Rumahweb Journal
OG Cara Mengarahkan Domain Ke Name Server Hosting

Cara Mengubah Nameserver Domain di Rumahweb

Nameserver digunakan untuk mengarahkan domain ke server tujuan. Apabila Anda ingin mengarahkan domain ke server hosting tertentu, Anda bisa mengubah Nameserver domain sesuai dengan NS hosting tujuan. Lalu bagaimana cara mengubah nameserver domain di Rumahweb?

Apa itu Nameserver?

Nameserver adalah bagian dari Domain Name System yang didalamnya memuat domain name dan IP Address sebuah server. Dalam penulisannya, nameserver biasa ditulis dengan format ns1.namadomain.com, ns2.namadomain.com dan lain-lain.

Penggunaan beberapa nameserver dimaksudkan untuk menghindari load balancing. Penamaan nameserver tersebut berbeda-beda pada setiap provider, tergantung pada konfigurasi yang dilakukan.

Cara Mengubah Nameserver

Berikut ini panduan Rumahweb tentang mengubah name server domain untuk mengarah domain ke server yang Anda gunakan.

  • Login ke halaman Clientzone Anda.
  • Masuk ke menu “Domains” > “List Domain Saya”
gambar domain list domain saya di clientzone rumahweb
  • Pada kolom domain, silahkan klik submenu “Update Nameservers” pada domain yang ingin diubah Nameservernya. Contoh gambarnya sebagai berikut :
list nama domain rumahweb

Masukkan list Nameservers sesuai dengan Nameservers hosting yang Anda gunakan. Contoh dibawah adalah contoh perubahan Nameservers domain ke NS Shared/Cloud Hosting Rumahweb :

Cara Mengubah Nameserver Domain di Rumahweb

Tekan tombol ‘Update Nameserver’ untuk menyimpan perubahan NS pada domain Anda. Bila Anda ingin mengarahkan domain ke hosting diluar Rumahweb, silahkan menghubungi penyedia hosting untuk mendapatkan informasi NS yang harus digunakan.

Apabila Anda ingin mengarahkan domain ke Hosting yang dipesan di Rumahweb, maka Anda bisa mengarahkan Nameserver domainnya ke alamat berikut :

Shared Hosting, Unlimited Hosting atau Cloud Hosting

  • Nameserver 1 : ns1.rumahweb.com
  • Nameserver 2 : ns2.rumahweb.com
  • Nameserver 3 : ns3.rumahweb.net
  • Nameserver 4 : ns4.rumahweb.net

WordPress Hosting

  • Nameserver 1 : nsp1.rumahweb.com
  • Nameserver 2 : nsp2.rumahweb.com
  • Nameserver 3 : nsp3.rumahweb.net
  • Nameserver 4 : nsp4.rumahweb.net

Perubahan Nameservers memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam, sehingga setelah NS diganti, maka domain tidak langsung mengarah ke hosting tetapi harus menunggu hingga proses propagasinya selesai.

Bagi Anda yang hanya pesan domain saja tanpa hosting, Anda bisa menggunakan Nameserver manage dari Rumahweb dengan mengaktifkan fitur ‘Management DNS’. Panduan setting DNS untuk domain saja bisa Anda pelajari pada : Kelola DNS

Demikian panduan mengubah Nameserver domain di Rumahweb. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi support kami melalui Livechat maupun open ticket. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 16

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Rumahweb