Rumahweb Journal
Banner - Plugin Crocoblock - Pengertian Fitur dan Cara Menggunakannya

Plugin Crocoblock: Pengertian, Fitur dan Cara Menggunakannya

Crocoblock adalah plugin kombinasi antara Elementor dan Gutenberg. Dengan plugin Crocoblock, Anda akan semakin mudah membuat desain atau landing page di WordPress. 

Mempunyai website yang bagus dan mudah dalam hal kustomisasi adalah keinginan semua developer atau pembuat website. Cara termudah untuk membuat website agar terlebih lebih profesional adalah dengan menggunakan web builder. Di WordPress, salah satu web builder yang bisa Anda gunakan adalah Plugin Crocoblock. 

Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu plugin Crocoblock hingga cara menggunakannya. Simak informasi berikut ini!

Apa itu plugin Crocoblock? 

Plugin Crocoblock adalah pengembangan lanjutan dari Elementor dan Gutenberg, yang dapat digunakan untuk mendesain website berbasis WordPress cara instan. Plugin ini terdiri atas beberapa plugin tambahan, yang setiap plugin memiliki fungsi masing-masing.

Sama seperti Elementor, Plugin ini juga menerapkan konsep drag and drop, sehingga memudahkan Anda dalam membuat landing page pada WordPress. Di plugin Crocoblock, terdapat fitur JetPlugins yang merupakan gabungan dari beberapa plugin penyusunnya.

Setidaknya ada 20 addon plugin tambahan pada JetPlugins, yang tiap pluginnya memiliki fungsi dan widget masing-masing. Contohnya seperti JetMenu yang digunakan untuk membuat mega menu, JetBooking yang digunakan untuk keperluan Booking, dan semua tersedia pada bundling JetPlugin Crocoblock.

Apa saja yang termasuk dalam bundling plugin Crocoblock? Berikut diantaranya.

  • 20 plugin ( Jet Plugin )
  • 150+ widget ( untuk Elementor dan Gutenberg)
  • 46 template website
  • Theme Kava

Fitur JetPlugin pada Crocoblock

Salah satu fitur andalan pada plugin Crocoblock adalah JetPlugin. JetPlugin terdiri atas 20 plugin addon, yang tiap pluginnya memiliki fungsi masing-masing. Berikut penjelasan kami tentang 20 addon plugin JetPlugin yang bisa Anda gunakan. 

fitur jetplugin crocoblock
  1. JetEngine: digunakan untuk konten website dinamis, seperti membuat struktur website, konten khusus, layout grid, hingga manajemen untuk rest API.
  1. Jetelements: Plugin ini digunakan untuk desain widget dan menambah efek interaktif pada elementor. Plugin ini memiliki sekitar 45 widget, yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten lebih interaktif, seperti fitur button hingga slider.
  1. JetThemecore: Sebagai pembuat tema/template WordPress untuk Elementor dan Gutenberg. Memiliki interface editor block dan visual builder, memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam membuat header, footer, template posting, dan bagian tema lainnya.
  1. JetTricks : Berfungsi untuk membuat efek visual pada Elementor plugin, serta membuat animasi tanpa membutuhkan skill coding. 
  1. JetSmartFilters : Sebuah tools yang dapat digunakan untuk menambahkan content berupa filter pada website. Contohnya filter warna, harga dan lainnya.
  1. JetSearch : Search plugin disusun berdasarkan relevansi, jenis posting untuk pencarian artikel juga dapat di custom untuk memudahkan pencarian.
  1. JetWooBuilder : Plugin addon Elementor yang dirancang untuk woocomerce, plugin ini digunakan membuat halaman toko online, halaman produk hingga halaman checkout. JetWooBuilder juga menyediakan template halaman toko online siap pakai untuk menghemat waktu saat membuat website.
  1. JetFormBuilder : Digunakan untuk membuat formulir di WordPress yang dapat diintegrasikan dengan email, seperti contact form atau formulir survei.
  1. JetMenu : Plugin ini memungkinkan untuk membuat mega menu dengan Elementor dan Gutenberg editor. Anda dapat membuat menu horizontal, vertikal bahkan hamburger menu.
  1. JetBlocks : Digunakan untuk membuat header dan footer dengan Elementor.
  1. JetBooking : JetBooking adalah plugin addon Elementor yang di digunakan untuk pemesanan/order di website secara langsung. Kita dapat menghubungkan dengan plugin WooCommerce agar kita dapat menjadwalkan dan melakukan pembayaran order melalui woocomerce.
  1. JetAppointment : Sebagai tools scheduling, memungkinkan pelanggan website untuk mengatur jadwal pertemuan dengan mentor yang tersedia, Bisa juga untuk mengatur perubahan jadwal yang akan disampaikan melalui email.
  1. JetProductGallery : Woocommerce hanya dapat menampilkan 1 foto produk di halaman toko online . Maka dari itu, disediakan plugin JetProductGallery yang memungkinkan dapat menampilkan galeri produk dalam gaya grid atau gaya slider.
  1. JetCompare&Wishlist : Dalam berbagai kasus banyak pelanggan membandingkan beberapa produk sebelum dapat menentukan pilihan yang sesuai, Plugin ini memiliki fitur yang memungkinkan calon pembeli untuk membandingkan produk sebelum dibeli.
  1. JetStyleManager : Dirancang untuk memudahkan saat pembuatan page dengan widget, dapat mengatur widget yang sering digunakan dan menampilkan di posisi paling atas.
  1. JetBlog : Plugin yang digunakan ketika ingin membuat halaman artikel website, kita dapat mengatur gaya dan tata letak tampilan posting, bisa juga menyematkan video YouTube di dalam artikel/postingan. 
  1. JetPopup : Adalah plugin elementor yang dirancang untuk membuat popup menggunakan elementor, kita dapat menampilkan sebuah popup sesuai keadaan tertentu yang sudah kita sesuaikan, seperti popup iklan atau banner penawaran, dan konfirmasi setuju pada cookie website.
  1. JetReviews : Berfungsi untuk membuat ulasan di website, seperti memberikan halaman review, mengijinkan pengunjung untuk berkomentar dan menulis ulasan secara langsung, dengan tampilan statis maupun dinamis.
  1. JetTabs : Sebagai widget yang digunakan untuk mengatur tampilan tab, baik vertikal maupun horizontal, seperti membuat akordeon.
  1. JetGridBuilder : Berfungsi untuk membuat kisi postingan grid yang fleksibel untuk Elementor. Anda tidak perlu mempertahankan tinggi baris yang tepat atau menghitung jarak antar petak.

Cara Klaim Crocoblock di Rumahweb

Kami menyediakan plugin Crocoblock premium bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb. Berikut daftar paket hosting yang dapat mengklaim instalasi plugin Crocoblock premium gratis di Rumahweb :

Catatan:
Instalasi Theme/Plugin WordPress Premium gratis hanya dapat dilakukan pada domain utama, dan WordPress harus berada di directory public_html. Tidak berlaku untuk addon domain maupun subdomain.

Untuk mengklaim instalasinya, Anda dapat mengirimkan permintaan ke email teknis[@]rumahweb[.]com atau open ticket menggunakan email kontak yang terdaftar. Pada email, Anda bisa menyertakan nama domain, username dan password wp-admin, beserta nama theme atau plugin yang ingin dibantu install.

Daftar theme dan plugin Premium WordPress gratis di Rumahweb bisa dilihat pada halaman berikut: Lihat daftar

Cara install JetPlugin menggunakan Wizard

  1. Masuk ke menu Crocoblock JetPlugins dan memilih tipe instalasi yang akan dilakukan.
tahapan installasi jetplugin
tipe installasi crocoblock

Note : 
Jika anda memilih Full installation, maka Crocoblock akan melakukan semua installasi plugin JetPlugin beserta Theme Induk untuk Builder Crocoblock.

theme pilhan crocoblock

Jika Anda memilih JetPlugins installation, maka Anda akan dialihkan ke halaman jenis JetPlugin yang ingin diinstall saja.

paket jetplugin

2. Setelah klik install, maka plugin JetPlugin Crocoblock siap digunakan untuk membuat website.

Cara Menggunakan Plugin Crocoblock

Setelah mengetahui manfaat dan fitur dari plugin Crocoblock, selanjutnya kita akan belajar cara menggunakan pluginnya. Kita akan belajar bersama tentang cara import template hingga cara membuat template dengan plugin Crocoblock.

Cara menggunakan template Crocoblock

  • Untuk menggunakan template dari JetPlugins, kita dapat memilih full installation. Selanjutnya kita diminta untuk memilih theme yang ingin digunakan. Pada panduan ini, kita menggunakan theme Astra. Nantinya kita akan belajar cara import template dari theme bawaannya.
tema builder crocoblock
  • Setelah memilih theme bawaan untuk website, selanjutnya akan ditampilkan halaman khusus berisi templates yang sudah siap pakai. Misal dalam artikel ini, kami akan menggunakan templates untuk e commerce yaitu Only Books.
template crocoblock
  • Langkah selanjutnya kita dapat memilih untuk mengimpor semua konten menjadi bawaan template dari plugin Crocoblock.
demo installasi crocoblock
  • Jika kita ingin menambahkan konten bawaan Crocoblock ke konten kita yang sudah ada sebelumnya seperti isi Posting dan Template, maka kita dapat memilih Opened demo content to my existing content.
  • Jika kita ingin mengganti semua isi konten kita yang belum ada sebelumnya ke isi konten template, maka pilih Replace my existing content with demo content.
  • Setelah itu kita akan diminta untuk melakukan konfirmasi password wordpress sebelum melakukan instalasi demo konten sebagai konfirmasi
konfirmasi installasi demo crocoblock
  • Terakhir, setelah semua langkah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman Selamat! Anda sudah siap! Kita sekarang sudah siap mengedit template tersebut sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menghapus beberapa bagian tertentu yang dinilai kurang diperlukan.
installasi finish crocoblock

Cara Membuat template dengan Crocoblock

Setelah belajar membuat page menggunakan template dari Crocoblock, selanjutnya kita akan belajar membuat tampilan website dari nol menggunakan plugin Crocoblock. Sebelum kita memulai, pastikan plugin Elementor dan plugin Crocoblock beserta JetPlugin telah terinstall di website Anda.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

1. Membuat pages

Klik menu Pages > Add Pages. Lalu berikan judul pages, disini kami memberikan contoh frontend yang nantinya digunakan sebagai halaman utama dari website kita.

membuat page wordpress

2. Membuat Template untuk pages

Langkah selanjutnya kita dapat membuat theme menggunakan JetThemeCore untuk halaman frontend yang kita buat tadi, dengan cara, Crocoblock > Theme Builder > Create Page templates : 

membuat template corocoblock

3. Membuat Header Website

Untuk membuat header, dapat klik pada Add Header > Create Template > Pilih Elementor > lalu berikan nama pada header. Jika sudah dibuat dapat melakukan edit.

membuat template corocoblock

Setelah membuat template header, di dalam block editor terdapat widget dari Crocoblock, kita dapat menggunakan JetBlock untuk membuat header site logo.

header crocoblock

Untuk membuat Mega Menu, kita dapat menggunakan JetMenu dan memilih jenis menu yang diinginkan yang ditampilkan sebagai display utama website.

menu crocoblock

Berikut Sebagai contoh Hasil pembuatan Header menggunakan Crocoblock.

hasil header crocoblock

4. Membuat Footer Website

Setelah membuat Header, Kita juga dapat membuat Footer untuk Website. Caranya cukup mudah, dengan add Footer pada halaman Theme Templates > Footer.

template footer crocoblock

Di sini Kita dapat mendesain footer dengan konten melalui cara drag-n-drop, atau menggunakan salah satu template dari Magic Button. Untuk menerapkan salah satu templat, klik Tombol Magic berwarna biru dan di sini alihkan ke direktori Footer.

magic wizard crocoblock
footer template crocoblock

kita dapat menggunakan template footer apa adanya atau menyesuaikannya. Klik salah satu widget, kolom, atau bagian untuk mulai mengedit gaya dan kontennya.

footer crocoblock

Setelah Kita memilih dan menyesuaikan isi untuk footer yang kita inginkan, kita dapat melakukan publish untuk konten footernya.

Berikut adalah hasil jadi untuk halaman Footer 

footer crocoblock

Sekarang Kita dapat melihat betapa mudahnya membangun konten dengan bantuan JetThemeCore . Cukup mudah bukan menggunakan Crocoblock!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Andika Dwi Setyawan

Dika is a System Administrator, passionate about Linux, Networking, Cyber security and much love with Ai.