Rumahweb Journal

Cara Menambahkan Recent Post pada Halaman Statis WordPress

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara menambahkan recent post WordPress di halaman statis. Yuk simak selengkapnya cara menambahkan recent post di WordPress agar tampilan website Anda lebih lengkap dan menarik.

WordPress adalah CMS yang sangat fleksibel dengan banyak opsi yang ditawarkan. WordPress menawarkan pilihan theme yang melimpah, dukungan plugin yang lengkap, hingga kustomisasi layout yang sangat beragam. Oleh karenanya, WordPress adalah CMS yang memiliki basis pengguna terbesar karena bisa diandalkan untuk membangun hampir semua jenis website, mulai dari company profile, e-commerce, hingga website berita.

Apa itu halaman Statis?

Secara umum, ada dua tipikal website ditinjau dari jenis tampilan halaman muka yaitu statis dan dinamis. Yang dimaksud dengan page statis adalah sebuah halaman yang tidak banyak mengalami perubahan, contohnya adalah website company profile. Tipikal yang kedua adalah website dengan halaman muka yang dinamis, contohnya website e-commerce dan website berita.

Selain kedua tipikal di atas, ada jenis tampilan website lain yang memadukan tampilan statis dan dinamis. Biasanya website yang memiliki layout seperti itu adalah website instansi pendidikan, di mana halaman utama menampilkan profil utama institusi, dan di bawahnya ada tampilan thumbnail dari post atau artikel terbaru.

Secara default, WordPress menyediakan dua opsi utama mengenai tampilan halaman muka website, yaitu Latest Post dan Static Page. Opsi tersebut bisa diakses melalui menu Settings -> Reading.

Apabila Anda memilih opsi static page, maka posting terbaru yang Anda tulis tidak akan muncul di halaman muka, begitu juga sebaliknya. Lalu bagaimana kalau ingin menampilkan recent posts di halaman statis WordPress?

Cara menambahkan Recent Post di halaman statis

Di artikel journal kali ini, Rumahweb ingin berbagi tips cara untuk menambahkan recent post di halaman statis WordPress. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke halaman Dashboard WordPress, kemudian masuk ke menu Plugins -> Add New.

menambahkan wordpress recent post plugins

2. Di kolom pencarian, cari plugin dengan nama “recent posts with thumbnails“. Setelah muncul nama plugin tersebut, klik tombol Install.

install plugin recent post widget with thumbnails

3. Setelah proses instalasi plugin berhasil, klik tombol Activate.

mengaktifkan plugin recent post

4. Masuk ke menu Appearance -> Widgets, klik tombol + kemudian cari widget bernama Recent Posts With Thumbnails, kemudian klik.

setting widget recent post

5. Anda akan dibawa ke pengaturan blok widget Recent Posts With Thumbnails, lakukan penyesuaian di beberapa kolom berikut:
– Title for the widget: Judul dari widget yang akan ditampilkan. Misal: Berita Terbaru
– Number of posts to show: Jumlah thumbnail post yang ingin ditampilkan.
– Terakhir, klik tombol Update.

setting tampilan pada plugin

6. Akses website Anda, kini thumbnail posting terbaru sudah muncul di halaman statis website.

hasil menambahkan recent post pada halaman statis WordPress

Catatan

  1. Ada beberapa theme WordPress yang secara default sudah menampilkan widget recent posts di halaman muka.
  2. Panduan ini bisa diaplikasikan ke dalam theme WordPress yang secara default belum menampilkan recent posts di halaman muka.
  3. Tata letak widget sepenuhnya bergantung kepada theme WordPress yang Anda gunakan.
  4. Apabila Anda memerlukan tata letak spesifik sesuai dengan kebutuhan, Anda harus mencari theme WordPress yang memiliki layout sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penutup

Bisa membangun sebuah website yang sesuai dengan keinginan adalah sebuah pencapaian yang memerlukan motivasi dan ketekunan yang kuat. Anda harus terus belajar untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang cara dan tips membangun website yang lengkap dan sesuai dengan keinginan.

Dari sekian banyak pilihan CMS maupun framework, WordPress merupakan pilihan yang ideal karena menawarkan kustomisasi yang kompleks, namun tetap mudah untuk dipahami dan diaplikasikan, bahkan bagi Anda yang tidak menguasai pemrograman.

Demikian artikel jurnal mengenai cara menambahkan Recent Post di halaman statis WordPress. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alwan Rosyidi