Roundcube bawan dari cPanel sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda untuk mengelola email melalui webmail.
  2. Installasi Roundcube menggunakan disk space hosting. Hal ini otomatis membuat penggunaan space akan bertambah.
  3. Potensi Risiko Keamanan: Menginstal Roundcube secara mandiri di cPanel juga berarti Anda harus lebih aware terhadap ancaman keamanan seperti malware, SPAM hingga DDoS.
  4. Keterbatasan Integrasi cPanel: Roundcube yang diinstal sendiri di cPanel mungkin tidak sepenuhnya terintegrasi dengan fitur cPanel lainnya, seperti Imunify, SPAM filters hingga fitur keamanan.

Cara Install Roundcube di Hosting

Berikut ini cara install Roundcube di cPanel Hosting melalui menu Softaculous.

  1. Login ke cPanel Hosting Anda.
  2. Klik menu Softaculous Apps Installer. Pada kolom search, cari roundcube. Klik Roundcube untuk masuk ke form installasi.
Cara Install Roundcube di Hosting
  1. Klik install untuk memulai proses installasi. Isi form installasi sesuai dengan keperluan. Kolom installation URL, silahkan diisikan sesuai dengan alamat URL yang nantinya akan digunakan untuk login.
Pilih subdomain

Pada bagian IMAP Setting, silahkan input konfigurasi IMAP berikut:

  • Server Address, silahkan diisi dengan nama domain yang akan digunakan pada emailnya, misalnya emailnya akan menggunakan [email protected] maka bagian server address dapat diinputkan namadomainku.com. Alternatif lainnya, dapat diisikan dengan hostname server yang digunakan, misal servername.iixcp.rumahweb.com
  • Connection Type: SSL
  • IMAP Port: 993
Site Setting

Pada bagian SMTP Setting, silahkan input konfigurasi SMTP

  • Server Address sama seperti di konfigurasi IMAP, silahkan diinput dengan nama domain yang akan digunakan pada emailnya, misalnya emailnya akan menggunakan [email protected] maka bagian server address dapat diinputkan namadomainku.com. Alternatif lainnya, dapat diisikan dengan hostname server yang digunakan, misal servername.iixcp.rumahweb.com
  • Connection Type: SSL
  • SMTP Port: 587
SMTP settings
  1. Kolom Email installation details to, silahkan diinputkan alamat email Anda yang digunakan untuk menerima detail installasi. Dapat diisikan email personal, misal menggunakan email gmail, yahoo, dll. Setelah itu klik install untuk menjalankan proses installasi Roundcube.
  2. Bila installasi berhasil maka akan muncul pesan installasi sukses, “Congratulations, the software was installed successfully”.

Cara Login ke Roundcube

Silahkan akses URL subdomain yang Anda pilih untuk instalasi roundcube di cPanel. Jika installasi berhasil, tampilan login roundcube akan muncul seperti gambar berikut.

Tampilan login Roundcube

Silahkan login menggunakan alamat email dan passwordnya, sesuai email yang Anda buat di cPanel. Apabila sudah berhasil login, kemudian silahkan coba untuk kirim dan terima email untuk memastikan setting IMAP dan SMTP berfungsi dengan baik.

Contoh tampilan roundcube setelah login

Demikian cara install Rouncube di cPanel Hosting, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.