Rumahweb Journal
Install-cPanel-di-VPS-Alibaba-Cloud

Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Seperti yang telah kita ketahui bersama, cPanel adalah salah satu control panel yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam mengelola server. Dengan cPanel, semua hal yang anda butuhkan untuk mengelola server telah tersedia. Karenanya, pada panduan ini kami akan berbagi cara install cPanel di VPS.

Sebelum memulai cara install cPanel di VPS, yuk kita kenalan terlebih dahulu apa itu cPanel dan langkah-langkah dalam proses instalasinya di VPS.

Apa itu cPanel?

cPanel adalah salah satu control panel yang dapat digunakan untuk mengelola VPS hingga digunakan oleh banyak provider hosting untuk kelola layanan shared hosting. Segala kebutuhan anda untuk mengelola website, semua telah disediakan oleh cPanel seperti fitur Web server, Mail server hingga security.

Detail informasi apa itu cPanel beserta kekurangan dan kelebihannya telah kami publikasikan pada artikel berikut : Apa itu cPanel? Pengertian dan Panduan Lengkap Untuk Pemula.

Hal yang perlu disiapkan untuk install cPanel

Apakah cPanel bisa di install di VPS Rumahweb dan VPS Alibaba Cloud? Tentu bisa. Bagi anda yang memesan layanan VPS + lisensi cPanel di Rumahweb, maka proses instalasi dapat kami bantu.

Namun bagi anda yang memesan layanan VPS Alibaba + lisensi cPanel, maka proses instalasi cPanel dilakukan secara mandiri. Kami tidak dapat membantu melakukan proses instalasinya. Karena itu, kami akan berbagi cara install cPanel di VPS Alibaba Cloud dari awal hingga akhir.

Sebelum melakukan installasi, ada beberapa catatan yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  • cPanel tidak bisa di uninstall, sehingga apabila anda tidak lagi ingin menggunakan cPanel, maka yang bisa lakukan adalah mereset/rebuild VPS. Nantinya data di VPS akan kembali kosong seperti baru.
  • cPanel merupakan panel hosting berbayar, namun untuk IP VPS yang belum pernah install cPanel maka bisa menggunakan trial license yang disediakan untuk 15 hari.
  • cPanel hanya support di OS Centos.

Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Langkah 1. Silahkan akses VPS melalui ssh. Untuk akses ssh bisa menggunakan putty sesuai panduan di link ini. Langkah lainnya anda bisa klik connect pada menu server maintenance > connect pada halaman ram access alibaba cloud sesuai gambar berikut

image 1 - Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Langkah 2. Pastikan curl dan perl di VPS sudah aktif. Untuk memeriksanya bisa menggunakan perintah perl –version dan curl –version. Apabila menampilkan seperti gambar di bawah, berarti perl dan curl sudah aktif di VPS anda.

image 2 - Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Setelah memastikan perl dan curl aktif, silahkan menjalankan perintah berikut

curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest

Setelah proses download selesai, silahkan menjalankan perintah berikut

sh latest

Langkah 3. Kemudian akan muncul tampilan proses installasi berikut, tunggu sampai proses installasi selesai

image 3 - Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Langkah 4. Setelah proses installasi selesai, silahkan mengakses whm melalui url https://IP:2087. Apabila halaman whm sudah muncul seperti gambar dibawah, maka installasi cPanel sudah berhasil.

image 4 - Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Langkah 5. Selanjutnya, silahkan login ke whm dengan menggunakan root password VPS. Setelah login anda akan mendapat kan tampilan license and agreement cPanel, silahkan klik agree to all

image 5 - Cara Install cPanel di VPS Alibaba Cloud

Langkah 6. Kemudian Anda harus menyelesaikan setting, dan memasukkan license cPanel untuk dapat menggunakan cPanel.

Langkah 7. Apabila pada langkah ke 4 anda belum bisa mengakses whm maka silahkan menyesuaikan setting firewall untuk port cpanel, supaya bisa mengakses whm, cpanel dan webmail. Berikut cara setting port whm, cpanel dan webmail di vps alibaba.

  • Login ke console alibaba ( https://ram.console.aliyun.com/users  )
  • Kemudian klik garis tiga pada kiri atas, pada kolom pencarian silahkan isikan “simple application server”
  • Klik instance server vps yang akan diupdate portnya
  • Klik menu “Firewall”

  • Tambahkan 3 port : 2087 (Whm),2083 (cPanel),dan 2096 (webmail)

Sampai tahap ini proses install cPanel telah selesai, dan anda sudah dapat melakukan pengelolaan VPS dengan menggunakan cPanel.

Demikian cara install cPanel di VPS Alibaba Cloud dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.