Rumahweb Journal
Banner - Cara Setting DNS Record di cPanel

Cara Setting DNS Record di cPanel Melalui Zone Editor

Terdapat setidaknya 3 cara yang dapat Anda pilih untuk setting DNS di Rumahweb, yaitu melalui cPanel, Plesk Panel, dan juga Clientzone. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara setting DNS di cPanel melalui menu Zone Editor.

Panduan ini dapat digunakan oleh pengguna layanan domain yang di pesan sepaket dengan Shared Hosting, Unlimited Hosting, Cloud Hosting atau WordPress Hosting baru. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu DNS.

Apa itu DNS?

Domain Name Systems atau yang disingkat menjadi DNS adalah sistem yang berfungsi untuk menghubungkan domain ke alamat IP Address tertentu. DNS akan menyimpan informasi berupa hostname atau nama domain dalam bentuk basis data yang tersebar secara luas di seluruh jaringan komputer.

Fungsi DNS pada domain sangat penting, karena berfungsi untuk mengarahkan domain ke IP server tujuan. Selengkapnya tentang apa itu DNS bisa Anda pelajari pada artikel berikut: Apa itu DNS?

Cara Setting DNS di cPanel

Bagi Anda pengguna layanan domain yang dipesan sepaket dengan Shared hosting, Unlimited Hosting, Cloud Hosting atau WordPress hosting baru, setting DNS dapat dilakukan melalui cPanel, bukan melalui Clientzone.

Kenapa demikian? Singkatnya, pembuatan DNS record dilakukan sesuai dengan Nameserver domainnya. Ketika Anda memesan layanan domain dan shared/cloud hosting/unlimited/WordPress hosting baru di Rumahweb, maka secara otomatis Nameserver domain diarahkan ke layanan hostingnya. Karenanya, tiap setting atau pembuatan DNS record dilakukan melalui cPanel.

Bagi Anda pengguna layanan WordPress Hosting versi lama yang menggunakan Plesk, Anda bisa membuat DNS recordnya melalui plesk panel. Panduannya bisa Anda pelajari pada artikel berikut: Setting DNS di Plesk

Setting DNS di cPanel dapat dilakukan melalui menu Zone Editor. Berikut selengkapnya tentang cara setting DNS di cPanel:

  1. Login ke cPanel.
  2. Klik menu Zone Editor seperti screenshot berikut :
Cara Setting DNS di cPanel melalui zone editor
  1. Klik menu Manage untuk mengelola DNS.
Cara Setting DNS di cPanel > klik tombol manage
  1. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman manage DNS. Dihalaman ini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti Add new record DNS, edit maupun hapus.
melakukan edit, create atau hapus DNS di cPanel
  • Menambahkan Record DNS silahkan di klik tombol “Tambah Record”.
  • Edit record DNS silahkan klik menu “Edit”.
  • Untuk hapus record DNS silahkan klik menu “Hapus”.

Mengenal Type DNS

Berikut adalah tipe DNS yang sering ditemui di cPanel.

A Record

Tipe DNS ini digunakan untuk mengarahkan domain atau subdomain ke server menggunakan IP (IPv4). Istilah mengarahkan domain ke server ini sering disebut juga dengan pointing domain. Contoh setting DNS A record di cPanel sebagai berikut:

AAAA Record

Tipe DNS ini digunakan untuk mengarahkan domain ke server menggunakan IP (IPv6). Contoh setting DNS AAAA record di cPanel sebagai berikut:

MX Record

Tipe DNS ini digunakan untuk mengarahkan domain ke mail server yang Anda gunakan. Contoh setting DNS MX record di cPanel sebagai berikut:

CNAME Record

DNS tipe CNAME berfungsi sebagai alias. Dengan menggunakan tipe DNS ini, tampilan website Anda akan menyerupai alamat yang menjadi aliasnya. Sebagai contoh www.rumahweb.com ke rumahweb.com.

Bisa juga www.namadomainanda.com ke alamat namadomainanda.blogspot.com atau biasa dikenal dengan Custom Domain Blogspot. Contoh setting DNS cName record di cPanel sebagai berikut:

TXT Record

DNS tipe TXT digunakan untuk validasi atau verifikasi data dari DNS server yang lain. Sebagai contoh, untuk penambahan record spf, dkim, dan juga dmarc, dilakukan dengan cara menambahkan DNS TXT. Contoh setting DNS TXT record di cPanel sebagai berikut:

Perubahan DNS tersebut (baik edit, create atau delete) membutuhkan waktu propagasi DNS, agar dari koneksi Anda dapat mengenali informasi DNS yang baru.

Propagasi DNS

Propagasi adalah masa tunggu pengenalan DNS pada domain dari koneksi internet yang Anda gunakan. Umumnya, lama waktu propagasi adalah 1-48 jam tergantung dari koneksi internet yang berbeda-beda.

Untuk memastikan apakah dari koneksi Anda sudah resolved atau belum, Anda bisa melakukan test ping. Jika hasil ping telah mengarah ke IP server yang baru, maka proses propagasi telah selesai. Namun, jika hasil ping dari koneksi Anda masih belum mengenali atau masih mengarah ke IP server yang lama, artinya koneksi internet Anda masih dalam proses propagasi.

Demikian cara setting DNS record di cPanel melalui menu zone editor. Jika Anda temui kendala dalam proses setting diatas, silahkan menghubungi kami melalui Livechat atau email. Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 12

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

banner Pop Up - Hosting 99K