Rumahweb Journal
banner - opendns adalah

OpenDNS: Pengertian, Keunggulan hingga Cara Menggunakannya

OpenDNS adalah layanan DNS yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan efisiensi koneksi internet yang kita gunakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu OpenDNS, fungsi hingga cara menggunakannya. Simak informasi berikut ini.

Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk menjalankan aktivitasnya, seperti bekerja, belanja, sekolah, dan sebagainya. Sebagai sebuah sistem, internet juga bisa mengalami kendala jaringan seperti lambat hingga dapat menyebabkan gagal connect ke sebuah server.

Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan DNS public, salah satunya openDNS. Lalu, apa itu openDNS dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu OpenDNS?

OpenDNS adalah salah satu layanan DNS publik yang disediakan secara gratis dan dapat digunakan untuk umum. Meskipun gratis, openDNS dilengkapi dengan berbagai fitur terutama dalam hal kecepatan, keamanan, dan reliability.

Umumnya, layanan OpenDNS memiliki IP utama yaitu 208.67.222.222, dan IP sekunder yaitu 208.67.220.220.

IP utama merupakan IP yang digunakan secara default oleh OpenDNS. Sedangkan untuk IP sekunder merupakan IP cadangan yang akan digunakan apabila terjadi masalah pada IP utama OpenDNS.

BACA JUGA: DNS Pribadi: Pengertian, Daftar, hingga Cara Settingnya

Keunggulan OpenDNS

Pada dasarnya, ISP telah menyediakan DNS default pada setiap koneksi internet yang digunakan. Namun, ada beberapa hal yang membuat OpenDNS lebih unggul jika dibandingkan dengan default DNS ISP. Berikut beberapa keunggulan dari OpenDNS:

1. Keamanan

Keunggulan pertama OpenDNS adalah dalam hal keamanan. OpenDNS dapat membantu anda untuk meningkatkan perlindungan dari situs-situs yang memuat konten berbahaya, seperti phishing. OpenDNS nantinya akan melakukan blokir pada alamat website yang memuat konten berbahaya tersebut.

2. Kontrol orang tua

Keunggulan selanjutnya dari OpenDNS adalah anda dapat melakukan kontrol pada alamat website yang akan diakses. Anda dapat menggunakan OpenDNS untuk melakukan blokir pada alamat website yang tidak pantas untuk ditampilkan, khususnya ketika website diakses oleh anak-anak.

3. Pemantauan aktivitas internet

Keunggulan lainnya ketika anda menggunakan OpenDNS adalah Anda dapat melakukan pelacakan pada aktivitas yang dilakukan di internet. Dengan menggunakan OpenDNS anda dapat melihat history dari alamat-alamat website yang telah Anda kunjungi.

4. Kecepatan Akses

Keunggulan yang banyak dicari dari penggunaan OpenDNS adalah dalam hal kecepatan akses ke alamat website. Akses website dengan menggunakan OpenDNS sering kali lebih cepat jika dibandingkan dengan DNS default dari ISP. Hal ini tentunya dapat membantu Anda mengakses alamat website lebih cepat.

Cara mendapatkan OpenDNS

Setelah mendapatkan informasi tentang openDNS, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara untuk dapat menggunakan layanan OpenDNS tersebut.

Untuk layanan OpenDNS dapat langsung anda gunakan dengan melakukan setting DNS pada sisi perangkat yang anda gunakan dengan menginputkan kedua IP dari openDNS yaitu IP 208.67.222.222, dan IP 208.67.220.220.

Setelah setting DNS dilakukan maka secara otomatis anda sudah dapat merasakan fitur yang disediakan oleh OpenDNS.

BACA JUGA : 5 DNS Tercepat Yang Dapat Anda Gunakan Secara Gratis

Cara setting OpenDNS di komputer

Setelah mengetahui cara untuk mendapatkan OpenDNS, kini saatnya melakukan setting OpenDNS di komputer. Pada panduan kali ini kami akan menginformasikan cara setting di komputer dengan OS windows 10 atau 11.

  1. Silahkan masuk ke menu setting kemudian network & internet
network and internet setting windows
  1. Setelah pilih interface network yang akan dilakukan setting menggunakan OpenDNS, sebagai contoh interface yang akan di setting adalah WIFI. Silhkan klik pada opsi WiFi
wifi setting
  1. Kemudian klik pada bagian hardware properties
wifi properties
  1. Setelah itu akan muncul detail dari setting pada network yang digunakan. Untuk menggunkan setting OpenDNS silahkan klik edit pada bagian “DNS server assignment”
edit properties wifi
  1. Kemudian ubah opsi ke opsi manual, dan aktifkan opsi pada IPV4
setting DNS
  1. Selanjutnya silahkan inputkan IP utama dari OpenDNS yaitu 208.67.222.222 pada bagian “Prefered DNS”, dan IP secondary yaitu IP 208.67.220.220 pada bagial “Alternate DNS”. Kemudian klik save
input DNS setting

Sampai tahap ini setting DNS sudah selesai, dan anda sudah dapat merasakan fitur yang disediakan oleh OpenDNS.

Kesimpulan

Sesuai penjelasan diatas, OpenDNS adalah layanan DNS yang menawarkan banyak fitur yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang menggunakan internet. OpenDNS adalah salah satu pilihan yang tepat bagi anda menginginkan untuk meningkatkan keamanan dalam aktivitas di internet, kontrol orang tua, privasi, dan kecepatan akses internet.

Demikian artikel kami tentang apa itu OpenDNS hingga cara setting di komputer atau laptop. Bagaimana, ingin mencobanya sekarang juga?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Syahrizal Widiarto

Staff Teknis yang kadang menyamar sebagai Blogger dan Gamers.

banner Pop Up - Hosting 99K