Upload Yii Framework pada cPanel Hosting

Yii adalah framework (kerangka kerja) PHP berbasis-komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala-besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman Web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan.

Sebelum website YII Anda upload ke hosting, pastikan terlebih dahulu script websitenya sudah selesai dibuat dilocalhost dan bisa berjalan dengan baik. Setelah itu, silakan mengikuti panduan cara upload YII ke hosting Rumahweb berikut :

1. Struktur Directory awal pada YII

Buat folder baru dengan nama “yii” dan pindahkan semua folder dan file kecuali folder “web” ke folder “yii” seperti gambar berikut ini :

2. Upload YII ke Hosting Rumahweb

Silakan login terlebih dahulu ke cPanel hosting Rumahweb melalui URL namadomain/cpanel. Lalu upload kan file YII frameworknya melalui menu file manager seperti gambar berikut ini :

Setelah kedua folder tersebut diupload pada directory /home, tetap biarkan folder “yii” ada pada directory /home sedangkan untuk file pada directory web silakan dapat dipindahkan ke dalam folder “public_html” seperti gambar berikut ini :

3. Edit File Index.php

Agar website bisa diakses, edit file index.php dan sesuaikan path pemanggilan folder “yii” yang sudah dipindahkan ke home directory.

Apabila seluruh langkah diatas sudah dilakukan, website Yii akan berhasil diakses dengan baik.

Demikian cara upload Yii Framework pada cPanel hosting Rumahweb. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan setting ini, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dibantu dalam pengecekannya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar