Rumahweb's News, Article, and Tutorial of Web Development

Cara Membuat Google Sitemap

Sebenarnya buat apa sitemap google itu? Sitemap sendiri kurang lebih merupakan sesuatu yang menggambarkan denah dari sebuah situs web. Jadi sitemap memuat informasi mengenai halaman apa saja yang ada di sebuah website, file-file gambar apa saja yang ada di sebuah website. Lantas apa itu sitemap google? Sitemap google kita buat supaya google lebih cepat mendapatkan isi website kita, terkait dengan SEO (Search Engine Optimization). Membuat sitemap google harus mempunyai account di google terlebih dulu, jadi bagi yang belum punya silakan daftar terlebih dulu di google. Untuk memulai membuat sitemap silakan buka http://www.google.com/webmasters atau https://search.google.com/search-console/.

Setelah itu silakan login dengan mengisikan username dan password account google anda. Apabila login anda sukses maka akan ditampilkan halaman depan dari Google Search Console.

Langkah pertama kali adalah anda mengisikan alamat web anda dengan mengklik tombol “Add Property”.

Isikan nama web site anda di kotak isian, kemudian tekan tombol Continue.

Kemudian silakan verifikasi, bahwa anda adalah pemilik website tersebut. Untuk panduan verifikasi bisa dilihat pada salah satu link berikut ini :

Cara verifikasi domain ke google search console melalui dns
Cara verifikasi domain ke google search console melalui file html

Setelah domain terverifikasi. Kemudian, bisa anda lanjutkan untuk membuat sitemapnya. Silakan klik menu tombol “Sitemaps”.

Maka akan ditampilkan halaman untuk menambahkan sitemap.

Untuk menambahkan sitemap pada situs web yang sudah anda daftarkan, silakan klik link “Submit”. Tapi sebelumnya sebaiknya anda buat dulu file sitemapnya. Silakan buka editor favorit anda, misalnya: Dreamweaver, PHPEd, Winsyntax, atau bahkan notepad, bagi pengguna linux bisa menggunakan vi, joe, atau bahkan emacs 😉 Format dari file sitemap adalah seperti berikut:

  • loc: adalah alamat URL dari website anda atau suatu halaman di web anda
  • lastmod: kapan terakhir kali dimodifikasi halaman tersebut
  • changefreq: periode perubahan (always, hourly, daily, weekly, monthly, yearly, atau never)
  • priority: prioritas pencatatan oleh search engine google

Setelah anda selesai membuat file sitemap anda, beri nama file tersebut, misalnya sitemap.xml, sebaiknya berekstensi .xml, kemudian upload ke direktori public_html di web hosting anda. Langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman webmaster tools di google tadi, setelah melakukan klik pada “Add a Sitemap”.

Kemudian isikan alamat URL lengkap dari sitemap anda, misalnya: http://www.namadomainku.com/sitemap.xml. Kemudian klik tombol “Submit”. Apabila proses sukses maka akan ditampilkan halaman seperti berikut:

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Komentar

6 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Blog saya menggunakan plugin Sitemap Generator for WordPress 3.1.2. WordPress yang digunakan adalah 2.7. Ada muncul pesan # There was a problem while notifying Google. View result
    # There was a problem while notifying YAHOO. View result
    # There was a problem while notifying MSN.com. View result
    # There was a problem while notifying Ask.com. View result.

    Saya punya blog yang lain hosting di 000webhost.com tidak ada masalah. Kira-kira kenapa ya? Mohon bantuannya. Terima kasih

    Salam,
    Rudi

Blog Competition