Rumahweb Journal
Banner - Windows Firewall - Definisi dan Cara Menambahkan Custom Rules

Windows Firewall: Definisi dan Cara Menambahkan Custom Rules

Setelah sebelumnya kami menjelaskan tentang apa itu firewall, pada panduan kali ini kami akan menjelaskan tentang Windows firewall.

Namun sebelum membahas tentang Windows firewall, terlebih dahulu kami akan ulas sedikit tentang apa itu firewall untuk menyegarkan ingatan Anda kembali.

Apa itu Firewall?

Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang berfungsi untuk melindungi jaringan komputer dari ancaman dan serangan yang berpotensi merusak atau merusak data dan sumber daya yang ada di dalamnya.

Pada VPS, firewall dapat digunakan untuk meminimalisir terjadinya serangan seperti bruteforce, DDOS dan juga membatasi akses tertentu baik yang masuk maupun keluar dari server VPS yang Anda gunakan. Hal ini perlu dilakukan dan sangat dianjurkan untuk menghindari kerentanan sistem pada server VPS Anda.

Di panduan ini, kami akan mengulas tentang firewall di VPS Windows, mulai dari pengertian hingga cara menambahkan custom rules firewall di VPS.

Firewall di VPS Windows

OS Windows adalah sistem operasi yang digunakan secara luas di perangkat desktop, laptop, tablet, dan beberapa perangkat lainnya. Hal ini juga berlaku untuk layanan VPS/Server yang dapat menggunakan OS Windows.

OS Windows yang digunakan untuk VPS/Server memiliki versi yang berbeda dibandingkan dengan yang digunakan pada perangkat biasa. Namun, dalam hal sistem kerja dan penggunaannya, tidak terlalu berbeda. Hanya terdapat beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia pada OS Windows yang digunakan pada perangkat umum.

VPS Windows sering menjadi target oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat mengeksploitasi VPS Anda untuk melakukan kegiatan yang melanggar hukum, seperti menyuntikkan malware untuk melakukan serangan DDoS, bruteforce, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki firewall yang dapat membantu meminimalkan aktivitas-aktivitas tersebut yang dapat merugikan Anda dan pihak lainnya.

Menambah Custom Rule Firewall Windows

Pada VPS Windows di Rumahweb, firewall default telah diaktifkan. Namun, disarankan untuk menambahkan pengaturan custom pada firewall Windows karena konfigurasi default firewall Windows merupakan konfigurasi standar yang mungkin belum sepenuhnya aman.

Dengan menambahkan pengaturan custom, Anda dapat meningkatkan keamanan sistem dan melindungi VPS Anda dari potensi ancaman keamanan.

Firewall pada VPS Windows juga berguna untuk membatasi akses terhadap layanan yang dijalankan di server. Misalnya, Anda dapat menggunakan firewall untuk membatasi akses remote atau mengontrol akses ke layanan database dan sebagainya.

Berikut cara menambah custom rule firewall pada VPS Windows.

  1. Buka setting “Windows Defender Firewall with Advanced Security”.
  2. Pada bagian kiri terdapat menu inbound dan outbound seperti pada gambar. Menu inbound adalah kumpulan rules akses masuk ke VPS, sedangkan Outbound adalah kumpulan rules akses keluar dari VPS.
windows-defender-firewall-advanced-security
  1. Pilih inbound / outbound yang akan ditambahkan custom rulenya, kemudian klik “new rule” di samping kanan.
  1. Silahkan pilih rule type port, dan klik tombol Next.
  2. Pada bagian protocol and ports terdapat pilihan UDP dan TCP. Silahkan anda pilih 2 opsi yang tersedia yaitu TCP dan UDP untuk melakukan blokir / enable port. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan port yang akan di blokir atau di enable.
  1. Pada bagian action, silahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhannya apakah Allow atau Blokir, untuk blokir pilih opsi Block the connection.
action-setting-firewall
  1. Di bagian profile, silahkan checklist seluruhnya yang akan mengaktifkan custom rule untuk profile domain, private dan juga public.
profile-setting-firewall
  1. Pada bagian name, silahkan diberikan nama sesuai custom rule yang ditambahkan untuk memudahkan pencariannya kembali nantinya jika ada perubahan. Setelah sesuai, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.
  1. Setelah selesai Anda akan menemukan custom rule pada list rule yang ada di bagian tengah layar seperti berikut.

Dengan cara diatas Anda telah selesai menambahkan custom rule pada VPS Windows yang digunakan.

Anda dapat juga melakukan test untuk setting blokir / allow akses ke portnya melalui https://portchecker.co/ dengan memasukkan IP VPS dan port yang ditambahkan pada firewall.

Demikian artikel kami tentang Windows firewall dan cara custom rules di VPS, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Afiandhi Risky