Panduan Konfigurasi SSL Sectigo Rumahweb

Setelah melakukan Generate CSR dan KEY,  langkah kedua yang harus dilakukan adalah Konfigurasi SSL. Konfigurasi SSL dilakukan melalui halaman Clientzone pada menu layanan service atau layanan SSL.

Berikut ini langkah-langkah konfigurasi ssl dari halaman Clientzone Rumahweb :

  1. Login ke clientzone.rumahweb.com, klik menu services > my services > klik active di layanan SSLnya > Konfigurasi SSL
  2. Setelah klik tombol konfigurasi SSL, Anda akan diarahkan ke halaman manage SSL untuk melakukan proses konfigurasinya. Klik tombol konfigurasi untuk memulai prosesnya.
  3. Setelah klik tombol konfigurasi akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kode CSR yang sudah digenerate sebelumnya.

    pada bagian tipe webserver silahkan disesuaikan dengan tipe webserver yang digunakan. Jika menggunakan layanan hosting dengan cPanel silahkan pilih WHM/cPanel dan isikan kode CSR pada kolomnya, kemudian klik tombol “klik untuk melanjutkan”
  4. Screenshot dibawah ini akan muncul ketika CSR yang dimasukkan common name / nama domainnya tidak menggunakan www, tetapi untuk SSL subdomain memang tidak perlu menggunakan www, klik “Lanjutkan” jika sudah sesuai.
  5. Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih metode verifikasi / validasi domain SSL nya. Terdapat 3 pilihan, yaitu email, cname, dan http.
    a. E-mail : Proses validasi domain melalui link yang akan dikirimkan melalui ke email @domainnya, misalnya :
    – admin@domain.com
    – administrator@domain.com
    – hostmaster@domain.com
    – postmaster@domain.com
    – webmaster@domain.com

    b. CNAME : Proses validasi dengan menambahkan record CNAME pada DNS domainnya.

    c. HTTP : Proses validasi dengan cara melakukan upload file ke URL yang ditentukan dari provider SSL nya.
  6. Setelah memilih metode validasi akan diarahkan ke halaman yang berisi data kontak pelanggan, nantinya sertifikat yang terbit akan dikirimkan melalui email yang disetting pada data kontak ini.
  7. Setelah melanjutkan dari pengisian data kontak proses konfigurasi SSL nya sudah selesai dilakukan, silahkan dilakukan proses verifikasi domainnya sesuai dengan metode validasi yang dipilih.
  8. Setelah SSL terbit tampilan halaman konfigurasi SSL akan seperti berikut ini :

    Sudah muncul tombol download untuk melakukan download data sertifikat SSL yang sudah terbit. Pada pojok kanan terdapat tombol Re-issue untuk melakukan konfigurasi ulang SSL jika ada perubahan CSR / KEY pada server yang digunakan.

Demikian panduan konfigurasi SSL Sectigo di Rumahweb. Jika menemui kendala atau kesulitan, Anda dapat menghubungi tim teknis Rumahweb melalui livechat atau open ticket.

Tinggalkan Komentar