Rumahweb Journal
Cara Membuat Multilanguage di WordPress

Cara Membuat Multilanguage di WordPress

Fitur multilanguage di website bermanfaat apabila pengunjung web Anda berasal dari berbagai negara. Karenanya pada panduan ini, kami akan berbagi cara membuat multilanguage di WordPress dengan plugin.

Apabila bisnis Anda bersifat global, mempunyai situs satu bahasa bisa memperkecil peluang Anda di pasar dunia. Namun demikian, membuat konten baru untuk bahasa tambahan bisa jadi sulit dan juga menghabiskan waktu.

Untuk menjangkau pasar internasional, situs web Anda perlu dipublikasikan dalam berbagai bahasa. Dengan instalasi multisite atau plugin untuk multibahasa, Anda dapat dengan cepat membuat situs WordPress multibahasa.

Daftar Plugin Multilanguage WordPress

Terdapat cukup banyak plugin multilanguage yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa contoh plugin yang cukup populer dan bisa Anda coba:

1. Weglot

Plugin Weglot dapat diinstall secara gratis, namun untuk bisa menggunakannya, Anda harus menginputkan API KEY yang mana bisa didapatkan dengan berlangganan. Sebelum menggunakan layanan berbayar, Weglot menyediakan free trial yang bisa Anda coba.

Untuk proses installasinya, login ke dashboard WordPress Anda, masuk ke menu Plugin dan cari Weglot di kolom pencarian. Setelah itu install Now untuk mulai menginstallnya

Plugin Weglot

Setelah itu akan ada halaman dimana Anda perlu menginputkan API Key. Dalam hal ini Anda harus mendaftar dan berlangganan di weglot.com

Setting plugin Weglot

2. Polylang

Plugin ini cukup populer dan telah diinstall lebih dari 700,000 website WordPress diseluruh dunia. Untuk menginstallnya, Anda dapat login ke halaman dashboard, masuk ke menu plugin dan cari polylang di kolom pencarian. Klik install now untuk memulai installasi

Polylang

Setelah itu Anda perlu melengkapi wizard seperti gambar dibawah ini untuk setting awal Polylang sampai siap digunakan.

setup Polylang

3. Google Language Translator

Menurut halaman unduhan WordPress-nya, plugin ini sekarang mendukung lebih dari 100.000 situs multibahasa di seluruh dunia.

Plugin Google Language Translator

Meski bukan plugin resmi Google, Google Language Translator memungkinkan Anda menggunakan terjemahan langsung dari Google Translate ke situs Anda.

Setelah plugin berhasil terinstall, Anda dapat masuk ke menu setting untuk memilih bahasa asli (original language) di website anda dan bahasa lain yang ingin diaktifkan.

setup Google Language Translator

Cara Membuat Multilanguage WordPress

Anda bisa memilih salah satu dari plugin diatas, lalu bisa mencoba install di WordPress. Pada panduan ini, kami akan menggunakan plugin Polylang sebagai demo.

Step 1. Install plugin Polylang

Berikut cara install dan setup plugin Polylang di WordPress.

  1. Login ke dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins > Add new.
  3. Pada kolom pencarian, silahkan ketikkan ‘polylang’.
install Plugin Polylang
  1. Setelah diinstall, silahkan klik tombol ‘activate’.
  2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Setup. Pada step pertama, silahkan tambahkan bahasa yang Anda inginkan. Klik tombol + add new language untuk menambahkan bahasa seperti screenshot berikut. Klik tombol ‘continue‘ untuk melanjutkan.
Setup language Plugin Polylang
  1. Pada step berikutnya, Anda diminta untuk setting multilanguage media. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik tombol ‘continue‘ untuk melanjutkan.
Setup media Plugin Polylang
  1. Selanjutnya Anda diminta untuk memilih default bahasa pada konten-konten yang belum ditambahkan multilanguage. Klik tombol continue untuk melanjutkan.
Setup content Plugin Polylang

Setelah selesai melakukan setup, Anda bisa mulai membuat content multilanguage di WordPress.

Step 2. Membuat halaman multilanguage

Ketika Anda membuat post atau page baru, akan muncul sidebar dengan nama “Language“. Di menu ini, Anda bisa memilih bahasa yang diinginkan. Misalnya Anda ingin membuat content dengan bahasa Inggris, maka pilihlah English. Setelah content selesai dibuat, silahkan publikasi untuk menyimpan halamannya.

Selanjutnya Anda bisa memilih bahasa yang lain, misalnya Bahasa Indonesia untuk membuat content berbahasa Indonesia. Setelah itu Anda akan di direct ke work page atau post dengan bahasa Indonesia, lalu buatlah kontennya sampai selesai. Jangan lupa untuk publikasi setelah konten selesai dibuat.

Cara Membuat Multilanguage di WordPress

Untuk menampilkan halaman dalam berbagai bahasa, Anda bisa memanfaatkan fitur menus di WordPress. Anda bisa membuat menu untuk menampilkan page atau post sesuai yang diinginkan.

Cara membuat menu di WordPress bisa Anda pelajari selengkapnya pada artikel berikut: Membuat menu WordPress

Dokumentasi lengkap tentang cara menggunakan plugin Polylang bisa Anda pelajari melalui link berikut.

Demikian panduan cara membuat multilanguage di WordPress dan beberapa opsi plugin yang bisa digunakan, semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.