Rumahweb Journal
RAA Domain Verification

RAA Verification Domain di Rumahweb Indonesia

Mulai tanggal 1 Januari 2014, setiap proses transaksi domain akan diwajibkan untuk melakukan verifikasi. Proses verifikasi domain ini bisa disebut dengan RAA Verification. Langkah verifikasi hampir sama seperti registrasi SIM untuk nomor telpon, yaitu cukup mengisikan KTP dan Nomor Telpon yang valid.

Apa itu RAA Verification?

RAA adalah singkatan dari Registrar Accreditation Agreement, yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Perjanjian Akreditasi Registrar. RAA Verification dilakukan oleh pelanggan dengan cara mengisi KTP dan Nomor Telpon user yang valid, melalui link yang dikirimkan oleh pihak Registrar ke alamat email kontak yang terdaftar.

Pada dasarnya, yang wajib melakukan verifikasi ini adalah alamat email yang belum pernah melakukan verifikasi. Karena itu, ketika Email Anda sudah terverifikasi, maka tidak diwajibkan kembali untuk verifikasi. Proses verifikasi ini juga berlaku, bila Anda melakukan perubahan whois dimana email yang terdaftar adalah baru, atau belum pernah digunakan untuk proses verifikasi.

Batas waktu untuk proses verifikasi itu sendiri adalah 15 hari setelah Domain dinyatakan aktif, atau Anda melakukan perubahan email di whois. Bila dalam waktu 15 hari setelah domain aktif atau perubahan whois dilakukan tidak juga dilakukan verifikasi, maka status domain Anda akan tersuspended sementara, hingga Anda melakukan verifikasi.

Cara melakukan verifikasi

Mekanismenya, Registrar akan mengirimkan email verifikasi ke email kontak atau email whois yang terdaftar untuk domain tersebut. Email ini dikirimkan setelah domain aktif, atau setelah dilakukannya perubahan whois. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah berikut :

1. Masuk ke inbox email kontak yang Anda gunakan untuk mendaftarkan domain.

2. Cari sebuah email dengan subyek : Important! Verify your contact information for.

gambar 1 - raa verification domain

3. Buka email tersebut, lalu klik link yang ada di dalamnya.

Gambar 2 - RAA verification domain registration

4. Anda akan dibawa ke halaman verifikasi yang terdiri dari dua kolom. Pada kolom pertama masukkan nomor KTP aktif, dan pada kolom kedua masukkan nomor handphone aktif, lalu klik Submit.

Masukkan nomor KTP dan nomor telpon anda

Perlu diperhatikan bahwa pengisian No.KTP dan Nomor telpon ini hanya sekali saja, sehingga anda harus mengisi dengan data yang valid. Pengisian data diatas tidak dapat diubah atau diulangi.

5. Selanjutnya akan muncul konfirmasi : Thank you, your data has been verified successfully.

gambar verifikasi sudah selesai dilakukan.

6. Terakhir, tunggu sekitar 15-30 menit kedepan. Domain Anda akan aktif kembali secara otomatis.

Demikian informasi tentang RAA Verification Domain,  semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.8 / 5. Vote count: 12

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Alwan Rosyidi