Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development
Penghapusan Fitur Squirrelmail Pada cPanel 78

Penghapusan Fitur Squirrelmail Pada cPanel

Baru-baru ini cPanel mengumumkan akan segera melakukan update versi terbaru mereka yaitu 76. Rencananya, update versi 76 ini akan mulai direlease pada bulan Desember mendatang. Pada versi terbaru, ada beberapa fitur yang dihilangkan. Salah satunya adalah fitur SquirrelMail yang merupakan fitur webmail application.

Pada versi 76, SquirrelMail mulai tidak lagi digunakan (deprecated) dan benar-benar akan dihapus pada versi 78. Sebenarnya, mulai versi 74 ini cPanel sudah tidak lagi mensupport SquirrelMail, namun di versi 78 ini baru akan dilakukan penghapusan. Namun jangan khawatir, penghapusan fitur ini tidak akan membuat data email Anda ikut terhapus.

Tentunya banyak orang bertanya-tanya, kenapa SquirrelMail akan segera dihapus, padahal SquirrelMail lebih digemari karena tampilannya yang simple dan user friendly. Karenanya, kami akan mengulas sejarah penggunaan SquirrelMail dan alasan dihapusnya fitur ini dari cPanel.

Awal Mula SquirrelMail

Diciptakan pada 2002, kehadiran Squirrelmail menjadi salah satu aplikasi webmail yang langsung digemari, karena tampilannya lebih simple serta lebih stabil.

Selain tampilannya yang sederhana, SquirrelMail mempunyai semua fungsi-fungsi yang seharusnya ada di aplikasi pembaca email, meliputi penggunaan attachment, buku alamat, folder, kalender, dll. Format tampilan SquirrelMail juga menggunakan HTML tanpa membutuhkan javascript, sehingga akan lebih ringan ketika diakses.

Kenapa SquirrelMail dihapus ?

Alasan utama SquirrelMail akan dihapus dari cPanel karena aplikasi ini sudah sejak lama tidak dikembangkan lagi oleh Developernya. Dalam catatan, SquirrelMail terakhir diupdate pada 30 Mei 2013 dan release versi terbaru pada 12 Juli 2011. Hingga kini, update atau versi terbaru tidak kunjung hadir.

Sebenarnya komunitas pengembang SquirrelMail sendiri sudah mencoba untuk melakukan update versi, namun sayangnya masih ditemukan celah keamanan yang cukup signifikan, sehingga hanya ada dua pilihan bagi cPanel yaitu menghapus atau tetap menggunakan SquirrelMail dengan menyempurnakan aplikasinya terlebih dulu.

Pada akhirnya cPanel memilih untuk menghapus salah satu aplikasi webmail ini pada layanannya.

Pengganti SquirrelMail

Anda masih bisa menggunakan aplikasi webmail yang lainnya seperti Horde dan Roundcube. Jika Anda sebelumnya menggunakan default SquirrelMail pada aplikasi Webmail, Anda bisa mengubah defaultnya menjadi Horde atau Roundcube.

Perubahan ini bisa dilakukan melalui login webmail > Klik Alamat email di pojok kanan atas, lalu ubah bintang ke Horder atau Roundcube.

 

 

Tinggalkan Komentar

Luthfi Hanif

Blog Competition