Rumahweb Journal
Banner - vps windows adalah

VPS Windows: Definisi, Fungsi, Kelebihan dan Cara Belinya

Pernahkan Anda terbayang memiliki komputer Windows yang aktif selama 24 jam? Ya, dengan VPS Windows, Anda bisa memiliki komputer virtual yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu VPS Windows beserta kelebihan hingga cara membelinya.

Kalau mendengar istilah server, mungkin tidak sedikit yang berpikir bahwa itu adalah sekumpulan komputer berukuran besar dengan program yang rumit di dalamnya. Dengan demikian, untuk bisa mengoperasikan sebuah server, Anda harus memiliki pengetahuan dan penguasaan yang mendalam tentang networking, administrasi Linux atau bahkan pemrograman.

Asumsi tersebut tidak sepenuhnya salah. Tapi pada praktiknya, untuk bisa mengelola sebuah server, tidak selalu memerlukan pengetahuan yang kompleks tentang perintah teks, networking, dan seterusnya.

Pada hakikatnya, server adalah komputer yang selalu terhubung ke internet dan bisa diakses dari mana pun dan kapan pun. Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan sistem operasi Windows, Anda juga bisa mengoperasikan sebuah server semudah mengoperasikan laptop, dengan menggunakan layanan VPS Windows.

Apa Itu VPS Windows?

VPS Windows adalah layanan virtual private server yang menggunakan sistem operasi Windows untuk pengoperasiannya. Secara sederhana, Anda memiliki sebuah komputer dengan sistem operasi Windows, yang selalu menyala dan terhubung ke internet selama 24 jam, serta bisa diakses dari semua tempat secara remote menggunakan koneksi RDP.

Cara Mengakses VPS Windows

Sebagai server virtual, Anda tidak mendapatkan akses fisik ke server Windows, melainkan akses remote menggunakan koneksi RDP. Ada dua cara untuk mengakses layanan VPS Windows di Rumahweb, yaitu:

1. Akses Remote Desktop

Cara pertama untuk mengakses VPS Windows adalah melalui koneksi RDP yang dijalankan secara remote menggunakan aplikasi remote desktop.

Sistem operasi Windows sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk mengakses remote Windows bernama Remote Desktop Connection. Panduan Selengkapnya untuk mengakses VPS Windows bisa Anda baca di artikel berikut.

Apabila Anda menggunakan Mac OS, seperti halnya di Windows, sudah tersedia aplikasi Remote Desktop Connection yang terinstal secara default, yang bisa Anda gunakan untuk mengakses VPS Windows secara remote.

Bagi pengguna OS Linux, Anda bisa mengakses VPS Windows menggunakan aplikasi seperti KRDC, Remmina atau TigerVNC.

tampilan remote desktop vps windows

2. Akses VNC di Virtualizor

Layanan VPS Rumahweb sudah menyediakan halaman virtualizor yang bisa digunakan untuk mengelola maupun mengakses VPS melalui aplikasi VNC client, yang bisa dijalankan di web browser.

Koneksi VNC adalah cara kedua yang bisa digunakan untuk mengakses layanan VPS Windows. Panduan selengkapnya bisa Anda ikuti di artikel journal berikut.

Fungsi VPS Windows

Selayaknya layanan VPS pada umumnya, VPS Windows menawarkan fungsi utama sebagai sebuah server general purpose, yang bisa diakses dari semua tempat untuk banyak keperluan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan menggunakan layanan VPS Windows:

1. Server Website

Layanan VPS Windows bisa Anda gunakan sebagai server website, menggunakan aplikasi web server IIS maupun XAMPP. Dengan web server IIS, Anda bisa menjalankan website berbasis ASP.NET di VPS Windows. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan website berbasis PHP menggunakan web server Apache yang bisa dijalankan melalui aplikasi XAMPP.

Referensi selengkapnya untuk proses instalasi web server IIS di VPS Windows, bisa Anda baca di artikel berikut. Referensi selengkap untuk proses instalasi XAMPP di VPS Windows, bisa Anda baca disini.

2. Menjalankan Aplikasi Online Tertentu

Bagi Anda yang berprofesi sebagai administrator atau staf IT, mungkin pernah mendapatkan tugas untuk menjalankan aplikasi online tertentu yang sudah diracik untuk dijalankan di sistem Windows. Sebagai contoh: aplikasi raport, ujian online, pendaftaran sekolah dan lain sebagainya, yang dipaketkan dalam format EXE untuk bisa diinstal dan dijalankan dengan mudah di sistem Windows.

Dengan VPS Windows, aplikasi-aplikasi tersebut bisa dipasang dan dijalankan dengan relatif lebih mudah, daripada harus Anda extract dan kemudian diupload secara manual ke layanan shared hosting.

3. Remote Desktop

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, potensi ancaman keamanan semakin meningkat. Apabila kurang berhati-hati, tidak menutup kemungkinan Anda mengklik link maupun mengunjungi website berbahaya yang bisa menginfeksi komputer Anda dengan malware.

Dengan VPS Windows, Anda bisa mengakses website apapun dengan jauh lebih aman secara remote, karena tidak terhubung secara langsung ke komputer ataupun laptop yang Anda miliki. Fitur ini juga akan berguna bagi Anda yang ingin melakukan test akses ke website atau aplikasi online yang sedang dikembangkan.

4. Tempat Penyimpanan Data

Selain fungsi-fungsi di atas, VPS Windows juga bisa didayagunakan sebagai tempat penyimpanan data yang bisa diakses secara remote dari berbagai tempat. Fitur ini bermanfaat apabila Anda memerlukan tempat penyimpanan data online yang bisa diakses oleh beberapa pengguna tanpa harus menggunakan media transfer data offline yang lebih rentan seperti USB flashdisk.

Kelebihan VPS Windows

Dibandingkan dengan VPS berbasis Linux, layanan VPS Windows menawarkan beberapa kelebihan yang menarik. Berikut beberapa kelebihan VPS Windows:

1. Kemudahan Penggunaan

Antarmuka grafis memungkinan VPS Windows untuk bisa digunakan dan dikelola dengan lebih mudah oleh siapapun. Untuk bisa mengakses, menggunakan, mengatur sistem VPS Windows, Anda tidak perlu mengingat dan mengetik perintah-perintah teks yang kompleks.

Bagi Anda yang belum terbiasa mengoperasikan sistem operasi Linux di server, VPS Windows bisa menjadi solusi yang paling praktis untuk bisa menjalankan sebuah VPS.

2. Fleksibilitas Sistem

VPS Windows tidak hanya menawarkan IIS sebagai satu-satunya pilihan aplikasi web server. Anda tetap bisa menjalankan web server populer lain seperti Apache dan Nginx. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan servis populer untuk web development seperti PHP, Python dan NodeJS.

Kekurangan VPS Windows

Tidak ada sistem yang sempurna, termasuk dengan VPS Windows. Di samping beberapa kelebihan yang sudah kami jelaskan, VPS Windows juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Kebutuhan Resource Yang Tinggi

Karena harus menjalankan sistem Windows dengan tampilan grafis yang cukup berat, Anda membutuhkan layanan VPS dengan spesifikasi resource yang lebih tinggi dibandingkan dengan server berbasis Linux.

Pada layanan VPS Hosting Rumahweb, spesifikasi paling rendah yang ditawarkan untuk bisa menjalankan VPS Windows adalah Paket XS, dengan konfigurasi CPU 2 core, RAM 2 GB dan storage 40 GB.

2. Harga Yang Lebih Tinggi

Selain memerlukan spesifikasi resource yang lebih tinggi, untuk bisa digunakan secara optimal di VPS, sistem operasi Windows yang berjalan di dalamnya juga memerlukan lisensi. Oleh karenanya, harga sewa layanan VPS Windows lebih tinggi dibanding VPS Linux.

Untuk Siapa VPS Windows Rumahweb Dibuat?

VPS Windows dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Secara umum, VPS Windows cocok digunakan untuk pengguna sebagai berikut:

1. Web Developer

VPS Windows cocok digunakan oleh web developer, terutama yang secara spesifik memerlukan sistem operasi Windows untuk menjalankan aplikasi web tertentu. Sebagai contoh, Anda ingin membangun website menggunakan framework ASP.NET. Selain itu, VPS Windows juga cocok digunakan bagi Anda yang sudah terbiasa mengoperasikan web server IIS di server Windows.

2. Administrator Sistem

VPS Windows bisa menjadi pilihan ideal bagi administrator sistem yang ingin menjalankan VPS dengan mudah tanpa harus menguasai perintah-perintah teks yang rumit. Dengan VPS Windows, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi web server maupun servis lain seperti Apache, Nginx, PHP, Python dan lain sebagainya.

3. Pengguna Rumahan

VPS Windows juga bisa menjadi platform yang ideal, bagi pengguna rumahan yang ingin belajar menjalankan dan mengoperasikan server website dengan mudah. Dengan VPS Windows, Anda bisa menjalankan sebuah server yang bisa dioperasikan semudah mengoperasikan laptop atau komputer di rumah.

Cara Membeli VPS Windows

Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan penggunanya, Rumahweb menghadirkan layanan VPS Windows yang bisa Anda beli dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Berikut langkah-langkah untuk membeli VPS Windows di Layanan Rumahweb Indonesia:

  1. Masuk ke halaman website rumahweb.com. Klik menu Hosting -> klik menu VPS/Cloud Server. Atau silahkan klik link berikut : VPS Windows Murah
Halaman pemesanan vps windows murah
  1. Pilih VPS Windows.
  2. Pilih paket yang ingin digunakan, tersedia pilihan paket XS hingga X2L dengan detil spesifikasi yang tertera.
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih Lokasi data center VPS.
  4. Pilih versi Windows, tersedia pilihan Windows Server 2008 R2, 2012 R2, 2016 dan 2019.
  5. Klik tombol Buat VPS.
  6. Masukkan Hostname menggunakan format FQDN. Contoh: vps.domainsaya.com. Setelah itu klik tombol Lanjut.
pilih paket vps
  1. Klik Login kalau sudah memiliki akun di Rumahweb, atau kik Daftar Dengan Email, apabila belum pernah memiliki akun di Rumahweb.
  2. Klik Lanjut.
  3. Lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan. Klik ‘Tambahkan Faktur Pajak’, apabila memerlukan, atau klik Lanjut. Terakhir, centang keterangan “Saya menyatakan telah menyetujui” kemudian klik Checkout.
  4. Lakukan pembayaran, konfirmasi, dan tunggu layanan VPS Windows Anda aktif.

Penutup

VPS Windows hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah server online yang mudah digunakan dan bisa diandalkan. Dengan VPS Windows, Anda tidak perlu lagi merasa ragu untuk membangun sebuah server yang mumpuni dan bisa menjalankan berbagai kebutuhan yang spesifik.

Selain itu dengan VPS Windows, Anda bisa mengoperasikan VPS dari mana saja, kapan pun, dan tanpa perlu menguasai perintah-perintah teks yang kompleks.

Demikian artikel journal kami tentang apa itu VPS Windows hingga cara membelinya di Rumahweb. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim technical support Rumahweb untuk mendapatkan panduan selama 24 jam.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.