Panduan Restore Softaculous Backup di cPanel

Backup adalah hal yang sangat penting bagi, untuk memastikan bahwa website akan aman jika mengalami error atau perubahan tertentu. Setelah Anda selesai membangun sebuah website, sangat disarankan untuk membuat backup, sehingga apabila di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, Anda masih memiliki master dari website yang masih normal.

Ada beberapa metode backup yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Softaculous Backup. Softaculous Backup merupakan fitur autobackup dari Softaculous Apps Installer, yang bisa Anda aktifkan sewaktu instalasi CMS. Hasil dari backup akan disimpan di direktori home cPanel, di dalam folder softaculous_backups. Backup yang dihasilkan oleh Softaculous bersifat periodik, sesuai dengan rotasi waktu backup yang Anda pilih sewaktu instalasi CMS. Hasil Softaculous Backup bisa Anda unduh secara rutin ke komputer, sehingga Anda selalu memiliki salinan dari website Anda secara teratur.

Hasil dari Softaculous backup nantinya bisa Anda restore dengan mudah dan cepat, sehingga memudahkan Anda untuk mengembalikan tampilan website ke tanggal tertentu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Softcaulous Backup bisa juga Anda manfaatkan untuk melakukan restore website setelah hosting Anda dilakukan reset.

Lalu, bagaimanakah cara melakukan restore website menggunakan Softaculous Backup? Berikut langkah-langkah mudah melakukan Restore Softaculous Backup di cPanel :

  1. Login ke cPanel, masuk ke File Manager, lalu masuk ke direktori home, kemudian masuk ke folder softaculous_backups. Apabila hosting Anda baru saja direset atau baru saja melakukan perpindahan hosting, silahkan Anda buat terlebih dahulu folder softaculous_backups. Upload file backup ke dalam folder softaculous_backups.

2. Masuk ke menu Softaculous Apps Installer, lalu masuk ke menu Backup and Restore.

3. File backup yang Anda upload sebelumnya akan muncul, Anda pilih tombol Restore.

4. Klik tombol Restore Installation.

5. Tunggu proses restore berjalan dan selesai.

Demikian artikel panduan restore softculous backup di cPanel. Apabila mengalami kendala dalam proses restore, silahkan menghubungi tim Technical Support Rumahweb.

Tinggalkan Komentar