Rumahweb Journal

Theme StudioPress : Fungsi, Fitur hingga Cara Menggunakannya

StudioPress adalah salah satu theme WordPress premium yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Rumahweb. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang theme StudioPress secara lengkap, mulai dari cara klaim instalasi gratis, fungsi hingga cara menggunakannya.

Bagi pengguna CMS WordPress, pemilihan tema sangatlah penting. Selain sebagai salah satu elemen untuk menarik pengunjung dari segi tampilan, pemilihan tema yang tepat akan membuat akses website Anda menjadi lebih ringan.

Salah satu pilihan tema WordPress yang patut dipertimbangkan adalah StudioPress, yang memiliki banyak opsi child theme sehingga menambah variasi tema pada website. Keunggulan utama pada theme StudioPress adalah ringan, sehingga website cepat ketika diakses dan akan berdampak positif bagi peringkat website Anda di search engine.

Apa itu StudioPress?

StudioPress Theme

StudioPress adalah theme dari Genesis Framework yang diciptakan pada tahun 2010, dan akuisisi oleh WP Engine pada tahun 2018.

Theme StudioPress dari Genesis Framework dikenal sebagai salah satu theme WordPress premium yang ringan, memiliki struktur code yang rapi, SEO Friendly, aman, dan harganya juga terjangkau.

Sama seperti theme WordPress pada umumnya, StudioPress berfungsi untuk membuat layout website atau tampilan pada website. Namun theme StudioPress memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh theme WordPress lainnya, yaitu child theme dari Genesis Framework yang memudahkan anda untuk memilih theme yang cocok dengan konsep website yang dibuat.

Child theme pada StudioPress juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukan customisasi tampilan atau design web yang lebih menarik dan dinamis.

Fitur penting StudioPress

Pada theme StudioPress terdapat beberapa fitur penting yang bisa digunakan, berikut diantaranya:

Genesis Framework

Framework atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kerangka, berfungsi untuk memudahkan developer agar tidak memulai pembuatan atau pengembangan suatu theme mulai dari 0. Dengan framework, developer akan lebih mudah dan lebih cepat mengembangkan website yang diinginkan.

Genesis Framework memungkinkan pengembang dan juga pengguna WordPress dapat melakukan modifikasi dan custom template dari theme yang telah disediakan. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat membuat websitenya.

Child Theme

Penggunaan child theme akan memberikan variasi opsi theme yang bisa anda pilih untuk mempercantik tampilan website. Berikut beberapa child theme yang bisa anda pilih:

Altitude Pro

Child Theme Altitude Pro

Authority Pro

Child Theme Authority Pro

Breakthrough Pro

Child Theme Breakthrought Pro

Essence Pro

Child Theme Essence Pro

Infinity Pro

Child Theme Infinity Pro

Magazine Pro

Child Theme Magazine Pro

Monochrome Pro

Child Theme Monochrome Pro

Navigation Pro

Child Theme Navigation Pro

Revolution Pro

Child Theme Revolution Pro

Cara Klaim theme StudioPress di Rumahweb

Kami menyediakan Theme StudioPress premium gratis bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb. Berikut daftar paket hosting yang dapat mengklaim instalasi theme StudioPress gratis di Rumahweb :

Catatan:

Instalasi Theme/Plugin WordPress Premium gratis hanya dapat dilakukan pada domain utama, dan WordPress harus berada di directory public_html. Tidak berlaku untuk addon domain maupun subdomain.

Untuk mengklaim instalasinya, Anda dapat mengirimkan permintaan ke email teknis[@]rumahweb[.]com atau open ticket menggunakan email kontak yang terdaftar. Pada email, Anda bisa menyertakan nama domain, username dan password wp-admin, beserta nama theme dan juga nama child theme yang ingin dibantu install.

Cara Menggunakan Theme StudioPress

Setelah theme beserta child theme sudah terinstall di WordPress, anda dapat melakukan customisasi layout dengan tahapan berikut ini:

Step 1. Customize website

Customize website bertujuan untuk melengkapi informasi dan melakukan kustomisasi tampilan website. Customize bisa dilakukan melalui dashboard dengan langkah berikut:

  1. Login ke WordPress.
  2. Klik menu Appearance > Customize.
  3. Selanjutnya Anda bisa mengupdate Site identity, menyusun menu, menambahkan favicon hingga melakukan update informasi pada website.

Step 2. Memilih package child Theme

Di dalam child theme ada beberapa package yang dapat dipilih. Package ini berisi widget dan juga plugin tambahan untuk mendukung performa dari theme. Di panduan ini, kami akan contohkan penggunaan child theme Monochrome Pro. Langkahnya sebagai berikut.

1. Setelah masuk ke dashboard WordPress, klik menu Genesis > Child Theme Setup.

Child Theme setup

2. Selanjutnya akan muncul beberapa package yang bisa anda pilih, jika ingin melihat detil package, plugin rekomendasi untuk mengoptimalkan theme, dan juga preview theme anda bisa klik Pack Details.

Memilih package

3. Jika package sudah sesuai dengan keinginan klik Install Pack.

detil Package child theme

4. Lalu akan otomatis melakukan installasi plugin rekomendasi package-nya.

Installasi Package Child Theme

5. Silahkan di tunggu sampai proses installasi plugin rekomendasi selesai.

Finished Installation Child Package

7. Setelah selesai anda dapat test akses website untuk melihat tampilan website dengan theme yang di pilih.

Tampilan website dengan theme StudioPress

Demikian artikel ulasan kami mengenai StudioPress Theme, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Fatah

Lelaki, Bekerja, dan Kemaki