Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Memulai Video Conference Menggunakan Google Meet

Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, semua kegiatan baik itu bekerja ataupun kegiatan belajar mengajar dianjurkan dilakukan di Rumah saja. Bagaimana bila perlu bertemu atau mengadakan rapat? Atau mungkin perlu melakukan presentasi? Berdasarkan kebutuhan atas permasalah tersebut, kami tertarik untuk membuat artikel dengan tema Video Conference Menggunakan Google Meet.

Saat ini ada banyak layanan yang sudah mendukung untuk melakukan Video Conference contohnya seperti Flock Mail, Jitsi, Google Meet, dan masih banyak lagi. Pada panduan kali ini Rumahweb akan menjelaskan bagaimana memulai video conference menggunakan Google Meet.

Sebelum memulai, perlu diperhatikan bahwa yang dapat memulai Video Conference menggunakan Google Meet hanya pengguna Layanan Google Suite, sedangkan untuk pengguna layanan Gmail (@gmail.com) hanya dapat join atau bergabung ke Video Conference yang sudah dibuat. Berikut perbedaan tampilan antara pengguna pada saat akses ke Google Meet.

Tampilan di Pengguna Layanan Google Suite

Google meet Gsuite

Tampilan di Pengguna Layanan Gmail

Google Meet Gmail

Memulai Video Conference menggunakan Google Meet

Setelah mengetahui perbedaan akses ke Google Meet, untuk memulai Video Conference dapat dilakukan melalui link berikut https://meet.google.com/.

Setelah berhasil akses, silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google Suite Anda dengan cara klik “Sign In” seperti screenshoot berikut,

SIGN IN Google Meet

Setelah berhasil login, untuk memulai Video Conference klik “Bergabung atau mulai rapat” Seperti gambar berikut.

Join Google Meet

Setelah itu akan tampil popup, Silahkan Anda isi kolom yang tersedia dengan Judul rapat yang akan dibuat, setelah itu klik Lanjutkan untuk memulai.

Membuat ruang rapat google meet

Setelah itu akan tampil halaman seperti gambar berikut.

Bergabung ke google meet

Pada gambar diatas terdapat dua tombol pada saat akan memulai Video Conference yaitu Gabung sekarang dan Presentasikan. Terdapat perbedaan antara kedua pilihan tersebut yaitu,

  • Gabung Sekarang : Apabila Anda ingin bergabung untuk melakukan video conference (Video dan audio)
  • Presentasikan : Dipilih Apabila Anda akan melakukan presentasi dengan cara Share screen

Silahkan Anda pilih “Gabung sekarang” untuk memulai Video Conference, dan berikut adalah tampilan setelah bergabung,

Video Conference menggunakan Google meet

Mengundang User lain untuk bergabung

Setelah berhasil memulai Video Conference menggunakan Google Meet, Berikut adalah tahapan untuk mengundang user lain bergabung ke Video Conference.

Untuk bergabung ke dalam video conference yang sudah dibuat, ada beberapa cara untuk bergabung yaitu,

  • Bergabung via link
  • Mengundang Via email
  • Bergabung menggunakan Metting Code

Bergabung Via link

Untuk mendapatkan link yang nantinya diberikan ke user untuk bergabung bisa dengan cara klik pada “Judul rapat” seperti gambar berikut,

Link video conference google meet

Mengundang Via email

Selain mengundang dengan cara memberikan link kepada user, Anda juga dapat mengundang user lain melalui email. untuk mengundang via email silahkan klik icon “orang” seperti gambar berikut,

Invite via email google meet

Setelah itu akan tampil sidebar, dan silahkan pilih “Tambahkan Orang” seperti gambar berikut,

Invite via email google meet - 2

Akan tampil popup, silahkan Anda isi kolom dengan alamat email yang akan diundang. Apabila sudah selesai memasukkan alamat email yang akan diundang, klik “Undang”.

Invite via email google meet - 3

Bergabung menggunakan Meeting Code

Selain kedua cara diatas, Anda juga dapat bergabung ke Video Conference menggunakan Meeting Code. Sama seperti tahapan “Bergabung Via link” Metting code didapatkan melalui detail seperti gambar berikut,

Join Google meet via Meeting Code

lalu masukkan Metting Code pada saat bergabung seperti gambar berikut,

Join Google meet via Meeting Code - 2

Demikian panduan Memulai Video Conference menggunakan Google meet, selamat mencoba. Apabila ada kendala atu kesulitan silakan menghubungi kami melakukan Email, Live Chat, atau telefon.

Tinggalkan Komentar

Wahid Husain

Blog Competition