Rumahweb Journal
banner - Apa itu QUIC Cloud CDN dan Cara Setting di WordPress

Apa itu QUIC Cloud CDN dan Cara Setting di WordPress?

Salah satu upaya untuk meningkatkan kecepatan akses website adalah penggunaan CDN. Ada berbagai pilihan CDN gratis yang bisa Anda gunakan seperti CloudFlare hingga Quic Cloud. Pada artikel ini, kami akan berbagi cara setting Quic Cloud CDN di website yang berbasis CMS WordPress. Berikut penjelasan Selengkapnya:

Apa itu QUIC Cloud CDN?

Quic Cloud adalah Content Delivery Network (CDN) yang memiliki kemampuan untuk meng-cache halaman WordPress yang dinamis. Layanan ini dibuat oleh LiteSpeed Technologies. Saat ini tersedia dalam versi beta dan tersedia di seluruh dunia secara gratis (hingga batas tertentu).

Satu-satunya CMS yang bisa digunakan dengan Quic Cloud sampai artikel ini ditulis adalah CMS WordPress, dengan catatan bahwa instalasi WordPress Anda harus dapat menggunakan LiteSpeed Cache for WordPress plugin.

Kelebihan dari QUIC Cloud

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan QUIC Cloud untuk website Anda:

Mempercepat akses website secara Global

Quic Cloud meminimalisir request jarak fisik yang diperlukan untuk mengirimkan situs anda ke pengunjung dengan cara menyiapkan server di seluruh dunia. Karena QUIC Cloud memiliki kemampuan menyimpan konten yang dinamis, ini berarti bahwa akan lebih banyak konten dapat di-cache untuk para pengunjung website Anda.

Dengan jarak fisik yang dapat di minimalisir dan juga lebih banyak peluang caching yang tersedia, maka Quic Cloud dapat mendeliver situs Anda menjadi lebih cepat

Kompatibel dengan berbagai macam web server

Dalam hal ini QUIC.cloud bertindak sebagai CDN. Semua web server, termasuk OpenLiteSpeed, Nginx, Apache, dan lain-lain kompatibel dengan QUIC.cloud.

Proteksi keamanan tambahan dari serangan DDoS dengan fitur Anti-DDoS

Apabila Anda mengaktifkan perlindungan RECAPTCHA di dalam panel QUIC.cloud untuk domain yang dimaksud, maka Quic Cloud akan mendeteksi jika ada arus masuk yang tinggi dari koneksi ke domain Anda. Kemudian Quic Cloud akan meminta mereka memverifikasi melalui RECAPTCHA, yang akan membantu melindungi dari serangan Layer 7.

Quic Cloud juga memiliki banyak fitur terkait keamanan yang bekerja di belakang layar untuk melindungi dari serangan DDoS, seperti memblokir IP dengan reputasi buruk yang terdeteksi dan juga mencegah serangan brute force WordPress.

Optimasi Konten Website

Dengan adanya fitur seperti Image Optimization, CSS Optimization dan juga Low Quality Image Placeholder (LQIP), dapat membantu dalam hal optimasi konten website Anda agar lebih cepat diakses oleh pengunjung.

Cara setting CDN QUIC Cloud di plugin litespeed cache WordPress

Berikut ini cara setting CDN Quic Cloud di plugin litespeed cache WordPress:

Langkah 1. Memulai di WordPress

Untuk memulainya, silahkan login ke dashboard WordPressAnda terlebih dahulu

  • Pastikan WordPress Anda telah terinstall LiteSpeed Cache for WP. Jika belum diinstall, silahkan diinstall terlebih dahulu mengikuti panduan berikut ini
  • Masuk ke menu Litespeed Cache -> General
pada menu plugin litespeed cache

Akan masuk ke halaman General Setting, lalu klik “Request Domain Key”

cara request domain key quic cloud cdn

Kemudian Anda akan melihat bahwa request domain key berhasil

request domain key quic cloud

Silahkan refresh kembali halaman tersebut, apabila telah approved, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Kolom domainkey akan otomatis terisi key yang digunakan.

Kolom domainkey akan otomatis terisi key yang digunakan

Klik link to QUIC.cloud, maka Anda akan diarahkan ke Halaman QUIC.cloud

Halaman login QUIC.cloud CDN

Masukkan email Address Anda lalu klik sign up untuk mendaftar, ikuti petunjuk sampai Anda selesai melakukan pendaftaran.

Namun jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya, maa Anda akan masuk. Koneksi akan selesai, dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman dasbor WordPress Anda. Lewati bagian berikutnya, dan langsung ke Verifikasi Koneksi di WordPress.

Langkah 2. Sign Up QUIC.cloud

Apabila Anda belum terdaftar di QUIC.cloud, maka memerlukan sign up maka akan diminta memasukkan alamat email dan password yang akan Anda pakai untuk login ke QUIC.cloud. Centang persetujuan (agreement) kemudian klik register.

login ke quic cloud cdn

Kemudian QUIC.cloud akan mengirimkan Anda email untuk keperluan verifikasi. Klik link atau tombol aktivasi yang dikirim lewat email

email validasi quic cloud cdn

Setelah berhasil diverifikasi, maka Akun Anda akan diaktifkan

validasi berhasil

Setup telah selesai, Klik MyDashboard untuk kembali ke halaman WordPress, maka Anda akan melihat bahwa tombol di sebelah Domain Key berubah menjadi Visit My Dashboard on QUIC.cloud

update setting di wordpress

Langkah 3. Enable CDN

Klik “Visit My Dashboard on QUIC.cloud” untuk masuk ke dashboard QUIC.cloud

mengaktifkan quic cloud cdn di wordpress

Klik pada nama domain Anda untuk melihat detail service yang Anda miliki, dan kemudian akan tampil halaman Service overview seperti halaman berikut. Pada halaman service overview ini kita bisa melihat bahwa kita sudah bisa mendapatkan manfaat dari beberapa fitur seperti Image Optimization, CSS Optimization dan LQIP. Namun, untuk service CDN belum aktif dengan status disabled.

service quic cloud cdn telah aktif

Agar fitur CDN bisa aktif, maka perlu diaktifkan dulu dari halaman dashboard WordPress. Setelah login, masuk ke menu LiteSpeed Cache, kemudian ke menu CDN. Set ON pada QUIC.cloud CDN, lalu klik tombol simpan.

centang opsi ON pada quic cloud cdn

Kembali ke halaman QUIC.cloud, masuk ke menu CDN, kemudian klik tombol “Enable CDN”. Namun bila tombol tersebut tidak aktif, maka Anda perlu klik link Setting tab untuk melengkapi setting yang diperlukan (Missing server IP)

CDN Quic cloud telah berhasil diaktifkan

Masukkan Alamat IP Server website Anda di kolom “Server IP”, kemudian klik save setting. Apabila Anda ingin menambahkan domain Alias, maka kolom domain Alias bisa diisi, namun jika tidak, silahkan dikosongkan.

Informasi server IP

Kembali ke halaman CDN di QUIC.cloud, bila tombol Enable CDN sudah aktif dan sudah bisa di klik, maka silahkan klik enable CDN.

Enable Quic cloud cdn

Pada step berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat CNAME Record sesuai instruksi yang ditampilkan. Kode CNAME dibawah ini hanya contoh. Kode CNAME yang perlu Anda input bisa berbeda, untuk itu silahkan dapat memeriksa secara langsung di dashboard QUIC.cloud Anda.

Enable CDN

Untuk setting CNAME Record ini, Anda perlu masuk ke panel DNS Zone yang digunakan oleh domain Anda saat ini. Sebagai contoh bila Anda menggunakan Hosting cPanel, maka bisa dilakukan dari Zone Editor , namun jika pengaturan DNS dilakukan secara langsung dari Panel Domain, maka login ke Domain Panel Anda dan temukan fitur untuk mengatur DNS.

Setting DNS pada umumnya akan memerlukan waktu propagasi kurang lebih antara 1-24 jam, untuk itu silahkan ditunggu beberapa saat setelah Anda selesai menambahkan CNAME Record.

Bila telah selesai, maka akan tampil seperti gambar berikut, menandakan CDN in Use, dan DNS telah verified. Untuk hasil yg maksimal, pastikan web Anda juga telah terinstall SSL Certificate. QUIC.cloud akan mendeteksi apakah web Anda telah menggunakan SSL Certificate atau belum.

Informasi CDN telah digunakan

Setelah itu, Anda bisa memeriksa kembali status service di bagian Service Overview pada QUIC.cloud. Status OK menunjukkan service CDN berhasil diaktifkan untuk website Anda.

Service Overview pada CDN Quic Cloud

Demikian panduan setting CDN QUIC Cloud di WordPress, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Gatot Antok Wibowo