Rumahweb Journal
Banner - Softaculous Backup - Definisi, Lokasi dan Setting Auto Backup

Softaculous Backup: Definisi, Lokasi dan Setting Auto Backup

Tidak hanya bisa digunakan untuk install CMS secara instan, Softaculous juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat backup otomatis. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang Softaculous backup mulai dari pengertian hingga cara settingnya.

Pentingnya Membuat Backup Data

Backup memiliki dua tujuan utama, yaitu digunakan untuk mengembalikan data yang rusak atau hilang, serta mengembalikan data ke tanggal tertentu sesuai tanggal backup yang dilakukan.

Saat ini, banyak bisnis dan organisasi melindungi data penting mereka dengan melakukan backup secara rutin. Menjadikannya salah satu komponen kunci dari rencana pemulihan bencana perusahaan dan strategi kelangsungan bisnis.

Backup data dapat dilakukan secara manual maupun otomatis. Pada proses backup manual, Anda perlu meluangkan waktu secara rutin untuk melakukan backup data tersebut.

Namun bila sistem Anda memungkinkan untuk dilakukan backup otomatis, maka opsi ini bisa dipilih agar backup bisa secara rutin dijalankan dan menghemat waktu Anda dibanding jika melakukannya secara manual.

Bagi Anda pengguna layanan shared hosting, Cloud hosting maupun VPS dengan lisensi cPanel + Softaculous, backup dapat dilakukan melalui berbagai cara. Seperti melalui menu Backup cPanel, Backup ke Google Drive hingga melalui Softaculous.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara backup website melalui menu Softaculous auto Installer.

Mengenal Fitur Backup di Softaculous

Softaculous Auto Installer adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk menginstal berbagai jenis perangkat lunak, seperti CMS (Content Management System), blog, forum, toko online, dan banyak lagi, di dalam lingkungan web hosting.

Selain digunakan sebagai installer, Softaculous menyediakan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website Anda. Salah satu fitur yang menurut kami sangat penting adalah Softaculous backup.

Fitur Softaculous backup memungkinkan pengguna untuk membuat salinan cadangan dari situs web atau aplikasi yang telah diinstal melalui platform tersebut. Fitur Softaculous backup ini mencangkup backup otomatis, backup manual, restore hingga pilihan penyimpanan.

Lokasi Penyimpanan Softaculous Backup

Di halaman Softaculous, fitur backup tergabung menjadi satu dengan fitur restore. Anda bisa klik menu ‘Backup and restore’ untuk menggunakan fitur backup ini.

Defaultnya, backup website Anda akan tersimpan pada directory /home/usercpanel/softaculous_backups. Namun Anda bisa mengatur atau mengubah lokasi backup tersebut di menu ‘Manage backup location’.

Setting Auto Backup di Softaculous

Website yang telah terinstall melalui Softaculous dapat diatur automated backups sesuai dengan kebutuhan. Apakah ingin dibackup harian, mingguan, bulanan atau tidak ingin di backup.

Namun demikian harus diperhatikan, bahwa autobackup akan generate file backup baru di dalam hosting. Jika space tidak mencukupi maka disarankan untuk tidak mengaktifkan automated backup softaculous karena dapat menyebabkan space over quota.

Berikut ini langkah langkah mengatur backup otomatis di Softaculous.

  1. Login ke cPanel, kemudian masuk ke menu Softaculous Auto Installer.
  2. Pilih icon menu all installation. Bila Anda merasa bingung dengan icon ini, silahkan gerakkan kursor Anda ke deretan menu icon di softaculous dan arahkan pada gambar icon kotak (sebelah icon bintang).
Menu all installation softaculous
  1. Klik edit details (gambar pencil).
edit installation
  1. Pilih opsi automated backups yang sesuai dengan keinginan apakah sekali sehari, sekali seminggu, sekali sebulan, atau tidak ingin backup. Jika tidak ingin backup, pilihkan don’t backup.
opsi automated softaculous backup

Keterangan:

  • Don’t backup: Data tidak dibackup
  • Once a day: Backup akan dijalankan sekali dalam sehari
  • Once a week: Backup akan dijalankan sekali dalam seminggu
  • Once a month: Backup akan dijalankan sekali dalam sebulan

Untuk menyimpan perubahan setting, klik save installation details. Setelah itu silahkan dilakukan pemantuan sesuai dengan periode backup yang dipilih apakah data berhasil di backup atau tidak.

Bila data gagal di backup sesuai dengan periode yang dipilih, laporkan kepada pihak support penyedia layanan hosting yang digunakan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian artikel kami tentang Softaculous backup, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Gatot Antok Wibowo

Technical Support Rumahweb. Menyukai hal-hal baru.