Rumahweb Journal
Cara Setting Autoresponder di Email Perusahaan by OX Mail

Cara Setting Autoresponder di Email Perusahaan by OX Mail

OX mail adalah layanan email perusahaan yang dilengkapi dengan berbagai fitur serta memiliki tampilan yang user friendly. Salah satu fitur yang dimiliki oleh OX mail adalah Vacation notice atau yang biasa dikenal sebagai email autoresponder. Lalu, apa itu email autoresponder dan bagaimana fungsi serta cara settingnya?

Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu Autoresponder serta cara setting di email perusahaan by OX Mail. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Autoresponder?

Email autoresponder adalah fitur yang memungkinkan Anda merespons email secara otomatis ketika seseorang mengirimkan pesan kepada Anda. Selain memberi tahu pengirim bahwa penerima sedang tidak dapat dihubungi atau diluar jam kerja, fitur ini juga dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan yang dapat Anda tentukan.

Selengkapnya tentang apa itu email autoresponder bisa Anda baca pada artikel berikut ini: apa itu Autoresponder

Fungsi email Autoresponder

Fitur vacation notice atau autoresponder ini berfungsi untuk membalas email secara otomatis kepada pengirim email yang mengirim pesan ke alamat email tertentu.

Pengaktifan autoresponder bisa digunakan untuk menginformasikan berbagai kondisi ke pengirim email, terutama kaitannya dengan aktivitas bisnis. Berikut adalah contoh penerapannya.

1. Pemberitahuan liburan

Autoresponder bisa digunakan untuk memberitahu pengirim email bahwa saat itu Anda/perusahaan sedang dalam masa libur sehingga tidak dapat dengan segera merespons pesan mereka.

2. Balasan otomatis saat order/mengisi form pada website

Bisnis atau perusahaan sering menggunakan auto reply untuk memberitahu pelanggan mereka bahwa pesan mereka telah diterima dan akan segera diproses atau dihubungi lebih lanjut 

3. Pemberitahuan Out of Office

Ketika Anda sedang tidak berada di kantor atau cuti, Anda dapat mengaktifkan fitur autoresponder/vacation notice untuk memberi tahu pengirim pesan tentang status tersebut.

Cara Setting Autoresponder Email

Pada artikel kali ini, Rumahweb akan memberikan panduan cara mengaktifkan fitur autoresponder atau Vacation notice di email perusahaan by OX mail.

Silahkan dapat Anda simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini: 

  1. Petama, silahkan login ke webmail OX mail.
  2. Setelah login, klik icon “roda gerigi” pada sisi kanan atas, lalu scroll ke bawah hingga menemukan menu “vacation notice”.
Menu vacation notice atau autoresponder di OX mail
  1. Setelah itu, akan tampil halaman untuk setting autoresponder atau vacation notice.
Setting autoresponder OX mail

Anda dapat menyesuaikan setting autorespondernya seperti  : subject, isi email, tanggal mulai hingga  auto responder berakhir.  Di opsi lanjutan, Anda dapat menentukan opsi berikut:

  • Days between notices to the same sender : opsi ini berguna ketika Anda menerima banyak email dari alamat email yang sama dan tidak ingin mereka menerima pemberitahuan yang sama setiap hari. 
  • Send from : Menentukan email otomatis akan dikirim dari email akun apa, Anda dapat memilih default sender. 
  1. Jika sudah disesuiakan settingnya, silahkan klik apply changes.

Sampai tahap ini, setting fitur autoresponder pada email perusahaan by OX Mail telah selesai.

Demikian panduan kami tentang cara setting email autoresponder di OX mail, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Rizki Nur Safitri