Rumahweb Journal
banner artikel - Mengenal Apa itu Vi Adalah, Text Editor Pada OS Linux

Mengenal Apa itu Vi, Text Editor Pada OS Linux

Vi adalah singkatan dari visual editor, yaitu editor teks berbasis baris yang dirancang untuk mengedit dan membuat file teks dengan cepat dan efisien. Lalu apa fungsinya dan bagaimana perintahnya? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut.

GNU/Linux saat ini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada server. Selain secara desain sistem Linux relatif lebih aman, keunggulan lain dari Linux adalah performanya yang lebih baik dan lebih efisien.

Berbeda dengan Windows atau Mac OS, Linux bisa berjalan tanpa mode grafis. Oleh karenanya, resource usage pada sistem operasi Linux lebih irit. Konsumsi resource yang efisien membuat Linux menjadi sistem operasi yang ideal untuk server, karena alokasi resource server bisa digunakan secara optimal untuk menjalankan atau mengeksekusi skrip website atau aplikasi.

Sebagai sistem operasi tanpa tampilan grafis, Linux yang terinstal di server dioperasikan dengan menggunakan perintah teks atau command line. Supaya bisa mengoperasikan sistem Linux secara optimal di server, Anda harus belajar dan membiasakan diri untuk menggunakan command line.

Selain menjalankan perintah dasar seperti menginsal aplikasi, aktivitas yang akan sering dilakukan di server adalah mengedit file teks. Jika di Windows ada aplikasi Notepad untuk mengedit teks, maka di Linux server, Anda akan berjumpa dengan aplikasi editor teks bernama Vi.

Pada artikel journal kali ini, kami ingin membahas topik seputar apa itu Vi, teks editor pada sistem operasi Linux.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Apa Itu Vi?

Vi adalah aplikasi editor teks default yang ada di setiap distribusi Linux atau distro linux, yang bisa digunakan untuk mengedit berbagai macam file teks. Dengan antarmuka teks, Vi berjalan di semua sistem Linux, termasuk Linux server.

Instalasi Vi

Editor teks Vi terinstal secara default di setiap distribusi Linux, sehingga Anda tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu. Apabila Anda menggunakan layanan VPS KVM Rumahweb menggunakan sistem operasi Linux, editor teks Vi sudah terinstal secara default dan sudah siap digunakan untuk mengedit bermacam-macam file teks.

Perintah Dasar Vi

Sebagai editor dengan antarmuka teks, Vi bisa dioperasikan menggunakan command line. Secara general, Vi terdiri dari dua mode, yaitu:

  1. Command mode, adalah mode Anda bisa menjalankan perintah seperti mencari, replace, menyimpan, dan keluar.
  2. Insert mode, adalah mode ketika Anda melakukan pengeditan file teks menggunakan editor Vi.

Berikut daftar perintah dasar Vi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit teks di Linux:

1. Membuka File

Untuk membuka sebuah file menggunakan Vi, berikut perintah yang bisa digunakan:

vi namafile

Contoh, membuka file wp-config.php:

vi wp-config.php
contoh penerapan vi adalah

2. Mencari Kata

Untuk mencari sebuah kata, berikut perintah yang bisa digunakan:

/kata

Contoh, mencari kata DB_NAME:

/DB_NAME
contoh penggunaan vi

3. Mengedit Teks

Untuk memulai mengedit file teks, Anda bisa menekan huruf i setelah file dibuka.

4. Menyimpan File

Untuk menyimpan hasil pengeditan tanpa keluar, Anda bisa menekan tombol Esc, kemudian jalankan perintah berikut: :w!
Lalu diikuti dengan menekan tombol Enter

5. Menyimpan File dan Keluar

Untuk menyimpan hasil pengeditan kemudian keluar, Anda bisa menekan tombol Esc, kemudian jalankan perintah berikut: :wq!
Lalu diikuti dengan menekan tombol Enter

6. Keluar Tanpa Menyimpan

Untuk keluar dari mode insert dan tidak menyimpan hasil pengeditan, Anda bisa menekan tombol Esc, kemudian jalankan perintah berikut: :q!
Lalu diikuti dengan menekan tombol Enter

7. Bernavigasi

Untuk berpindah satu karakter kanan, kiri, atas dan bawah dalam mode insert, Anda bisa menggunakan tombol panah.

Sedangkan untuk berpindah maju ke akhir kata, Anda bisa menekan tombol Esc, lalu ketik huruf e. Untuk berpindah maju ke awal kata, Anda bisa menekan tombol Esc, lalu menekan huruf w. Lalu untuk mundur ke awal kata, Anda bisa menekan tombol Esc, lalu menekan huruf b.

Penutup

Ada beberapa alternatif editor teks berbasis command line di Linux dengan pengoperasian yang relatif lebih sederhana. Meskipun demikian, Vi adalah editor yang terinstal secara default dalam setiap distribusi Linux. Oleh karenanya, sampai saat ini Vi masih menjadi editor teks yang populer dan banyak digunakan untuk mengedit teks di Linux.

Bagi Anda yang belum lama mengoperasikan server dengan OS Linux, mengedit teks menggunakan editor Vi mungkin masih terasa cukup asing dan rumit. Kesalahan dalam menjalankan perintah atau bernavigasi adalah hal yang cukup lazim terjadi. Seiring waktu, Anda akan terbiasa dengan proses editing teks menggunakan editor Vi dan akan terasa mudah, semudah mengedit teks menggunakan editor grafis semacam Notepad.

Demikian artikel journal tentang mengenal apa itu Vi, text editor pada OS Linux. Semoga bisa menjadi referensi yang bisa membantu Anda dalam mengoperasikan sistem operasi Linux di server yang Anda miliki.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Alwan Rosyidi

FOSS enthusiast. Technical Support Rumahweb.