Rumahweb Journal
Banner - Apa Itu Other Usage Adalah

Other Usage: Pengertian dan Cara Menghapusnya di cPanel

Other usage adalah penggunaan resource pada hosting yang tidak dapat di identifikasi secara spesifik oleh cPanel. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan file other usage di cPanel penuh dan bagaimana cara menghapusnya?

Dalam artikel ini, Kami akan menjelaskan secara detail tentang apa itu other usage pada cPanel dan bagaimana cara menghapusnya secara mudah. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Other Usage?

Other usage adalah akumulasi penggunaan disk dari file-file yang berada di luar folder home cPanel dengan permission owner user cPanel, termasuk file-file temporary (tmp) dan hidden files.

Other Usage biasanya berisi :

  • File sistem/metadata pada direktori email.
  • Email yang sudah dihapus tetapi masih berada dalam folder Trash (sampah).
  • File yang dihapus dari file manager tetapi masih dalam folder Trash (sampah).
  • File yang berada diluar direktori home.
  • Hidden files.
  • File dalam direktori /tmp.

Penting untuk dipahami bahwa other usage merupakan penggunaan resource yang tidak dapat diklasifikasikan secara jelas oleh cPanel, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui asal-usulnya.

Meskipun demikian, biasanya sumber other user ini tidak jauh dari kebiasaan pengguna dalam menggunakan layanan hostingnya. Misalnya hosting digunakan untuk email domain, maka biasanya other usage tidak jauh dari kemungkinan trash penggunaan emailnya.

Cara Menghapus Other Usage

Letak file-file tersebut biasanya berada di folder /tmp, namun terkadang berada di folder lain. Berikut panduan cara mengecek other usage dan menghapusnya.

Kemungkinan file berada di folder /tmp

Melalui SSH, cari dengan perintah “find” di folder /tmp.

# find /tmp -user username

Ubah username dengan user cPanel. Jika ditemukan banyak file atau folder dengan owner permission user yang di cari, maka bisa di hapus dengan perintah :

# find /tmp -user username -exec rm {} \;

Kemungkinan file berada di folder /home/usercpanel

file “Other usage” juga bisa terdapat di dalam folder /home/usercpanel. Ffile-file ini biasanya merupakan file temporary atau hiden file seperti file .core.

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa file other usage berada di /home/usercpanel. Caranya adalah dengan memeriksa menggunakan perintah :

# du -sh /home/usercpanel

Jika total penggunaannya sama dengan total disk usage di cPanel, maka other usage berada di dalam folder /home/usercpanel.

Jika tidak sama, silahkan langsung mencoba bagian 3 (Kemungkinan file berada di luar folder /tmp dan /home/usercpanel)

cek other usage cPanel

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan perbandingan informasi di menu “Disk Space Usage” dengan data asli di server dengan perintah : du -h –max-depth=1

# cd /home/usercpanel
# du -h --max-depth=1
cek other usage cPanel melalui ssh

Akan terlihat penggunaan setiap folder di folder /home/usercpanel. Silahkan bandingkan dengan informasi yang muncul di menu “Disk Space Usage”.

Pada contoh diatas berbedaan terlihat jelas pada folder “public_html”. Silahkan masuk folder tersebut dan lakukan cara diatas.

# cd public_html
# du -h --max-depth=1
cek other usage di disk usage cPanel

Terlihat perbedaan pada folder demo, lakukan cara diatas sampai menemukan file-filenya.

hapus other usage cPanel

Dari contoh diatas, file-file other usage berada di folder /home/usercpanel/public_html/demo/cache. Folder tersebut bisa di hapus dan di create lagi.

Kemungkinan file berada di luar folder /tmp dan /home/usercpanel

# find / -user usercpanel ! -path '*/home/usercpanel*' > /root/cekother.txt

Setelah prosesnya selesai silahkan dianalisa file-file yang berada di luar /home/usercpanel dengan perintah more, cat, atau nano pada file /root/cekother.txt. Setelah itu hapus file-file yang tidak digunakan beserta file /root/cekother.txt.

Note

Setelah dilakukan penghapusan, cPanel memerlukan waktu beberapa menit sebelum penggunaan “other usage” di menu “Disk Space Usage” cPanel hilang atau berkurang. Atau silahkan gunakan perintah /scripts/fixquotas untuk mengupdatenya.

Demikian artikel kami tentang apa itu other usage di cPanel dan cara menghapusnya, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Triyadi