Rumahweb Journal
Banner - Cara Reset Password cPanel Melalui WHM

Cara Reset Password cPanel Melalui WHM

Pernahkah Anda mengalami situasi panik saat lupa password cPanel? Tenang, bagi Anda yang menggunakan layanan hosting Rumahweb, reset password cPanel hosting dapat dilakukan melalui Clientzone. Namun, bagi Anda yang menggunakan layanan VPS cPanel, reset password cPanel dapat dilakukan melalui WHM.

Sebelum kami membahas cara reset password cPanel melalui WHM, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu WHM secara singkat. Simak informasi berikut ini.

Apa itu WHM?

WebHost Manager atau yang disingkat menjadi WHM adalah control panel hosting yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengelola server atau VPS (Virtual Private Server). Dengan WHM, Anda bisa melakukan setting Firewall, DNS, Emai Server, Database, DNS Cluster, dan masih banyak lagi.

Selain itu, melalui WHM Anda juga dapat mengelola cPanel seperti membuat akun cPanel, mengatur resseller, hingga menjual kembali account cPanel ke client anda.

Informasi lebih lengkap mengenai apa itu WHM sampai dengan perbedaan WHM dengan cPanel dapat Anda pelajari juga melalui Artikel berikut: Apa Perbedaan Antara cPanel dan WHM?

Cara Reset Password cPanel melalui WHM

Setelah mengetahui penjelasan secara singkat tentang apa itu WHM. Berikut adalah tahapan untuk melakukan reset password akun cPanel melalui WHM.

  1. Login ke WHM melalui URL https://IPVPS:2087.
Login ke WHM
  1. Setelah berhasil login ke WHM, selanjutnya silahkan Anda cari menu List Accounts pada kolom pencarian seperti gambar berikut, dan klik menu tersebut.
Akses menu List Account pada WHM
  1. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman dimana berisi List akun cPanel yang sudah dibuat. Pilih tanda plus (+) atau tombol expand untuk menampilkan opsi akun cPanel.
Manage akun cPanel melalui WHM
  1. Akan tampil beberapa opsi yang dapat dilakukan, untuk reset password akun cPanel silahkan isi kolom Change Password dengan password barunya, dan klik Change untuk merubah.
Merubah password cPanel melalui WHM
  1. Selanjutnya, silahkan ditunggu untuk proses perubahan password cPanelnya. Setelah proses selesai akan tampil informasi seperti gambar berikut.
Proses reset password cPanel melalui WHM
  1. Setelah berhasil, silahkan Anda mencoba untuk login ke cPanel menggunakan password yang sudah ditentukan. Untuk login ke cPanel dapat dilakukan melalui URL https://IPVPS:2083/.

Demikian panduan kami tentang cara reset password cPanel melalui WHM pada layanan VPS, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.