Menu “Form Fields” Pada Weebly Builder di Rumahweb

Setelah pembuatan Contact Form pada Weebly, Anda masih perlu melakukan beberapa hal agar form bisa berjalan dengan baik atau sesuai dengan form yang ingin Anda buat. Untuk pembuatan form tersebut, Anda bisa memanfaatkan Form Field guna penyesuaikan field field form sesuai kebutuhan.

Seperti form nama, email, nomor telefon, comment, dan sebagainya. Hal tersebut untuk memudahkan pengunjung atau orang yang ingin menghubungi Anda.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb

Untuk melakukan pengaturan tersebut, dapat dilakukan setelah menambahkan form pada Weebly seperti gambar dibawah, terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk form yang sedang Anda buat.

Pada menu-menu seperti gambar diatas, dapat digunakan untuk menambakan form, nama, email, alamat, dan sebaginya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

1. Short Text Box
Yang pertama adalah short text box, box ini digunakan untuk input kata-kata yang bersifat sedikit/pendek.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - short text box

2. Large Text Box
Selanjutnya adalah “Large text box”, biasanya box ini digunakan untuk mengisi comment ataupun pesan yang akan dikirim melalui form.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - large text box

3. Option Buttons
Fitur Option buttons bisa Anda gunakan, jika Anda ingin menambahkan opsi-opsi pilihan form. Sebagai contoh, fitur ini bisa digunakan untuk pemilihan department misalnya. Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan ke department apa, sehingga lebih tepat sasaran.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - option buttons

4. Dropdown Box
Sama seperti option button, gunanya untuk memilih pilihan yang tersedia. Namun bedanya, tampilannya berbeda ini dalam bentuk box yang jika di klik akan muncul pilihan menurun kebawah.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - dropdown box

5. Checkboxes
Apabila Anda ingin memberikan pilihan lebih dari satu, Anda bisa menggunakan checkboxes ini. Box yang nantinya akan berisi dengan beberapa pilihan dan Anda dapat memilih lebih dari satu pilihan.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - checkboxes

6. Name
Jika ingin menambahkan form “name” Anda dapat menggunakan menu ini.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - Name

7. Email
Ketika Anda ingin menambahkan form email, yang nantinya pengunjung dibutuhkan untuk pengisian email, tambahkan form ’email’.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - Email

8. Address
Form field ini digunakan untuk mengisi alamat jika diperlukan. Anda dapat menambahkan form ini menggunakan “address” seperti gambar diatas.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - Address

9. Phone Number
Selanjutnya adalah “Phone Number”, dan form ini digunakan untuk mengisi nomor telepon.

Menu "Form Fields" Pada Weebly Builder di Rumahweb - Phone Number

Sekian panduan mengenai menu form fields, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar