Rumahweb Journal
clear cache safari iphone ipad

Cara Clear Cache Safari Pada iPhone dan iPad

Untuk melakukan clear cache dan history pada browser Safari bawaan perangkat iOS tidak sesederhana pada perangkat Android. Letaknya cukup tersembunyi dan tidak langsung berada di dalam browser Safari. Berikut kami sampaikan cara clear cache Safari browser bagi Anda yang menggunakan iPhone dan iPad.

Langkah 1 : Buka Menu Pengaturan/Settings > Safari

Masuk ke Menu Pengaturan/Settings dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan Menu “Safari”. Klik Menu “Safari” tersebut.

image 1 - Cara Clear Cache Safari Pada iPhone dan iPad

Langkah 2: Cari Menu “Clear History and Website Data

Setelah melakukan klik Menu “Safari”, scroll ke bawah hingga menemukan Menu “Clear History and Website Data”. Perlu diketahui, dengan melakukan klik pada menu tersebut, maka seluruh History/Riwayat, cache, cookies dan lainnya akan terhapus dari perangkat iPhone atau iPad Anda. Silahkan menuju langkah 3 jika hanya ingin menghapus data pada website tertentu saja.

image 2 - Cara Clear Cache Safari Pada iPhone dan iPad

Langkah 3: Cari Menu “Advanced” > Website Data

Langkah ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin menghapus data pada website tertentu saja. Setelah melakukan klik Menu “Safari”, scroll hingga ke paling bawah. Cari Menu “Advanced” dan klik menu tersebut.

image 3 - Cara Clear Cache Safari Pada iPhone dan iPad

Selanjutnya silakan klik Menu “Website Data”

Anda akan mendapatkan tampilan berikut ini, lalu silahkan klik tombol “Edit”. Sebagai informasi tambahan, pada kolom “Search” Anda bisa melakukan filter dengan kata kunci tertentu. Lakukan filter dengan memasukkan nama domain atau alamat website yang ingin di clear datanya.

Setelah menekan tombol “Edit”, akan tampil tombol merah dengan icon (-) seperti gambar berikut. Tekan tombol merah tersebut untuk melakukan Delete data pada website yang dimaksud. Jika sudah selesai, tekan tombol Done di pojok kanan atas.

Selamat! Anda telah selesai melakukan clear cookies, cache dan data website lainnya pada Safari di iPhone atau iPad Anda.

Pelajari juga artikel cara menghapus cache pada browser di link berikut : cara menghapus cache. Demikian artikel kami tentang cara clear cache safari browser, semoga bermanfaat.

Jika ada kendala atau pertanyaan lain, silahkan dapat menghubungi tim teknis Rumahweb baik melalui livechat, telepon maupun email ke teknis@rumahweb.com

Tinggalkan Komentar

Uswatun Hasana Kunio