Rumahweb Journal
Banner - Plugin Code Profiler Fungsi, Install dan Cara Menggunakan

Plugin Code Profiler: Fungsi, Install dan Cara Menggunakan

Code Profiler adalah salah satu plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membantu mengukur performa atau kinerja pada website. Pada panduan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu Code Profiler, install hingga cara penggunaannya.

Apa itu Code Profiler?

Code Profiler adalah sebuah plugin WordPress yang digunakan untuk mengukur kinerja plugin dan tema yang terinstal pada situs WordPress Anda. Plugin ini dapat dengan cepat memberikan hasil analisis gambar yang detail tentang aktivitas pada plugin dan tema yang ada.

Anda dapat membuat tampilan hasil analisis dari Code Profiler, baik pada bagian frontend maupun backend situs WordPress. Hal ini juga mencakup detail aktivitas yang terjadi pada plugin dan tema yang terinstal di situs WordPress Anda.

Tampilan yang dihasilkan berupa statistik dalam bentuk diagram batang yang mencakup beberapa indikator, seperti nama plugin atau tema, jumlah aktivitas, dan urutan aktivitas yang telah dirangkum dan dinilai oleh plugin tersebut.

Fungsi

Plugin Code Profiler dapat digunakan untuk memantau dan menganalisis segala aktivitas yang terjadi pada tampilan frontend, backend, serta URL khusus pada situs WordPress Anda.

Plugin ini akan memeriksa aktivitas pada situs WordPress Anda berdasarkan indikator yang dimiliki oleh fitur plugin ini sendiri. Hasilnya akan ditampilkan dengan antarmuka yang mudah dipahami, menyajikan statistik dalam bentuk diagram batang dan rincian aktivitas dari indikator yang digunakan oleh Plugin Code Profiler.

Cara Kerja

Setelah menginstal Plugin Code Profiler, pastikan terlebih dahulu bahwa domain yang terhubung ke hosting WordPress Anda sudah memiliki SSL yang aktif agar domain WordPress dapat diakses melalui protokol HTTPS.

Hal ini penting karena Plugin Code Profiler hanya dapat berjalan jika domain yang dipasang plugin tersebut dapat dikenali melalui akses HTTPS.

Setelah Plugin Code Profiler diinstal, Anda dapat memilih tab Profiler dan memilih pengguna akses WordPress yang ingin digunakan. Selanjutnya, Anda dapat memilih tampilan browser yang akan digunakan untuk proses profiling (misalnya Firefox, Chrome, dll).

Setelah itu, klik tombol Start Profiling untuk memulai analisis aktivitas pada plugin dan tema yang terinstal di situs WordPress Anda. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk statistik dan detail penilaian proses dari beberapa indikator yang digunakan oleh Plugin Code Profiler.

Cara Install Plugin Code Profiler

  1. Login ke dashboard WordPress

Akses dahulu ke dashboard WordPress anda, dengan url namadomain/wp-admin.

dashboard wordpress
  1. Instal Plugin Code Profiler

Klik menu Plugin > lalu Klik Add new kemudian search dengan keyword “Code Profiler”. Jika sudah muncul klik Instal > tunggu beberapa saat, lalu klik Active.

new plugins
install Plugin Code Profiler

Jika sudah diaktifkan, maka Plugin Code Profilernya sudah bisa digunakan pada WordPress anda saat ini.

Cara Menggunakan Plugin Code Profiler

  1. Login ke dashboard WordPress anda, lalu klik pada menu Code Profiler.
menu Plugin Code Profiler
  1. Kemudian pilih profile page yang dibutuhkan. Seperti dari Frontend, URL, atau dari Backend. Dan juga bisa memilih prosesnya dilakukan dari profile atau user mana saja pada WordPress anda. 
dashboard Plugin Code Profiler
  1. Kemudian Klik Profiling, tunggu sampai proses analisa dari Plugin Code Profilernya selesai.
request analisa data
  1. Kemudian akan tampil statistik dalam 4 mode hasil analisa dari Plugin Code Profiler. Untuk tampilan statistiknya bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.
statistik analisa
statistik analisa performa
diagram Plugin Code Profiler
diagram disk io Plugin Code Profiler

Langkah selanjutnya, Anda bisa menganalisis performa atau resource terpakai pada website. Jika website Anda berat, lakukan optimasi dari hasil analisis plugin code profiler.

Demikian artikel kami tentang plugin code profiler, semoga dapat bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Muhammad Alfian Fandi Wicaksono