Rumahweb Journal

Redirect Non www to www Menggunakan htaccess

World Wide Web yang disingkat menjadi www, adalah format standar yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu link atau alamat website secara global di internet. Pada panduan ini, kami akan berbagi setting redirect non www to www menggunakan htaccess, agar website anda secara otomatis diarahkan ke alamat www.namadomain.

Seperti yang kita ketahui bersama, orang Indonesia lebih familiar dengan alamat website yang diawali dengan www daripada alamat website tanpa www. Sebagai contoh format www.namadomain.com lebih sering kita dengar dibandingkan dengan alamat website namadomain.com. 

Lantas bagaimana bila alamat website Anda ketika diakses masih mengarah ke url namadomain.com? Solusinya Anda dapat melakukan setting redirect non www to www menggunakan .htaccess

Perbedaan non www dengan www

Mana yang lebih baik antara website yang diakses menggunakan www, atau website tanpa www? Apakah ada pengaruhnya di hasil pencarian Google? Jawabannya adalah tidak ada perbedaan untuk hasil pencarian di Google. Kemudian baik menggunakan atau tanpa menggunakan www adalah sama baiknya. Tergantung Anda ingin memilih menggunakan yang mana. 

Kami menyarankan supaya Anda konsisten dengan pilihan tersebut. Karena, bila umur website Anda sudah lama, maka website Anda tentu sudah terdaftar di mesin pencari.

Sehingga bila ditengah jalan Anda melakukan perubahan url website Anda, maka akan berpengaruh dengan informasi yang telah direkam oleh mesin pencari. Namun bila website Anda masih baru, kami menyarankan untuk menggunakan www. Alasannya sederhana, supaya lebih familiar dengan visitor dari Indonesia. 

Apa  itu redirect

Sebagaimana yang telah kami singgung diatas, untuk membuat default akses website Anda supaya menggunakan www, maka Anda perlu melakukan setting redirect. Apa itu redirect ?

Redirect adalah istilah untuk meneruskan atau mengalihkan. Maksudnya, saat Anda mengetikkan alamat website namadomain.com di address bar browser, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke alamat www.namadomain.com.

Anda juga bisa melakukan setting supaya ketika alamat website Anda diakses maka mengarah ke alamat website lain dengan cara teknik redirect tersebut. Melakukan setting redirect bisa dilakukan dari menu Forwarding domain yang ada di cPanel hosting atau bisa juga dengan cara manual melalui file .htaccess

Apa itu file .htaccess

File .htaccess adalah suatu file yang digunakan untuk konfigurasi, memodifikasi, menambahkan fungsi pada website Anda. Melalui file ini Anda bisa melakukan blokir IP pengakses website Anda, memodifikasi URL website, hingga melakukan setting redirect.

File .htaccess termasuk file hidden, karena nama filenya diawali dengan tanda [dot atau titik]. Sehingga bila Anda cek di hosting Anda tidak ditemukan file tersebut, mungkin saja saat ini dalam keadaan ter-hidden. Anda dapat memunculkannya dengan mengikuti panduan menampilkan hidden file di cPanel.

Melakukan Setting Redirect

Melakukan setting redirect bisa dilakukan dengan mudah melalui cPanel di menu Redirects. Namun untuk artikel kali ini, kami akan memberikan contoh melakukan setting redirect dari non www ke www menggunakan file .htaccess dengan script berikut.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.
RewriteRule ^(.*)$ http://www.%{HTTP_HOST}/$1 [R=301,L]

Berikut ini adalah cara melakukan  redirect url dari non www ke www menggunakan script .htaccess :

  1. Silakan login ke cPanel hosting Anda.
  2. Pilih menu File Manager, kemudian pilih folder public_html
menu file manager
Redirect Non www to www Menggunakan htaccess
  1. Edit file .htaccess dan tambahkan script berikut dibaris paling bawah.

Silakan dicopy script berikut.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.
RewriteRule ^(.*)$ http://www.%{HTTP_HOST}/$1 [R=301,L]
  1. Klik Save Changes.
  2. Selesai. Silahkan dicoba akses websitenya melalui browser.

Demikian panduan dari kami tentang cara melakukan setting redirect dari url non www ke www menggunakan file .htaccess. Caranya mudah kan?

Tak lupa kami informasikan, bila Anda membutuhkan layanan hosting terbaik dengan harga murah, silakan menggunakan hosting murah dari Rumahweb.

Bila masih terkendala dalam melakukan redirect nya, silahkan menghubungi support teknis untuk dibantu lakukan pemeriksaan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Anggit TS

Selamat membaca, Semoga tulisan saya bermanfaat.
Bila ada salah kata, mohon maaf.

"tak ada gading yang tak retak, maafkan kesalahan keluarga Gajah". :D