Rumahweb Journal

Cara Install MySQL Server di VPS Centos 7

Pada panduan ini, kami akan berbagi cara install MySQL Server di VPS CentOS. Kami menggunakan layanan VPS KVM Rumahweb untuk mendemokan panduan instalasi ini.

Seiring kemajuan teknologi informasi, situs maupun aplikasi website mengalami perkembangan yang semakin kompleks. Hampir segala kegiatan saat ini bisa dijalankan dan diakomodasi secara online melalui antar muka web. Untuk menunjang development situs atau aplikasi web yang semakin kompleks, dibutuhkan infrastruktur server yang mumpuni dan reliable.

Mengenal Layanan VPS Server Rumahweb

Untuk menunjang kebutuhan development situs yang semakin kompleks, Rumahweb Indonesia menawarkan beberapa layanan paling mutakhir dan beragam. Salah satu layanan terbaru yang ditawarkan Rumahweb adalah Layanan VPS / Cloud Server.

Layanan tersebut dibangun menggunakan teknologi virtualisasi KVM, yang memungkinkan pengguna untuk memiliki sebuah server dengan akses dedicated resource. Dengan teknologi KVM, pengguna bisa melakukan optimasi server sesuai dengan kebutuhan yang spesifik, seperti update atau menginstal custom kernel.

Mengapa Menggunakan OS Linux Centos 7

Layanan VPS Server Rumahweb menawarkan pilihan sistem operasi yang beragam, mulai dari Linux Centos, Linux Ubuntu, Linux Debian hingga Windows Server. Dari beberapa pilihan tersebut, Centos 7 saat ini masih menjadi salah satu pilihan OS terfavorit, karena beberapa alasan.

Meskipun usia Centos 7 sudah tergolong lama, akan tetapi masih banyak pengguna yang memilihnya, karena merupakan versi Centos terakhir yang saat ini masih aktif dan masih didukung oleh cPanel.

Karena usianya yang sudah tergolong lama, untuk proses instalasi paket tertentu memerlukan langkah tersendiri yang harus dijalankan. Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas cara install MySQL server pada VPS Centos 7.

Install MySQL Server di Centos 7

1. Instalasi Wget

Untuk menginstal MySQL Server di Centos 7, memerlukan wget untuk mengunduh file repository paket MySQL Server. Pastikan wget sudah terinstal di VPS Anda dengan menjalankan perintah berikut:

# yum install wget

2. Mengunduh dan Menginstal File Repository

Unduh file installer repository MySQL Server dengan menjalankan perintah berikut:

# wget https://dev.mysql.com/get/mysql80-community-release-el7-3.noarch.rpm
# rpm -ivh mysql80-community-release-el7-3.noarch.rpm
Mengunduh dan Menginstal File Repository

3. Mengedit Repository

Supaya repository MySQL server bisa dijalankan dengan baik, memerlukan sedikit konfigurasi. Jalankan perintah berikut:

# nano /etc/yum.repos.d/mysql-community.repo

Setelah terbuka, cari baris yang diawali tulisan [mySQL80-community], kemudian pada baris gpgcheck=1 ubah menjadi gpgcheck=0

Simpan file dengan cara menekan tombol Ctrl+X, ketik Y, lalu tekan tombol Enter.

Mengedit Repository

4. Menginstal MySQL Server

Setelah mengonfigurasi repository, langkah selanjutnya adalah instalasi paket MySQL Server. Untuk menginstal MySQL Server, jalankan perintah berikut:

# yum install mysql-server

Apabila ada konfirmasi, ketik Y lalu tekan Enter. Tunggu proses instalasi selesai.

Menginstal MySQL Server
install mysql server di centos 7

5. Menjalankan MySQL Server

Setelah proses instalasi selesai, MySQL Server bisa diakftifkan dengan menjalankan perintah berikut:

# systemctl start mysqld

Untuk mengetahui status MySQL Server yang sudah berhasil diinstal dan diaktifkan, jalankan perintah berikut:

# systemctl status mysqld
Menjalankan MySQL Server

Penutup

VPS Server dan Centos telah menjadi salah satu kombinasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna untuk membuat sebuah infrastruktur web server yang reliable. Meskipun Centos 7 akan memasuki masa end-of-life (EOL), sampai saat ini masih banyak pengguna yang menjadikannya sebagai basis sistem untuk menjalankan situs atau aplikasi web milik mereka.

Layanan VPS Rumahweb dengan teknologi KVM bisa menjadi infratruktur yang dapat Anda andalkan untuk menjalankan sebuah sistem berbasis Centos 7 dan database MySQL Server.

Demikian artikel panduan cara install MySQL server di VPS Centos 7, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.