Rumahweb Journal
Merancang-Navigasi-Website

Merancang Navigasi Website

Navigasi website yang ditampilkan pada menu dan link adalah petunjuk bagi pengunjung, untuk mendapatkan informasi halaman-halaman pada website Anda. Pengunjung akan semakin mudah menemukan halaman-halaman lain, dari menu navigasi yang Anda buat.

Tidak hanya bagi pengunjung, sistem navigasi pada website juga sangat disukai oleh search engine, karena memudahkan sistem mereka untuk melakukan crawling dan mengetahui detail website yang Anda buat.

Berikut adalah tips dari Rumahweb, untuk merancang navigasi website yang baik dan benar :

Rencanakan dengan Baik

Hal yang mutlak dilakukan sebelum mulai membuat sebuah web tentunya adalah pembuatan konsep dari website itu sendiri. Konsep tersebut akan memuat navigasi dasar dalam bentuk “tree view” (bercabang dan beranting) dari mulai konten yang bersifat umum hingga konten yang bersifat mendetail. Inilah garis besar navigasi dari situs yang akan dibuat.

Dimana Navigasi diletakkan

Seperti telah dikemukakan di atas, bahwa navigasi akan membawa pengunjung dari hal – hal yang bersifat umum hingga hal – hal yang bersifat mendetail. Halaman utama (index) tentu saja akan memuat menu – menu pokok yang bersifat umum. Percabangan dari menu – menu inti tersebut dapat di letakkan pada halaman – halaman cabang dari index.
Alternatif lain, Anda dapat menggunakan javascript untuk menampilkan menu dan sub-menu sekaligus.

Konsisten

Sebisa mungkin jangan merubah letak menu pada setiap halaman web sehingga pengunjung lebih mudah menemukan menu – menu tersebut. Misalnya menu utama berada di atas, setelah itu pada halaman – halaman yang terdapat dalam menu utama dapat ditampilkan sub-menu di sebelah kiri atau kanan halaman.

Spotty!

Buatlah menu dengan menonjol sehingga pengunjung mudah mengenalinya. Hal ini tentu saja harus di gabungkan dengan unsur estetika sehingga menu – menu tersebut dapat sejalan dengan konsep desain web yang dibuat.

Singkat & Deskriptif

Kata – kata yang terdapat dalam menu harus mampu memberikan petunjuk yang jelas dan singkat tentang halaman website di bawah menu tersebut. Gunakan istilah – istilah yang lazim, singkat, dan mudah dipahami.

Berikan Petunjuk pada Pengunjung

Akan lebih baik jika pada halaman website memuat strukur singkat halaman web yang sedang di tampilkan. Misal : Tentang Kami >> Visi & Misi >>

Berikan Link ke Halaman Utama

Jangan lupa untuk memberikan link ke halaman utama atau link ke halaman dalam “parent topic”. Ini akan memudahkan pengunjung jika situs Anda di bangun dalam struktur menu dan submenu yang cukup kompleks.

Sitemap

Buatlah sitemap yang linknya berada di setiap halaman web. Ini akan semakin memudahkan dan mempersingkat proses pencarian halaman-halaman website oleh pengunjung.

Berikut kami sertakan referensi untuk pembuatan sitemap pada website:
1. Cara Membuat Sitemap di WordPress
2. Cara Membuat Google Sitemap

Jika pengujung merasa nyaman dalam mengunjungi website Anda, maka akan semakin baik pula content website dapat diterima oleh pengunjung.

Tinggalkan Komentar

Rumahweb